Peran Organisasi Mitra dalam Pengembangan PAUD

Diposkan oleh Pada 2/20/2017 01:32:00 PM dengan No comments

Berikut ini adalah berkas informasi tentang Peran Organisasi Mitra dalam Pengembangan PAUD. Mudah-mudahan bisa menjawab pencarian anda terkait informasi seputar PAUD seperti pentingnya organisasi mitra dalam pengawasan lembaga pendidikan PAUD dan lain-lain.

Peran Organisasi Mitra dalam Pengembangan PAUD
Peran Organisasi Mitra dalam Pengembangan PAUD

Peran Organisasi Mitra dalam Pengembangan PAUD

Berikut ini keterangan mengenai Peran Organisasi Mitra dalam Pengembangan PAUD:

Peran Organisasi Mitra dalam Pengembangan PAUD

Grafik perkembangan program pendidikan anak usia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang signifikan menggembirakan. Hal ini disampaikan Dirjen PAUD dan Dikmas Harris Iskandar, pada seminar “Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Kualitas pendidikan anak usia dini”,Sabtu (19/03/2015).

“15 tahun yang lalu bila mendengar kata-kata PAUD sangat asing. Tetapi apa faktanya sekarang ini, PAUD ada dimana-dimana, sangat menjamur. Pencapain APK sekarang sudah 70,1 persen, ini hal yang luar biasa. Selamat bagi kita semua, karena kalau diukur dari kemampuan pemerintah sangat sedikit. Justru peran dari organisasi mitra ini, diantaranya IGTK, HIMPAUDI, bunda PAUD yang luar biasa mengkampanyekan program pendidikan anak usia dini”, ujar Harris Iskandar.

Harris Iskandar lebih lanjut mengatakan, peran organisasi mitra dalam mengembangkan program PAUD sangat besar. Karena dengan mitralah PAUD bisa berkembang seperti sekarang ini. Pemerintah tidak bisa melakukan sendiri, untuk itu peran serta seluruh komponen bangsa sangat diperlukan. Program 1 desa 1 PAUD belum tuntas, masih terdapat sekitar 20.000 desa yang belum memiliki PAUD.

Diharapkan organisasi mitra dapat berkiprah lebih luas, jadi bukalah satuan PAUD di berbagai tempat yang belum ada PAUD. Kita harus mengajak seluruh daerah untuk menuntaskan ini, dan kedua tentu saja kualitasnya, bukan hanya sekadar ekspansi tetapi berkualitas. Dan kualitas intinya terletak pada kompetensi para guru PAUD, tegas Direktur Pembinaan PAUD.

Salah satu permasalahan dalam pengembangan program PAUD adalah masalah kualitas. Menurut Harris Iskandar, karena kecepatan dan penetrasi pengembangan PAUD yang luar biasa, sampai- sampai kita tidak sanggup menyediakan guru-guru PAUD, tetapi ini rupanya sudah berdiri dimana-mana.

Walhasil dengan secara sukarela itu, guru-gurunya sebagian besar masih belum berkompeten. Disinilah tampil peran mitra yang menularkan pendidikan atau ilmunya kepada guru-guru PAUD. Mitra dapat berbagi bagaimana peran guru dan orangtua dalam peningkatan pendidikan anak usia dini yang lebih bagus, pinta Harris Iskandar.

“Pemerintah tentu tidak tinggal diam, apa yang dilakukan organisasi mitra dalam pengembangan program PAUD. Pemerintah sangat mengapresiasi apa yang dilakukan organisasi mitra. Tidak banyak yang dilakukan pemerintah. Tahun ini kami hanya memberi bantuan 2,8 Trilyun untuk bantuan opersional PAUD. Program ini bertujuan untuk membantu biaya opersional PAUD, agar kami tidak terus menerus menguji keihlasan para penyelenggara PAUD. Saya tahu guru-guru PAUD itu ada gajinya yang cuma Rp. 150.000. ada yang Rp. 200.000,- Bahkan ketika datang ke kegiatan seminar, guru PAUD meminta kepada suaminya untuk biaya transportasi. Untuk itu, dari dana BOP silahkan menggunakan biaya transportasi ke tempat seminar peningkatan mutu sehingga guru PAUD lebih berkompeten”, jelas Harris Iskandar.

Meskipun ini bukan informasi baru mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi anda khususnya sebagai Guru, Pengelola PAUD dan lain-lain. Tulisan ini dikutip dari salah satu artikel dalam majalah Widyamitra PAUD Edisi 1 yaitu Majalah yang diterbitkan Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini mengenai Kelembagaan dan Kemitraan PAUD. Selain artikel tentang Peran Organisasi Mitra dalam Pengembangan PAUD, dibahas juga artikel tentang Perkembangan PAUD, Peran Orang Tua PAUD, PAUD sebagai Gerbang Peningkatan Kesejahteraan dan lain-lain

    Download Majalah Widyamitra PAUD Edisi 1

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas ini silahkan lihat atau download pada tautan di bawah ini:


    Download File:
    Majalah Widyamitra PAUD Edisi 1.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Majalah Widyamitra PAUD Edisi 1. Semoga bisa bermanfaat.
    Sumber: Direktorat Pembinaan PAUD - Kemdikbud

    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *