Pedoman, Cara Penulisan dan Contoh Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Diposting oleh Pada 1/31/2017 09:10:00 PM dengan 1 comment

Berikut ini adalah berkas Pedoman, Cara Penulisan dan Contoh Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dipublikasikan di laman resmi Jurnal Dikbud. Download file dalam format PDF bagi anda yang memerlukan. Berkas ini mudah-mudahan berguna sebagai referensi ditujukan untuk Guru, Kepala Sekolah, Dosen dan lain-lain.

Pedoman, Cara Penulisan dan Contoh Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Pedoman, Cara Penulisan dan Contoh Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Pedoman, Cara Penulisan dan Contoh Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan ini mungkin bermanfaat juga bagi anda yang membutuhkan referensi yang berhubungan dengan Jurnal Ilmiah Pendidikan seperti pencarian dengan kata kunci jurnal pendidikan pdf, jurnal penelitian pendidikan pdf, contoh jurnal pendidikan, contoh jurnal penelitian pendidikan, jurnal pendidikan bahasa inggris, jurnal pendidikan sd, jurnal penelitian pdf dan lain-lain.

Lihat juga:
Kumpulan Contoh Makalah dan Karya Tulis Pendidikan

Pedoman, Cara Penulisan dan Contoh Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Berikut ini kutipan dari sebagian isi berkas Pedoman dan Cara Penulisan (Template) Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Pedoman Penulisan Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan - Balitbang Kemdikbud

  1. Naskah belum pernah dimuat/diterbitkan di media lain.
  2. Naskah diketik dengan memperhatikan kaidah Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
  3. Naskah diketik 1,5 spasi pada kertas A4 dengan huruf Verdana berukuran 9, sebanyak 15-30 halaman.
  4. Judul naskah maksimal 14 kata (tidak termasuk subjudul dan kata penghubung), ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  5. Abstrak antara 150-200 kata dengan 3-5 kata kunci, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  6. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini meliputi hasil penelitian dan kajian/pemikiran/gagasan yang berhubungan dengan kebijakan pendidikan dan kebudayaan.
  7. Naskah hasil penelitian memuat judul, nama penulis, alamat lembaga penulis, e-mail penulis, abstrak, kata kunci dan isi. Isi naskah mempunyai struktur dan sistematika serta persentase dari jumlah halaman sebagai berikut; a. Pendahuluan meliputi latar belakang, kajian literatur yang mencakup teori dan hasil penelitian yang relevan, perumusan masalah, dan tujuan penelitian (25%); b. Metode yang berisi metode penelitian yang digunakan, rancangan/model, tempat dan waktu, populasi dan sampel, teknik pengumpulan, dan teknik analisis data (10%); c. Hasil dan Pembahasan (50%); d. Simpulan dan Saran (15%); e. Pustaka Acuan, naskah hasil penelitian minimal berjumlah 10 pustaka dan terbitan 10 tahun terakhir. Dari jumlah tersebut 80% berasal dari sumber primer, yaitu artikel yang diterbitkan pada jurnal/majalah ilmiah, disertasi, dan thesis. Contohnya, sumber yang diacu 10 dokumen maka sumber primernya 8 dokumen, sumber yang diacu 15 dokumen maka sumber primernya 12 dokumen. Untuk bahan kajian historis dapat digunakan pustaka klasik (tua) terbitan lebih dari 10 tahun.
  8. Naskah kajian/pemikiran/gagasan memuat judul, nama penulis, alamat lembaga penulis e-mail penulis, abstrak, kata kunci dan isi. Isi naskah mempunyai struktur dan sistematika serta persentase dari jumlah halaman sebagai berikut; a. Pendahuluan meliputi latar belakang, perumusan masalah, dan tujuan penelitian (10%); b. Kajian literatur dan pembahasan serta pengembangan teori/konsep (70%); c. Simpulan dan Saran (15%); d. Pustaka Acuan, artikel kajian/pemikiran/gagasan minimal berjumlah 25 pustaka dan terbitan 10 tahun terakhir. Dari jumlah tersebut 80% berasal dari sumber primer, yaitu artikel yang diterbitkan pada jurnal/majalah ilmiah, disertasi, dan thesis. Contohnya, sumber yang diacu 25 dokumen maka sumber primernya 20 dokumen, sumber yang diacu 30 dokumen maka sumber primernya 24 dokumen. Untuk bahan kajian historis dapat digunakan pustaka klasik (tua) terbitan lebih dari 10 tahun.
  9. Khusus naskah hasil penelitian yang disponsori oleh pihak tertentu harus ada pernyataan (acknowledgement) yang berisi informasi sponsor yang mendanai dan ucapan terima kasih kepada sponsor tersebut.
Selengkapnya lihat di bawah ini:



Cara Penulisan (Template) Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

JUDUL DALAM BAHASA INDONESIA SPESIFIK, JELAS, MENGANDUNG UNSUR KATA KUNCI, MAKSIMAL 14 KATA
TITLE IN ENGLISH VERSION, SPECIFIC, CLEAR, CONTAINS KEY WORD ELEMENT, MAXIMUM 14 WORDS
Nama lengkap penulis (tanpa gelar, pangkat atau jabatan)
lembaga afiliasi atau instansi alamat lembaga atau instansi
Alamat korespondensi (khususnya email penulis)

Abstract: ABSTRACT IN ENGLISH VERSION: Abstract contains research aim/purpose, method, research results and conclusion; written in one paragraph, 150-200 words, without reference, footnote, quotation, abbreviation/acronym, and mathematical information.

Keywords: 3 to 5 words or phrases, that is important, spesific, or representative for the article

Abstrak: Abstrak memuat tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam satu paragraf, 150-200 kata tanpa acuan, catatan kaki, kutipan pustaka,singkatan/akronim, dan informasi matematis.

Kata kunci: 3 sampai 5 kata atau frase yang penting, spesifik, dan mencerminkan konsep yang dikandung artikel


PENDAHULUAN
Uraian dalam bagian ini terdiri atas latar belakang alasan ilmiah, fenomena aktual/sosial/kultural/ teknis, kajian/reviu yang diuraikan dalam bentuk paragraf yang runtut dan sistematis, rumusan masalah dan tujuan penelitian.

Kajian Literatur menggunakan acuan yangkuat,tajam,mutakhir,dan relevan dengan penelitian yang dilakukan. Kajian Literatur mengemukakan hasil penelitian atau buku yang membahas subjek atau pendekatan teoritis yang sudah dilakukan oleh orang lain atau penulis sendiri. Semua konsep tersebut dipadukan menjadi sebuah simpulan yang bermakna yang mendukung formulasi penelitian. Sebagian besar pustaka acuan yang digunakan bersumber dari data primer yang berasal dari hasil-hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal/majalah ilmiah paling lama 10 tahun terakhir, kecuali pustaka acuan yang klasik (tua) yang memang dimanfaatkan sebagai bahan kajian historis.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas guru berpe ngaruh pada peni ngkat an pr estasi peserta didik (Robinson, 2009; Hammond, 1999). Lebih lanjut, Sanders dan Rivers (1996) menyatakan faktor paling penting yang mempengaruhi prestasi peserta didik adalah guru, dan faktor yang dapat meningkatkan prestasi peserta didik adalah guru dan yang berpengetahuan dan terampil.

Berdasarkan latar belakang dan kajian literatur di atas maka dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut... Dari perumusan masalah maka tujuan penulisan...

METODE
Metode penelitian mengemukakan jenis penelitian, alasan sebuah metodologi digunakan, populasi sampel/subjek, tempat dan waktu, teknik pe ngumpulan data, dan teknik analisis data. Penelitian kuantitatif perlu mencantumkan teknik pengujian hipotesis yang relevan.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil penelitian dan pembahasan memuat tabulasi data hasil penelitian yang dilaksanakan sesuai dengan metode dan peubah yang digunakan. Analisis dan evaluasi terhadap data tersebut sesuai dengan formula hasil kajian teoritis yang telah dilakukan. Pembahasan hasil analisis dan evaluasi dapat menerapkan metode komparasi, penggun aan pe rsamaan, grafik, gambar, dan tabel. Setiap tabel dan grafik harus diberi nomor dan nama dan di tempatkan sedekat mungkin dengan paragraf di mana tabel dan grafik tersebut dibahas. Interpretasi hasil analisis untuk memperoleh jawaban, nilai tambah, dan kemanfaatan yang relevan dengan permasalahan dan tujuan penelitian.

SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Simpulan merupakan hasil analisis dan pembahasan atau uji hipotesis tentang fenomena yang diteliti. Simpulan harus menjawab pertanyaan dan permasalahan penelitian. Simpulan bukan tulisan ulang dari pembahasan dan juga bukan ringkasan.

Saran
Saran berisi rekomendasi akademik, tindak lanjut nyata, atau implikasi kebijakan atas simpulan yang diperoleh. 

Selengkapnya lihat di bawah ini:



Contoh Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Di bawah ini contoh salah satu Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan:



    Download Pedoman, Cara Penulisan (Template) dan Beberapa Contoh Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

    Pedoman Penulisan Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan - Balitbang Kemdikbud.pdf
    Template Artikel Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.pdf
    1. Telaah Atas Konsep Sekolah Pada Buku Laskar Pelangi dan Dunia Tanpa Sekolah.pdf
    2. Reformulasi Keyakinan Guru dalam Implementasi Kurikulum.pdf
    3. Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia.pdf
    4. Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk.pdf
    5. Pencapaian Standar Nasional Pendidikan Berdasarkan Hasil Akreditasi SMA di Provinsi DKI Jakarta.pdf
    6. Pengembangan Modul Prototipe Bahan Ajar Cetak Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup pada Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh - Studi Kasus di Universitas Terbuka.pdf
    7. Model Kepemimpinan Transformasinal Kepala Sekolah SMK Negeri.pdf
    8. Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar di Kabupaten dan Kota Tangerang.pdf
    9. Pelaksanaan Pendidikan Madrasah Diniyah di Kota Serang.pdf
    10. Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.pdf
    11. Manajemen Sekolah untuk Mencapai Sekolah Unggul yang Menyenangkan - Studi Kasus di SMAN 1 Sleman Yogyakarta.pdf
    12. Pentingnya Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru.pdf
    13. Peran Pemerintah Daerah dalam Implementasi Kurikulum 2013.pdf
    14. Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar.pdf
    15. Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Model Pengembangan terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Provinsi Banten.pdf
    16. Kearifan Lokal Masyarakat Desa Mbawa Dalam Mewujudkan Toleransi Beragama.pdf
    17. Kompetensi, Sertifikasi Guru, dan Kualitas Belajar Siswa Sekolah Dasar.pdf
    18. Kendala-Kendala Pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah (EDS).pdf
    19. Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah di Jawa Barat.pdf
    20. Kebijakan Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekalongan.pdf
    21. Kajian Prasarana Pendidikan Sekolah Dasar sebagai Salah Satu Indikator Pencapaian Standar Nasional Pendidikan.pdf
    22. Kajian Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Pada Pendidikan Menengah.pdf
    23. Evaluasi Program SMP Standar Nasional Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.pdf
    24. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasi dan Implikasinya pada Kinerja Kepala Sekolah.pdf
    25. Ujian Sekolah sebagai Upaya Pemetaan Mutu Sekolah Dasar.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Pedoman, Cara Penulisan dan Contoh Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Semoga bisa bermanfaat.
    Sumber: Jurnal Dikbud - Kemdikbud

    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    1 komentar:

    wah artikelnya sangat bermanfaat dan menarik, terimakasih sangat membantu. saya ingin menyarankan untuk mengunjungi website ini http://ejournal.gunadarma.ac.id/ pada website ini terdapat bebagai jurnal yang mengkin dapat membantu anda.

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *