Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Versi 2017c dan Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017c

Diposting oleh Pada 5/10/2017 08:07:00 PM dengan No comments


Berikut ini adalah informasi mengenai Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017c dan Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Versi 2017c. Inilah informasi selengkapnya yang kami kutip dari laman resmi http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017c
Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017c

Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017c


Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodik
di Seluruh Nusantara

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Menindaklanjuti laporan ditemukannya bugs/kesalahan teknis pada Aplikasi Dapodik versi 2017b, khususnya yang berhubungan dengan proses entri data nilai rapor, US/USBN ke dalam Aplikasi Dapodik. Maka dalam rangka terus meningkatkan kualitas data dan mendorong segera di entrikannya data nilai rapor, US/USBN, telah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan Aplikasi Dapodik versi 2017 dengan dirilisnya pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017c . Kami sangat meng-apresiasi peran aktif dari pada Operator Dapodik yang telah melaporkan temuan-temuanya, dimana laporan ini sangat berharga dan dibutuhkan oleh tim pengembang dalam melakukan pembenahan terhadapat Aplikasi Dapodik. 

Adapun pembaruan dan perbaikan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik 2017c adalah sebagai berikut:

[Pembaruan] Penambahan peran wali kelas untuk penginputan nilai
[Pembaruan] Pembukaan rombongan belajar selain kelas utama untuk penginputan nilai
[Pembaruan] Pembukaan menu input Nilai untuk jenjang SD dan SLB
[Pembaruan] Penambahan tingkat Kelompok A dan Kelompok B khusus jenjang SLB untuk mengakomodir TKLB
[Pembaruan] Pembukaan login 5 semester sebelumnya
[Pembaruan] Penambahan fitur export dan import nilai rapor dan nilai US/USBN
[Pembaruan] Penambahan fitur untuk berpindah template dari nilai rapor ke US/USBN dan sebaliknya
[Pembaruan] Penambahan menu Tentang untuk menjelaskan aplikasi dapodik
[Perbaikan] Perbaikan format Kurikulum 2006 untuk nilai US/USBN untuk jenjang SD, SMP dan SLB
[Perbaikan] Perbaikan format Kurikulum 2006 untuk nilai Rapor untuk jenjang SD, SMP dan SLB
[Perbaikan] Perbaikan sinkronisasi nilai untuk jenjang SD, SMP dan SLB
[Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menyalin mata evaluasi

Untuk melakukan update/pembaruan versi aplikasi menjadi Aplikasi Dapodik 2017 c dapat dilakukan dengan menggunakan:

1. UPDATER Aplikasi Dapodik 2017c
langkah-langkahnya sebagai berikut:
a) Unduh file UPDATER Aplikasi Dapodik 2017c pada :
link unduhan updater Aplikasi Dapodik v2017c
b) Lakukan installasi sampai dengan selesai.
c) Lakukan refresh (Ctrl + F5).

2. Pembaruan Online
Untuk melakukan pembaruan secara online, langkah-langkahnya sebagai berikut:
a) Pastikan komputer terkoneksi internet.
b) Silahkan login pada Aplikasi Dapodik (Versi 2017.b)
c) Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
d) Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2017c ) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
e) Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
f) Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.

Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017c dilakukan untuk membenahi masalah yang berhubungan dengan entri data nilai rapor, US/USBN. Dan berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan input data nilai rapor:
  1. Pastikan telah sukses melakukan update/pembaruan ke Aplikasi Dapodik versi 2017c.
  2. Lakukan sinkronisasi. Sinkronisasi ini dimaksudkan agar semua referensi semester yang dibutuhkan turun ke Aplikasi Dapodik, sehingga mengaktifkan pilihan semester ganjil dan genap Tahun 2014/2015, semester ganjil dan genap Tahun 2015/2016, serta semester ganjil dan genap Tahun 2016/2017.
  3. Generate Prefill Rapor. Proses generate prefill rapor harus dilakukan agar data pembelajaran dan data anggota rombel dari semester-semester terdahulu masuk ke Aplikasi Dapodik.
  4. Periksa kelengkapan data anggota rombel dan data pembelajaran pada semester dimana akan dilakukan proses entri data nilai.
  5. Pastikan akun guru mata pelajaran dan wali kelas telah aktif dan dapat login ke Aplikasi Dapodik.
Informasi cara penggunaan lebih lengkap dapat dipelajari pada Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Versi 2017.c yang sudah terdapat pada menu Pusat Unduhan di Aplikasi Dapodik. Demikian informasi yang kami sampaikan dan atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Satu Data,
Admin Dapodikdasmen

Link Unduhan:
Updater Aplikasi Dapodik Versi 2017.c
Link Unduhan Updater-1
Link Unduhan Updater-2
Link Unduhan Updater-3
Link Unduhan Updater-4
Link Unduhan Updater-5

Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c
Link Unduhan Panduan-1
Link Unduhan Panduan-2
Link Unduhan Panduan-3
Link Unduhan Panduan-4
Link Unduhan Panduan-5

Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Versi 2017c

Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Versi 2017c
Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Versi 2017c

BAB I PEMBARUAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2017c berisi Pendahuluan, Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017c, Target Pendataan Nilai Tahun, Peran Pengguna, Prosedur Input Data, Tampilan dan Pengenalan Menu, Kuncian Data 

BAB II PERSIAPAN DATA berisi Install Updater Aplikasi Dapodik versi 2017c, Memunculkan referensi semester pada menu login (semester), Generate Prefill Rapor, Periksa Data Pembelajaran pada Semester yang akan diproses entri nilai, Periksa Data Anggota Rombel pada Setiap Semester, Pengaturan Akun Guru dan Wali Kelas. 

BAB III PANDUAN PENGISIAN NILAI US/USBN berisi Entri data Mata Evaluasi US/USBN oleh Operator Sekolah, Entri data nilai oleh Guru dan Wali Kelas, Contoh hasil pengisian data US/USBN. 

BAB IV PANDUAN ENTRI NILAI RAPOR berisi Penginputan Data Rapor pada Kurikulum KTSP, Penginputan Data Rapor pada Kurikulum 2013.

BAB V PENGISIAN DATA APLIKASI DAPODIK MENGGUNAKAN JARINGAN berisi Pengisian Data dengan Menggunakan Kabel dan Switch Hub, Dengan Menggunakan Wireless Access Point, Dengan Menggunakan Koneksi Peer To Peer / AD-Hoc, Dengan memanfaatan Tethering smartphone, Membuat Webserver DAPODIK dengan PC Lokal yang memiliki IP Public / Fitur Forwarding IP, Menggunakan Software Portable. 

BAB VI PENUTUP 

Berikut ini kutipan keterangan dari pendahuluan Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Versi 2017c:

Sistem pendataan Dapodik pada tahun 2017 telah memasuki tahap peningkatan kualitas sistem pendataan untuk kebutuhan pemanfaatan program pembangunan pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mendukung kebutuhan tersebut, pemutakhiran Aplikasi Dapodik yang kantinyu serta verifikasi dan validasi data diperlukan dalam tahapan ini guna memenuhi kebutuhan data yang benar, lengkap, mutakhir, dan akurat dalam perencanaan program pembangunan pendidikan.

Data dari sistem pendataan Dapodik digunakan oleh program utama Kementerian seperti BOS, Aneka Tunjangan Guru, Ujian Nasional, Rehab, Bantuan RKB, dan program lainnya. Pemanfaatan sistem pendataan dapodik pada tahun 2017 bertambah kuat pada program pendataan nilai peserta didik. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, sistem pendataan Dapodik mengembangkan pembaruan versi yaitu Aplikasi Dapodi Versi 2017-C. Pada versi ini pembaruan berfokus pada pendataan nilai US/USBN dan Rapor.

Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c berfokus pada pendataan hasil evaluasi pendidikan dalam bentuk nialai akhir dari peserta didik. Melengkapi pembaruan versi sebelumnya, pada versi 2017.c semua satuan pendidikan dapat menggunakan menu nilai (SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB). Terdapat pula beberapa perbaikan dalam rangka menyempurnakan menu nilai untuk digunakan di satuan pendidikan. 

Pada beranda aplikasi akan terlihat menu baru yaitu kelompok menu NILAI. Kelompok menu nilai berisi 2 sub menu yaitu menu RAPOR dan US/USBN. Menu RAPOR memiliki fungsi untuk menginput nilai rapor yang diterbitkan setiap semester. sedangkan menu US/USBN memiliki fungsi untuk menginput nilai US dan USBN dari peserta didik tingkat akhir yang diselenggarakan di semester genap setiap tahun ajaran. 

Pengisian nilai dapat pula dilakukan melalui aplikasi e-rapor. Pada Aplikasi Dapodik versi 2017.c sudah dapat terintergrasi dengan e-rapor SMA Versi 2017. Deskripsi dari setiap pembaruan dan perbaikan akan dibahas bersamaan dengan penjelasan teknis terkait persiapan data dan cara input nilai pada bab selanjutnya.

Target Pendataan Nilai Tahun 2017; Pendataan nilai peserta didik ditujukan bagi satuan pendidikan dibawah DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD yaitu satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Pada periode pendataan tahun 2017 target pendataan nilai US/USBN adalah data nilai US/USBN semester genap tahun ajaran 2016/2017.

Selengkapnya mengenai isi Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Versi 2017c, silahkan lihat di bawah ini. 



Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017c dan Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Versi 2017c terbaru dari Dapodikdasmen Kemdikbud yang dipublish tanggal 9 Mei 2017. Semoga bisa bermanfaat.


Lihat juga beberapa informasi dan berkas lainnya terkait dengan kategori Dapodik di bawah ini:


Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.

Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

Recommended Posts:

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *