Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017

Diposting oleh Pada 4/12/2017 09:56:00 AM dengan No comments

Berikut ini adalah berkas Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017 dalam SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 7392 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017.

Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017
Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017

Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017

Berikut ini kutipan keterangan dari kata pengantar pada Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017:

Pendidikan nasional saat ini sedang menghadapi banyak tantangan dan permasalahan yang tidak sedikit. Berbagai kebijakan dan program telah banyak ditempuh untuk meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk dalam lingkup pendidikan Islam di Indonesia. Kebijakan pengembangan pendidikan Islam diarahkan pada tiga aspek, yaitu: perluasan akses, peningkatan mutu dan daya saing, serta tata kelola pendidikan. 

Perluasan akses merupakan upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan angka partisipasi masyarakat di dunia pendidikan. Peningkatan mutu dan daya saing juga merupakan upaya terus menerus meningkatkan kualitas pendidikan disemua jenis dan jenjang pendidikan. Sedangkan peningkatan tata kelola merupakan upaya penataan kelembagaan pendidikan Islam agar bermutu, berdaya saing dan bermanfaat bagi masyarakat. 

Salah satu usaha pemerataan akses dan peningkatan mutu serta daya saing tersebut, diselenggarakannya Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama, yang saat ini sudah memasuki tahun ke-12. Program ini merupakan upaya untuk mempercepat ketertinggalan eksistensi pondok pesantren di bidang sains dan teknologi untuk penguatan tafaqquh fiddin. Manfaat program ini diharapkan menjadi pionir pemberdayaan masyarakat (community development) di lingkungan pondok pesantren. 

Program ini untuk pertama kalinya dimulai pada tahun 2005. Semula hanya bermitra dengan 2 (dua) pergurun tinggi, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada tahun 2014 mencapai 17 (Tujuh belas) perguruan tinggi, yaitu IPB Bogor, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ITB Bandung, UPI Bandung, UGM Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, ITS Surabaya, UIN Sunan Ampel Surabaya, UNAIR Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Mataram, Universitas Indonesia, Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Surya Serpong, dan Sekolah Tinggi Agama Islam NU (STAINU) Jakarta. 

Sebagai menguatkan dan pemerataan akses penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB), pada tahun 2016 Kementerian Agama RI melakukan ekspansi ke Wilayah Timur Indonesia dengan bergabungnya UIN Alauddin Makassar dan Universitas Cenderawasih (UNCEN) Papua. 

Indikator program ini berhasil munculnya ekspektasi dan animo kalangan pesantren sangat tinggi untuk mengikuti PBSB. Program ini dapat menjaring dan memfasilitasi santri berprestasi dari keluarga kurang mampu untuk menempuh studi di perguruan tinggi ternama. Hal tersebut secara tidak langsung mampu mengubah citra pondok pesantren lebih berkualitas. 

Pada tahun 2016 PBSB mengalami peningkatan dalam sistem seleksi, pembinaan, pendampingan dan pemberdayaan santri pada saat studi maupun setelah lulus. Sehingga program ini benar-benar sesuai dengan misi semula yaitu untuk pengembangan dan pemberdayaan pesantren. 

Akhirnya kepada semua pihak yang telah bersusah-payah berkomitmen dan berkontribusi memberdayakan para santri melalui PBSB, utamanya perguruan tinggi mitra dan pondok pesantren saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya. 

Semoga Buku Petunjuk Teknis ini dapat menjadi acuan bagi Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017 oleh semua pihak. 

Jakarta, 
Direktur Jenderal, 
Ttd 
Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA 

    Download Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017 ini silahkan lihat di bawah ini:





    Download File:
    Juknis PBSB 2017 (Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017).pdf
    Manual Book Pendaftaran untuk Pesantren dan Peserta.pdf

    Alamat Pendaftaran:
    http://pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaran
    Alur Pendaftaran:
    http://pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/alur-pendaftaran-pbsb
    Jadwal Pendaftaran:
    http://pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id/program-dan-jadwal-penerimaan/jadwal-pendaftaran-pbsb



    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaat.
    Sumber:
    Program Beasiswa Santri Berprestasi - Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren - Kemenag RI

    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *