Majalah Jendela Dikbud Edisi IX Tahun 2017

Diposting oleh Pada 5/30/2017 12:19:00 PM dengan No comments


Berikut ini adalah berkas Majalah Jendela Dikbud Edisi IX Tahun 2017. Download file format PDF.

Majalah Jendela Dikbud Edisi IX Tahun 2017
Majalah Jendela Dikbud Edisi IX Tahun 2017

Majalah Jendela Dikbud Edisi IX Tahun 2017

Berikut ini kutipan teks (Sapa Redaksi) dari isi berkas Majalah Jendela Dikbud Edisi IX Tahun 2017:

Tahun 2017 telah kita jelang. Sebelum menapaki lebih jauh tahun yang baru ini, ada baiknya kita merefleksikan diri, melihat kembali apa yang telah kita kerjakan dan bagaimana hasilnya. Di akhir 2016 yang lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy memaparkan capaian target berbagai program prioritas nasional di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Alhamdulillah, dari keseluruhan program yang dikerjakan sepanjang 2016, banyak di antaranya yang mencapai target, bahkan ada pula realisasi pelaksanaan yang melebihi target. Tentu ini semua berkat kerja sama para pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Tidak hanya pemerintah pusat, tetapi juga ada keterlibatan pemerintah daerah dan masyarakat. Untuk melihat sejauh mana capaian Kemendikbud hingga akhir 2016, JENDELA sajikan cuplikannya dalam empat halaman di bagian tengah majalah ini sebagai bagian dari informasi yang berhak diketahui masyarakat luas.

Kita patut bersyukur, 2016 dapat dilalui dengan baik. Tahun 2017 juga tentu harus kita lalui dengan prestasi yang lebih baik lagi. Dari total anggaran fungsi pendidikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar Rp 416,09 triliun, sebanyak 64,45 persen di antaranya masuk dalam dana transfer daerah. Sementara sisanya terbagi-bagi dalam 20 kementerian/lembaga yang mengurusi bidang pendidikan dan kebudayaan.

Anggaran transfer daerah yang dimaksud adalah dana yang dialokasikan kepada daerah untuk membantu pembiayaan kebutuhan yang berkaitan dengan pendidikan dan kebudayaan. Tahun ini alokasi transfer daerah itu lebih besar ketimbang 2016 lalu.

Selain informasi mengenai anggaran transfer daerah itu, JENDELA edisi perdana di 2017 ini juga menyajikan program-program prioritas Kemendikbud sebagai mendukung Nawacita di bidang pendidikan dan kebudayaan. Itulah yang kami sajikan dalam rubrik fokus kali ini. Program prioritas tersebut disajikan lengkap dengan target capaian masing-masing.

Di rubrik kebudayaan, kami sajikan informasi mengenai keikutsertaan Indonesia dalam Festival Europalia 2017-2018. Yang istimewa dalam festival seni terbesar di dunia itu, Indonesia terpilih sebagai negara tamu (guest country). Kesempatan itu tidak akan disia-siakan. Indonesia dipastikan akan tampil dengan beragam sajian budaya, seni, kuliner khas. Tujuannya adalah untuk mempromosikan Indonesia pada jutaan mata masyarakat Eropa dan belahan dunia lainnya.

Sementara itu pada rubrik resensi buku, JENDELA hadirkan koleksi terbaru di Perpustakaan Kemendikbud. Buku berbahasa Inggris berjudul “Teaching: Making a Different” dapat menjadi referensi bagi para calon guru untuk memiliki metode pembelajaran yang “berbeda” saat berhadapan dengan siswa generasi milenial.

Seperti pada edisi-edisi terdahulu, JENDELA juga tetap menghadirkan rubrik kajian yang berisi artikel ringan hasil penelitian yang disajikan dengan bahasa populer. Ada pula rubrik Bangga Berbahasa Indonesia sebagai sajian penutup yang ringan untuk dibaca. Di rubrik ini kami hadirkan kembali kesadaran kita sebagai masyarakat Indonesia untuk selalu mencintai bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kami berharap, sajian yang kami hadirkan pada edisi kali ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi siapa pun yang membutuhkan. Selamat membaca. Salam.

Redaksi

    Download Majalah Jendela Dikbud Edisi IX Tahun 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Majalah Jendela Dikbud Edisi IX Tahun 2017 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



    Download File:
    Majalah Jendela Dikbud Edisi IX Tahun 2017.pdf

    Sumber: https://www.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Majalah Jendela Dikbud Edisi IX Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga beberapa informasi dan berkas terkait dengan kemdikbud lainnya di bawah ini.


    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *