Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017

Diposting oleh Pada 6/20/2017 12:27:00 PM dengan No comments


Berikut ini adalah berkas Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017 untuk Unit Sekolah Baru, Renovasi Bangunan, Ruang Kelas Baru, Laboratorium Komputer, Laboratorium IPA, Perpustakaan, Rehabilitasi Bangunan, Ruang Penunjang Lainnya. Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMA - Kemdikbud RI tahun 2017. Download file PDF.

Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017
Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017

Kami sarankan anda membaca:
Petunjuk Teknis dan Pedoman Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Jenjang SMA Tahun 2017

Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017:

Pedoman Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah disusun sebagai acuan dalam pembuatan laporan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pertanggungjawaban keuangan bagi penerima bantuan pemerintah SMA tahun anggaran 2017.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan bantuan pemerintah adalah tentang pelaporan pelaksanaan kegiatan dan pertanggungjawaban keuangan pembangunan Ruang Kelas Baru, Ruang Perpustakaan, Laboratorium Komputer, Laboratorium IPA, Unit Sekolah Baru, Rehabilitasi Bangunan,Renovasi Bangunan, Ruang penunjang lain, serta bantuan pemerintah lainnya yang memuat realisasi pelaksanaan pekerjaan pembangunan secara teknis dan administrasi keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan secara transparan, efektif dan efisien.

Dengan adanya pedoman ini diharapkan pengelola bantuan dapat menyampaikan laporansesuai petunjuk dan tepat waktu sebagai bahan pembinaan lebih lanjut.

Latar Belakang
Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan SMA tahun anggaran 2017 akan menyalurkan dana bantuan pemerintah untuk pembangunan Unit Sekolah Baru (USB), Ruang Kelas Baru, Laboratorium Komputer, Laboratorium IPA, Ruang Penunjang lainnya,Peralatan TIK, Peralatan IPA kepada Provinsi dan Sekolah Menengah Atas di seluruh Indonesia.

Tata cara penyaluran dan pelaksanaan bantuan pemerintah salah satunya diatur dalam Pedoman Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah SMA, yang diantaranya menyebutkan aspek keharusan penerima bantuan pemerintah untuk membuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan pekerjaan dan keuangan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 173/PMK.05/2016 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintahmengisyaratkan bahwa dalam pelaksanaan swakelola menuntut adanya bukti-bukti tertulis aspek administrasi, teknis dan keuangan.

Faktanya masih banyak permasalahan yang muncul terkait dengan aspek pelaporan, seperti:(a) banyak sekolah yang tidak atau terlambat menyerahkan laporan ke Direktorat Pembinaan SMA; (b). sebagian besar laporan tidak informatif, berkesan asal-asalan, kurang terarah dan tidak menggunakan ketentuan standar format penulisan laporan. Sehingga laporan sebagai pertanggungjawaban dan alat ukur kinerja penerima bantuantidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Agar suatu laporan dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka dalam penyusunan laporan selain harus memperhatikan berbagai prinsip dan syarat juga harus memperhatikan tata caranya, karena laporan merupakan hal penting untuk mendukung keterlaksanaan pembangunan terarah dan tepat sasaran, maka kerangka maupun isi pelaporan perlu diberikan acuan. Oleh karena itu disusun Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah SMA tahun 2017.

Tujuan
  1. Memudahkan penerima bantuan pemerintah dalam menyusun laporan pelaksanaan pembangunan/pengadaan;
  2. Menyeragamkan standar format penulisan laporan pelaksanaan pembangunan bagi penerima bantuan pemerintah agar lebih terarah dan informatif;
  3. Menjadi acuan bagi penerima bantuan pemerintah dalam penyusunan laporan yang akuntabel baik administrasi, teknis, dan keuangan sesuai dengan prinsip dan ketentuan yang berlaku.

Sasaran
Penerima bantuan pemerintahtahun anggaran 2017, yakni Sekolah Menengah Atas penerima bantuan pemerintahRuang Kelas Baru (RKB), Ruang Perpustakaan, Laboratorium Komputer, Laboratorium IPA, Unit Sekolah Baru, Renovasi, Ruang Penunjang lainnya, Rehabilitasi dan bantuan pemerintah lainnya di seluruh Indonesia.

Organisasi
Sesuai konteks organisasi, tugas dan tanggungjawab yang tertuang dalam Panduan Pelaksanaan Bantuan Pemerintah SMA tahun 2017menyebutkan penerima bantuan pemerintah harus membuat laporan. Penerima bantuan pemerintah menyusun laporan pertanggungjawaban dari rangkaian pekerjaan pembangunan/pengadaan, disampaikan oleh Kepala Sekolah atau Kepala Dinas (USB) kepada Direktorat Pembinaan SMA.

Penyaluran Dana
Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No.173/PMK/2016 disebutkan bahwa penyaluran bantuan pemerintah sarana dan prasarana dalam bentuk uang dapat dilakukan melalui 2 (dua) tahap.Tahap 1 (satu) sebesar 70% dari keseluruhan dana bantuan setelah perjanjian kerjasama ditandatangani oleh sekolah dan Direktorat Pembinaan SMA. Sedangkan tahap 2 (dua) sebesar 30% dari keseluruhan dana bantuan, disalurkan apabila prestasi pekerjaan telah mencapai 50%.

Pencairan tahap 1 dapat diberikan dengan kondisi penerima bantuan telah menyelesaikan persyaratan sebagai berikut: (a) membuat dan menyerahkan rencana pengeluaran (RAB) dana bantuan; (b) menandatangani perjanjian kerjasama;(c) menandatangani kuitansi bukti penerimaan uang;(d) menandatangani Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM), (e) menandatangani Surat Permohonan Pencairan/Pembayaran Dana Tahap 1. 

Sedangkan pembayaran tahap 2 sebesar 30% dapat disalurkan apabila prestasi pekerjaan pembangunan telah mencapai 50%, dengan syarat penerima bantuan harus (1) menandatangani Surat Permohonan Pencairan/Pembayaran tahap 2 (2) menyerahkan laporan awal sebagai laporan kemajuan pekerjaan yang telah ditandatangani oleh penerima bantuan.

    Download Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017



    Download File:
    Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017.pdf

    Sumber: http://psma.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Petunjuk Penyusunan Laporan Bantuan Pemerintah untuk SMA Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga beberapa informasi dan berkas lainnya terkait dengan kategori SMA di bawah ini.



    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *