Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan

Diposkan oleh Pada 3/26/2017 11:21:00 AM dengan No comments

Berikut ini adalah informasi dari Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan.

Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan
Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan


Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan

Denpasar, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mewakili Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Rapat Koordinator Perpustakaan Nasional (Rakor Perpusnas) di Denpasar, Bali, Selasa (21/3/2017). Dalam sambutannya Mendikbud mengajak Perpusnas untuk meningkatkan gairah membaca masyarakat Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Perpusnas akan bersama-sama mendorong gerakan literasi di semua lini untuk menggairahkan kegemaran membaca, khususnya bagi generasi muda.

“Salah satu cara menjaga peradaban bangsa adalah dengan memanfaatkan perpustakaan. Perpustakaan akan bermanfaat jika ada aktivitas literasi di dalamnya, salah satunya aktivitas membaca,” ujar Mendikbud di Denpasar, Bali, Selasa (21/3/2017).

Ia juga mengapresiasi tema yang diangkat dalam Rakor Perpusnas tahun 2017, yaitu “Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Pemanfaatan Perpustakaan untuk Membangun SDM Indonesia yang Berkualitas”. Mendikbud menuturkan, tema tersebut sangat bagus dan relevan dengan keinginan bersama, khususnya Kemendikbud, untuk terus menggairahkan kegemaran membaca masyarakat Indonesia.

Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, diharapkan perpustakaan tidak hanya hadir di daerah perkotaan, melainkan juga bisa hadir di desa-desa dan daerah pinggiran. “Kemendikbud juga akan mencetak buku-buku bacaan untuk perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah di daerah pinggiran. Semoga Perpusnas, perpustakaan daerah, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan desa bisa meningkatkan gairah membaca masyarakat,” kata Mendikbud.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu juga mengatakan, Rakornas Perpusnas diharapkan bisa menjadi ajang untuk menyatukan cara pandang semua pelaku perpustakaan dan memantapkan kekompakan secara massif dan nasional untuk mengoptimalkan fungsi keberadaan perpustakaan di seluruh Indonesia.

Rakornas Perpusnas dihadiri sekitar 600 peserta yang terdiri dari kepala perpustakaan provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia. Selain itu, hadir juga perwakilan dari Kemendikbud, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, Rakornas Perpusnas menjadi agenda penting karena perpustakaan telah menjadi salah satu agenda prioritas pembangunan nasional. “Jadi tidak boleh lagi dipandang sebelah mata. Perpustakaan harus jadi perhatian semua pihak,” ujarnya. (Desliana Maulipaksi).


Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai informasi dari Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan. Semoga bisa bermanfaat.

Lihat juga informasi dan berkas lainnya terkait dengan Perpustakaan Sekolah/Madrasah:



Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.


Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

Recommended Posts:

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *