Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2017

Diposting oleh Pada 4/11/2017 09:57:00 AM dengan No comments


Berikut ini adalah berkas Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik 2017 untuk SD, SMP, SMA, SMK, SLB. Download file PDF.

Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik 2017
Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik 2017

Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2017

Berikut ini kutipan keterangan dari kata pengantar Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2017:

Sanitasi Sekolah menjadi salah satu indikator dalam Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pemantauan perkembangan indikator sanitasi sekolah melalui dapodik.

Buku ini bertujuan memberikan kemudahan kepada operator dan warga sekolah untuk memasukkan data terkait sanitasi sekolah. Selain berisi penjelasan rinci, buku ini juga menampilkan gambar dan ilustrasi untuk mempermudah operator dan warga sekolah dalam memahami istilah teknis terkait Sanitasi Sekolah. Melalui buku panduan pengisian data ini, diharapkan kualitas data sektor Sanitasi Sekolah dapat meningkat.

Lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan sehat sangat penting untuk mendukung proses belajar mengajar dan fasilitas sanitasi yang buruk sangat berisiko menimbulkan gangguan kesehatan. Fasilitas sanitasi sekolah mempunyai pengaruh cukup besar terhadap kesehatan anak-anak sekolah mengingat sebagian besar waktu anak-anak dihabiskan di lingkungan sekolah. Oleh karenanya perhatian semua pihak terhadap fasilitas sanitasi sekolah sangat diperlukan untuk terus mendorong tumbuhnya budaya hidup sehat di sekolah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan didukung oleh UNICEF (The United Nations Children's Fund) secara terus menerus melakukan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas sanitasi sekolah. Maka dalam rangka mendukung upaya tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pemantauan perkembangan indikator sanitasi sekolah melalui sistem pendataan Dapodik. Pada Aplikasi Dapodik telah disediakan isian data yang merujuk pada indikator-indikator sanitasi sekolah secara lengkap.

Oleh karenanya untuk memudahkan Operator Dapodik sekolah dalam mengisi dan melengkapi data-data terkait sanitasi sekolah pada aplikasi Dapodik, maka telah dirilis "Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah". Panduan ini berisi penjelasan rinci, gambar dan ilustrasi untuk memudahkan operator dan warga sekolah dalam memahami istilah teknis terkait sanitasi sekolah.

Diharapkan dengan diterbitkannya panduan ini, kualitas data sektor sanitasi sekolah pada sistem pendataan Dapodik dapat meningkat. Data-data ini sangat dibutuhkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka menyusun perencanaan dan kebijakan untuk meningkatkan kualitas lingkungan sekolah dengan berorientasi pembangunan berkelanjutan. Untuk itu dihimbau kepada semua sekolah untuk segera mengisi dan melengkapi data sanitasi sekolah melalui Aplikasi Dapodik.

    Download Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2017 ini silahkan lihat di bawah ini:




    Download File:
    Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2017.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2017. Semoga bisa bermanfaat.

    Sumber: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah - Kemdikbud RI

    Lihat juga informasi dan berkas lainnya terkait dengan Dapodik:



    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *