Label Kategori

Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017

Diposkan oleh Pada 3/01/2017 11:05:00 AM dengan No comments

Berikut ini adalah informasi dan berkas Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Tahun 2017.

Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017
Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017

Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017

Berikut ini kutipan keterangan dari isi Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017:

Generasi muda Indonesia sebagai penerus bangsa tentu perlu sebuah wadah untuk menampung dan menguji ide-ide ilmiah mereka secara mendalam. Sebagai bagian dari revolusi mental, LIPI diharapkan dapat mengambil peran khususnya dalam membudayakan pemikiran ilmiah dalam diri remaja Indonesia. Penyelenggaraan kompetisi Ilmiah bagi remaja merupakan salah satu upaya pembinaan ilmiah yang dilakukan oleh LIPI. LIPI berupaya agar tiap penyelenggaraannya ada peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Diperlukan sebuah panduan umum bagi setiap calon peserta agar dapat mengikuti kompetisi dengan persiapan yang lebih matang. Oleh karena itu, disusunlah Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI ini. Buku ini terdiri dari dua bagian pokok pedoman, yakni panduan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventors Awards (NYIA).

LKIR merupakan kompetisi ilmiah remaja tertua di Indonesia, yang telah diselenggarakan sejak tahun 1969. Penyelenggaraan tahun ini telah menginjak usianya yang ke-49. Hal yang membedakan LKIR dengan penyelenggaraan kompetisi sejenis lainnya adalah adanya sesi pembimbingan (mentoring). Selama masa pembimbingan tersebut, para peserta yang proposalnya yang terpilih akan mendapatkan bimbingan langsung dari peneliti – peneliti LIPI dengan kepakaran yang sesuai serta mendapat kesempatan untuk menggunakan fasilitas penelitian yang dimiliki LIPI.

Adapun NYIA telah diselenggarakan sejak tahun 2008, dan pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-10. NYIA merupakan ajang yang menampilkan kreatifitas dan inovasi remaja dalam teknologi yang membantu kehidupan sehari-hari. Terdapat 6 kategori NYIA pada tahun ini, yaitu Manajemen Bencana, Edukasi dan Rekreasi, Pangan dan Agrikultur, Teknologi Ramah Lingkungan, Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan serta Kategori Teknologi untuk Penyandang Disabilitas dan Kebutuhan Khusus.

Latar Belakang
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah suatu Lembaga Pemerintahan Non- Kementerian, yang sejak berdirinya tahun 1967 telah mengalami beberapa kali perubahan struktur organisasi dan terakhir melalui Keputusan Presiden Nomor 103 Tahun 2001. Dengan persetujuan Menteri Negara Aparatur Negara, maka Kepala LIPI menetapkan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Keputusan Kepala LIPI Nomor 1151/M/2001, yang kemudian disempurnakan melalui Keputusan Kepala LIPI Nomor 3212/M/2004. LIPI melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian pengetahuan dengan tiga tanggung jawab, yaitu tanggung jawab kepada dunia ilmu pengetahuan, tanggung jawab kepada masyarakat dan tanggung jawab kepada pihak yang berkepentingan. Sebagai salah satu wujud tanggung jawab LIPI kepada masyarakat dilaksanakan melalui upaya pembinaan ilmiah sebagaimana tertuang dalam Keputusan Kepala LIPI tersebut di atas bahwa salah satu fungsi Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas (BKHH) adalah melaksanakan pembinaan peningkatan kemampuan ilmiah masyarakat. Implementasi fungsi tersebut dilaksanakan oleh Bagian Bina Ilmiah Masyarakat dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan pembinaan dan kompetisi ilmiah. Kompetisi ilmiah bertajuk Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventors Awards (NYIA).LKIR yang telah diselenggarakan sejak tahun 1969 merupakan salah satu wadah bagi siswa untuk berkompetisi di bidang penelitian ilmiah dan inovasi sekaligus sebagai barometer pembinaan ilmiah masyarakat yang telah dilakukan oleh LIPI. Sejak tahun 2010, format penyelenggaraan LKIR mengalami perubahan dibanding tahun-tahun sebelumnya, di mana para peserta tidak mengirimkan karya penelitian yang telah selesai dilaksanakan, melainkan usulan proposal untuk kemudian diseleksi dan mendapat bimbingan mentor para peneliti LIPI sesuai bidang kompetensinya masing-masing. Adapun NYIA yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 merupakan wadah bagi siswa untuk berkompetisi dalam inovasi dan invensi yang kreatif dan inovatif. Usulan karya inovasi dan invensi dituangkan dalam bentuk uraian design (prototype). 

Dasar Hukum
Biro Kerjasama Hukum dan Humas (BKHH) LIPI merupakan satuan kerja di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Utama LIPI. BKHH-LIPI sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Kepala LIPI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan kerja sama, hukum, hubungan masyarakat dan bina ilmiah masyarakat.

Maksud dan Tujuan Kegiatan
  1. Meningkatnya wawasan, pengetahuan dan budaya meneliti di kalangan masyarakat
  2. Meningkatnya pengetahuan dan kemampuan remaja dalam aktivitas penelitian ilmiah
  3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas siswa dalam menghasilkan karya ilmiah
  4. Meningkatnya kuantitas dan kualitas inovasi remaja dalam bidang Iptek
  5. Meningkatnya partisipasi remaja dalam ajang pameran invensi di tingkat internasional
  6. Meningkatnya pengetahuan dan wawasan remaja melalui proses saling tukar informasi di ajang internasional
Target dan Sasaran
  1. Menumbuhkan semangat meneliti, kreativitas, dan inovasi masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Meningkatkan kreativitas dalam proses belajar-mengajar ke arah sistem pembelajaran iptek yang lebih menarik dan efektif
  3. Meningkatkan aktivitas dan wawasan peneliti muda dalam penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. 

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 49 Tahun 2017
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-49 Tahun 2017. LKIR merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi siswa SMP dan SMA maksimal Kelas XII atau sederajat berusia 12-18 tahun. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka dalam menganalisa permasalahan dalam mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap peserta harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada informasi di bawah ini sebelum membuat proposal penelitian.

Bidang Penelitian (Kategori) LKIR
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (Social and Behavioral Sciences) Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan studi sosial dengan beberapa sub tema: Psikologi (Psikologi Sosial, Psikologi Kognitif, Psikologi Fisiologis), Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Politik, dan lainnya.
  2. Ilmu Pengetahuan Hayati (Life Sciences); Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan ilmu alam, berbagai kajian observasi, eksperimentasi, penyimpulan dengan ruang lingkup makhluk hidup, energi dan perubahannya, dan keilmuan tentang alam lainnya, dengan sub tema: Kimia, Biokimia, Biologi, Mikrobiologi, Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman, Ilmu Tanah, Ilmu Hewan, Obat dan Kesehatan, Ilmu Lingkungan, Manajemen Lingkungan, Ilmu Matematika, dan lainnya.
  3. Ilmu Pengetahuan Teknik (Engineering Sciences); Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan merancang dan menghasilkan perangkat- perangkat, struktur-struktur dan proses-proses yang dapat digunakan serta dapat berupa inovasi produk dan pengembangan system, dengan subtema: Fisika, Energi dan Transportasi, Teknik Mekanika dan Elektronika, Ilmu Komputer, Informatika, Teknik Material & Bioteknologi, dan lainnya.
  4. Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan (Earth and Marine Sciences); Merupakan kategori LKIR yang berkaitan kajian, observasi, dan menghasilkan perangkat- perangkat di bidang ilmu kebumian dan kelautan, dengan subtema: Astronomi, Klimatologi, Cuaca, Geokimia, Minerologi, Paleontologi, Geofisika, Geologi, Kelautan/Oseanografi, dan lain 
Kriteria Peserta LKIR
  1. Siswa SMP dan SMA atau sederajat, dengan ketentuan maksimum peserta adalah siswa kelas XII pada saat Presentasi Finalis.
  2. Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
  3. Belum pernah menjadi pemenang LKIR atau lomba sejenis tingkat nasional lainnya dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  4. Melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari sekolah/instansi terkait dan daftar riwayat hidup yang berisi: a. Nama Lengkap b. Jenis Kelamin, c. Tempat dan Tanggal Lahir, d. Alamat Domisili, e. Sekolah/Instansi, f. Nomor Telepon/HP Peserta/Ketua Kelompok g. Email Pribadi Peserta/Ketua Kelompok h. Diketahui oleh orangtua atau wali dengan tanda tangan.
  5. Karya Ilmiah yang sedang diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah lainnya, tidak dapat diikutsertakan dalam LKIR.

    Download Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017 dan berkas lainnya silahkan lihat pada file preview atau unduh pada link di bawah ini:

    Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017



    Download File:

    Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017.pdf
    Format Proposal Karya Tulis Ilmiah.doc
    Template Uraian Desain Alat Peraga LIPI (Template Uraian Desain NYIA).doc


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Pedoman Kompetisi Ilmiah LIPI 2017. Semoga bisa bermanfaat.
    Sumber: Info Kompetisi LIPI 2017

    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *