Label Kategori

Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017

Diposkan oleh Pada 1/16/2017 11:38:00 AM dengan No comments

Berikut ini adalah berkas Informasi Awal tentang Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017. Download file PDF. Berkas ini mudah-mudahan berguna sebagai referensi ditujukan untuk Guru, Calon Mahasiswa dan lain-lain.

Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017
Info SNMPTN 2017

Tujuan SNMPTN adalah:
  1. Memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau yang sederajat di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  2. Memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.
Ketentuan Umum SNMPTN:
  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017

Berikut ini beberapa informasi yang kami ringkas mengenai Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017.

Persyaratan Sekolah
Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah: SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Pendaftar
Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2017 yang memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  • Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut: akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya; akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya; akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya; belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya. Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat.
  • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).
Jadwal SNMPTN
Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
  • Pengisian PDSS 14 Januari-10 Februari 2017
  • Verifikasi PDSS 15 Januari-12 Februari 2017
  • Pendaftaran SNMPTN 21 Februari-6 Maret 2017
  • Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 14 Maret-14 April 2017
  • Proses Seleksi 15 Maret-15 April 2017
  • Pengumuman Hasil Seleksi 26 April 2017
Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi tanggal 16 Mei 2017 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017).

    Download Berkas Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017

    Selengkapnya mengenai informasi lengkap dan isi berkas SNMPTN 2017 ini silahkan lihat pada pratinjau atau file preview di bawah ini:

    Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017



    Download File:
    Informasi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2017.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Informasi Persyaratan dan Jadwal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaat. Sumber: Laman Resmi SNMPTN 2017.

    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *