Label Kategori

Buku dan Aplikasi Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP)

Diposkan oleh Pada 1/15/2017 11:33:00 AM dengan No comments

Berikut ini adalah berkas Buku dan Aplikasi Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS SMK Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP). Berkas ini mudah-mudahan berguna sebagai referensi ditujukan untuk Kepala Sekolah, Guru dan pihak lainnya yang berperan dalam pengelolaan dana BOS SMK.

Buku dan Aplikasi Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP)
Buku dan Aplikasi Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP)


Buku dan Aplikasi Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP)

Buku ini dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMK tahun 2016. Dilengkapi dengan template untuk pengelolaan BOS dalam bentuk file Microsoft Excel yang lengkap terdiri dari 7 file yaitu:
  1. AHP BOS SMK Bendahara.xlsx (21.9 kB)
  2. AHP BOS SMK Kepsek.xlsx (21.9 kB)
  3. AHP BOS SMK Komite.xlsx (21.9 kB)
  4. AHP BOS SMK Opr Dapodik.xlsx (21.9 kB)
  5. AHP BOS SMK Ortu.xlsx (21.9 kB)
  6. AHP BOS SMK Wakasek.xlsx (21.9 kB)
  7. Pembobotan Tim Manajemen BOS.xlsx (20.3 kB)

Cara penggunaan template aplikasi excel ini sudah disertakan dalam Buku Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP) ini.

Berikut ini sekilas tentang isi Buku:

Secara umum program BOS SMK bertujuan untuk mewujudkan layanan sekolah menengah kejuruan yang terjangkau dan bermutu bagi semua lapisan masyarakat. Istilah “terjangkau” dalam pengertian untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka rintisan wajib belajar 12 tahun yang bermutu. Sedangkan istilah “bermutu” dalam pengertian untuk pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP). Secara khusus program BOS SMK bertujuan untuk:
  1. Membantu biaya operasional non personalia sekolah;
  2. Mengurangi angka putus sekolah siswa SMK;
  3. Meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) peserta didik SMK;
  4. Mewujudkan keberpihakan pemerintah (affirmative action) bagi peserta didik miskin SMK dengan bagi siswa SMK dengan cara meringankan biaya sekolah;
  5. Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi siswa miskin SMK untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu;
  6. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah.
Sasaran program BOS SMK adalah semua satuan pendidikan SMK baik Negeri maupun Swasta pada seluruh provinsi di Indonesia yang sudah terdata dalam sistem Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen).

Besar dana BOS SMK yang diterima oleh satuan pendidikan dihitung berdasarkan jumlah peserta didik dengan besar satuan biaya sebesar Rp.1.400.000,-/peserta didik/tahun pada tahun 2016 dan akan terus ditingkatkan sampai pada jumlah yang ideal.

Analytic Hierarchy Process (AHP) merupakan model pendukung pembuat keputusan yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty. AHP digunakan untuk membuat urutan alternatif keputusan dan memilih yang terbaik pada saat pengambil keputusan. Dalam buku ini akan disajikan pedoman penggunaan AHP untuk menentukan urutan skala prioritas penggunaan dana BOS SMK berdasarkan 17 sasaran yang terdapat pada Petunjuk Teknis BOS SMK 2016.

Tim Manajemen BOS SMK tingkat satuan pendidikan (kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara BOS, Satu orang dari unsur orang tua peserta didik di luar Komite Sekolah yang dipilih oleh Kepala Sekolah dan Komite Sekolah, dan operator dapodik SMK) dapat menggunakan AHP ini untuk menentukan prioritas sasaran BOS yang menjadi prioritas utama sampai dengan prioritas terakhir berdasar atas hasil evaluasi diri sekolah. Hasil prioritas tersebut kemudian dapat digunakan sebagai dasar dalam menentukan proporsi dana BOS untuk masing-masing sasaran berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Buku pedoman ini menampilkan langkah demi langkah yang dapat dilakukan oleh Tim Manajemen BOS untuk menentukan skala prioritas penggunaan dana BOS dan proporsi dana BOS untuk masing-masing sasaran menggunakan form AHP.

Form AHP yang disediakan dikemas dalam 1 folder yang berisi 7 file excel. (Link downoad tersedia di bawah)

Buku dan Aplikasi Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP) ini mungkin bermanfaat bagi anda yang membutuhkan referensi yang berhubungan dengan laporan BOS SMK excel download, BOS SMK 2017, sk BOS SMK triwulan 3 2016, BOS SMK 2016 triwulan 3, contoh laporan dana BOS SMK, dana BOS SMK 2017, program ditpSMK, laporan BOS SMK 2016 2017 dan lain-lain.

    Download Buku dan Aplikasi Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas ini silahkan lihat pada pratinjau atau file preview di bawah ini:

    Buku dan Aplikasi Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP)



    Download File:

    Buku Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP).pdf

    Sumber: Direktorat Pembinaan SMK

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku dan Aplikasi Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS Menggunakan Teknik Analytic Hierarchy Process (AHP). Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *