Revisi Buku Pedoman FLS2N SMK Tahun 2017

Diposting oleh Pada 6/22/2017 01:45:00 AM dengan No comments

Berikut ini adalah berkas Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) SMK Tahun 2017. Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK - Ditjen Dikdasmen - Kemdikbud RI Tahun 2017. Download file PDF.

Revisi Buku Pedoman FLS2N SMK Tahun 2017
Revisi Buku Pedoman FLS2N SMK Tahun 2017

Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) SMK Tahun 2017

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) SMK Tahun 2017:

Peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan terus dikembangkan melalui berbagai kegiatan baik akademik maupun non akademik berupa kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler maupun non kurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yaitu pengembangan diri peserta didik, yang dapat menjadi sarana ekspresi diri dan pencapaian kompetensi. Untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di bidang seni dan budaya, perlu ruang untuk mengapresiasi penumbuhkembangan bakat dan minat peserta didik dalam bidang tersebut. Oleh sebab itu dipandang perlu diselengarakan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Tahun 2017 yang dibuka bagi peserta didik dari seluruh provinsi di Indonesia, baik dari SMK bidang keahlian seni maupun non seni, yang dapat menjadi ajang ekspresi sekaligus unjuk kompetensi dalam bidang seni.

Pedoman ini disusun untuk memberikan informasi program dan kegiatan penyelenggaraan FLS2N sekaligus sebagai acuan bagi seluruh pihak yang akan berperan dalam penyelenggaraan FLS2N ini. Apabila dikemudian hari terdapat perubahan maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya. Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam penyelenggaraan FLS2N tahun 2017.

Latar Belakang
Lulusan SMK diharapkan dapat menjadi tenaga kerja yang berkualitas, produktif dan mampu menjawab tantangan dunia kerja yang penuh persaingan.

Kualifikasi calon tenaga kerja yang dibutuhkan dunia kerja selain cakap dalam bidang keilmuan dan keterampilan (hard skills) juga keunggulan dalam karakter yang lebih dikenal dengan soft skills. Dunia kerja cenderung memiliki calon tenaga kerja yang memiliki soft skills lebih baik meskipun hard skills nya lebih rendah. Penguasaan dalam bidang seni dan budaya mengasah soft skills siswa, untuk itu Festival dan Lomba Seni bagi siswa SMK dinilai perlu secara konsisten dilakukan guru mengukur ketercapaian kompetensi si bidang seni dan budaya.

SMK program keahlian seni pertunjukan merupakan sekolah yang salah satu tujuannya adalah untuk melestarikan warisan seni dan budaya luhur bangsa Indonesia serta untuk menghasilkan siswa yang memiliki kompetensi dan prestasi di bidang seni dan budaya. Program Keahlian yang dibuka pada SMK antara lain seni musik dan seni tari. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan SMK non seni pertunjukan juga menyelenggarakan pembelajaran seni budaya baik melalui intra maupun ekstrakurikuler.

Dengan dibukanya Program Keahlian dimaksud bertujuan agar peserta didik dapat difasilitasi sesuai bakat dan minatnya dalam rangka pembangunan karakter, sehingga mampu menjadi anggota masyarakat yang demokratis, memiliki budi pekerti yang luhur dengan tetap memperhatikan norma-norma sosial di masyarakat.

Pendidikan karakter menjadi suatu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas dan terampil namun juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun, sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya. Penguasaan kompetensi di bidang seni juga bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi.

Sebagai upaya memberikan ruang bagi unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, maka Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur, penggiat seni dan budaya, serta praktisi pendidikan, dan kalangan masyarakat profesi, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Tahun 2017.

Dengan terselenggaranya FLS2N, diharapkan akan memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mengembangkan karakter dan prestasi seni melalui kreasi seni.

Dasar Hukum
Dasar pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Tahun 2017, adalah:
  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
  5. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
  6. Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019.
  7. DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Program Penyediaan dan Peningkatan Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2017.

Tujuan
  1. Membangun karakter bangsa melalui penanaman dan peningkatan jiwa seni serta pelestarian terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
  2. Membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni sekaligus mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa, sehingga mampu mengasah kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.
  3. Mengembangkan bakat dan minat dalam bidang seni, sekaligus sebagai sarana promosi potensi peserta didik kepada dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif.
  4. Memberikan pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.
  5. Mempererat persahabatan, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.

Hasil yang diharapkan
  1. Terbangunnya karakter bangsa dan meningkatnya jiwa seni serta lestarinya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
  2. Tercapainya peningkatan kreativitas siswa dalam bidang seni dan berkembangnya sikap kompetitif dalam diri siswa serta terasahnya kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.
  3. Berkembangnya bakat dan minat khususnya di bidang seni dan potensi siswa dikenal oleh dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif.
  4. Adanya pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.
  5. Terjalinnya persahabatan yang erat, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) tahun 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 24 s.d. 30 September 2017 bertempat di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

    Download Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) SMK Tahun 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) SMK Tahun 2017 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



    Download File:

    Revisi Buku Pedoman FLS2N SMK Tahun 2017.pdf


    Sumber: https://pesertadidik.ditpsmk.net

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Revisi Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) SMK Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga beberapa informasi dan berkas lainnya terkait dengan SMK di bawah ini.



    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *