Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Diposting oleh Pada 1/13/2017 09:03:00 PM dengan 2 comments

Berikut ini adalah berkas Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Download file dalam format PDF. Berkas ini mudah-mudahan berguna sebagai referensi ditujukan untuk Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat.

Dalam Panduan ini anda bisa melihat beberapa contoh format penilaian dalam lampiran diantaranya Program Tahunan, Program Semester, Alokasi Waktu, Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Model Rapor Satu KKM, Model Rapor Multi KKM, Model Rapor SKS Satu KKM, Model Rapor SKS Multi KKM.

Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013

Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Berikut ini sekilah tentang isi Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013:

Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-­hal berikut.
  1. Merencanakan, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
  2. Menganalisis dan menyusun laporan,  termasuk mengisi rapor serta me­manfaatkan hasil penilaian.
  3. Menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai ke­ tuntasan belajar minimal.
  4. Melaksanakan supervisi penilaian. 
Panduan ini diperuntukkan terutama bagi:
  1. pendidik SMP sebagai pedoman dalam merencanakan, melaksanakan pe­nilaian, mengolah, memanfaatkan hasil penilaian, dan menyusun rapor;
  2. kepala sekolah dan pengawas untuk  merancang program supervisi pendi­dikan yang berkaitan dengan penilaian oleh pendidik di sekolah;
  3. pihak-­pihak lain yang terkait dengan penilaian pencapaian kompetensi peserta didik.
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus  dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak­banyaknya dengan berbagai upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat  untuk  menghasilkan keputusan.

Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masing-­masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik. Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus  merumuskan sejumlah indikator sebagai acuan penilaian. Pendidik atau sekolah juga harus menentukan kriteria untuk memutuskan seorang peserta didik su­ dah mencapai KKM atau belum.

Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil belajar tetapi juga pada proses belajar. Peserta didik juga mulai dilibatkan dalam proses penilaian terhadap dirinya sendiri sebagai sarana untuk berlatih melakukan penilaian diri. Di ba­wah ini diuraikan secara singkat berbagai pendekatan penilaian, prinsip penilaian, serta penilaian dalam Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Hal penting yang harusdiperhatikan ketika melaksanakan penilaian dalam Kurikulum 2013 adalah KKM, remedial, dan pengayaan.

Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan, mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. Dalam menetapkan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama antara Kepala Sekolah, pendidik,  dan tenaga kependidikan lainnya. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek: karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.

Setelah KKM ditentukan, capaian pembelajaran peserta didik dapat dievaluasi ketuntasannya. Peserta didik yang belum mencapai KKM berarti belum tuntas, wajib mengikuti program remedial,  sedangkan peserta didik yang sudah mencapai KKM dinyatakan tuntas dan dapat diberikan pengayaan.

Penilaian sikap merupakan kegiatan untuk mengetahui kecenderungan perilaku spiritual dan sosial peserta didik dalam kehidupan sehari­hari, baik di dalam maupun di luar kelas sebagai hasil pendidikan. Penilaian sikap ditujukan untuk mengetahui capaian/perkembangan sikap peserta didik dan memfasilitasi tumbuhnya perilaku peserta didik sesuai butir­ butir nilai sikap dari KI­1 dan KI­2.

Penilaian pengetahuan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi peserta didik yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif (kecakapan berpikir) meng­ingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi dengan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, maupun metakognitif.

Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk menilai kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu di berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan berbagai teknik, antara lain penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Teknik penilaian keterampilan yang digunakan dipilih sesuai de­ ngan karakteristik KD pada KI­4.

Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan ini mungkin bermanfaat juga bagi anda yang membutuhkan referensi yang berhubungan juga denganlampiran permendikbud no 23 tahun 2016, lampiran permendikbud no 23 tahun 2016 pdf, permendikbud no 24 tahun 2016 pdf, permendiknas no 24 tahun 2016, lampiran permendikbud no 23 tahun 2016 tentang standar penilaian, lampiran 1 permendikbud no 23 tahun 2013, download permendikbud no 23 tahun 2016, lampiran permendikbud 23 tahun 2016 dan lain-lain.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan:



    Download Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Format PDF

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas ini silahkan lihat pada pratinjau atau file preview di bawah ini:

    Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013



    Download File:
    Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013.pdf
    Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.pdf
    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    2 komentar

    Kenapa link download tidak muncul hanya berisi iklan

    Tekan Next di bawah halaman untuk unduh Buku Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Silahkan dicoba lagi.

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *