Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK

Diposting oleh Pada 8/21/2017 10:28:00 AM dengan No comments


Berikut ini adalah berkas Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK. Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK Ditjen Dikdasmen Kemdikbud. Download file PDF.

Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK
Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK

Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK

Berikut ini kutipan teks dari isi Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK:

Pendahuluan
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan menengah berbasis kejuruan yang berperan menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, kompeten dan mandiri. Pendidikan SMK bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja. Pendidikan SMK juga memiliki tujuan untuk mengembangkan peserta didik agar mempunyai kemampuan dan kompetensi profesional.

Tes bakat dan minat perlu dilakukan untuk dapat mengetahui suatu keterampilan dari peserta didik. Selain itu perlu juga dilakukan pendampingan dan pengembangan kemampuan sesuai bakat peserta didik yang ada pada diri individu. Keterampilan peserta didik SMK perlu dikembangkan untuk dapat bersaing setelah peserta didik tersebut lulus sekolah untuk kemudian dapat bersaing di dunia kerja, serta bisa mengoptimalkan bakat yang ada dalam diri individu. Tes bakat dan minat ini dapat memetakan peserta didik dalam pemilihan bakat dan minat yang sesuai dengan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkan hasil tes bakat dan minat yang dilakukan, guru dapat mengelompokkan peserta didik sesuai dengan bakat dan minat peserta didik. Guru juga dapat lebih mudah untuk bisa mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik.

Tes ini dirancang untuk memberikan informasi mengenai jenis bakat dan minat yang relevan dengan keterampilan dan karir peserta didik di sekolah. Tes ini akan memungkinkan Individu untuk mengungkap potensi sebenarnya untuk kemudian peserta didik dapat meningkatkan kelebihan dan mengatasi kelemahan yang ada pada diri peserta didik yang bersangkutan, sehingga Individu dapat:
  1. Mengetahui dan memahami apa yang menjadi kelebihan/kekuatan Individu dan menemukan cara yang tepat untuk mengembangkan kekuatan tersebut secara optimal.
  2. Mengetahui dan memahami apa yang menjadi kekurangan/kelemahan Individu agar dapat mengatasi dan mengkompensasi kelemahan tersebut.
Secara umum tes psikologi dibagi ke dalam beberapa jenis tes, yaitu: Tes Inteligensi, Tes Kepribadian, dan Tes kinerja. Dalam hal ini tes bakat dan minat merupakan bagian dari tes inteligensi. Tes bakat dan minat ini dibagi menjadi 2 alat tes, yaitu alat tes inventori minat dan alat tes bakat. Alat tes inventori minat ini berfungsi untuk mengetahui minat siswa terhadap suatu bidang keahlian yang dimiliki oleh lembaga

Tujuan
Tes bakat dan minat ini memiliki beberapa tujuan terhadap pengembangan peserta didik yang ada di SMK. Tujuan tes bakat dan minat ini yaitu sebagai berikut:
  • Mengetahui dan memahami apa bakat dan minat Individu dan menemukan cara untuk mengembangkan kekuatan tersebut secara optimal.
  • Individu dapat melakukan pemetaan lebih jauh mengenai bakat yang dimilikinya dan minat yang diinginkannya.
  • Individu dapat mengambil keputusan untuk memilih bakat dan minatnya dengan tepat sesuai dengan kemampuan dan keinginannya. Keputusan tersebut memungkinkan memberikan hasil yang bervariasi untuk setiap individu bahkan ketika mereka memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan hasil tertentu, karena setiap individu dapat mempersepsikan nilai pentingnya suatu hasil tes secara berbeda.
  • Tujuan dalam kerangka institusional yaitu, nilai dari keputusan ditentukan oleh institusi dan berlaku sama untuk setiap keputusan tertentu. Contoh dari keputusan institusional adalah penerimaan siswa untuk masuk sekolah pada bidang keahlian/kejuruan yang diminati atau juga bias digunakan untuk seleksi perusahaan.
  • Pengelompokan bakat dan minat peserta didik dapat dilakukan untuk mempermudah pengembangan bakat dan minat masing-masing peserta didik SMK.

Manfaat
Tes bakat dan minat ini memiliki manfaat bagi beberapa elemen yaitu bagi siswa, guru dan institusi pendidikan terkait. Manfaat tes bakat dan minat ini akan dijelaskan sebagai berikut:
  • Manfaat bagi siswa yaitu siswa dapat mengetahui dengan baik bakat dan minat yang dimilikinya sehingga dapat menjadi acuan dalam memilih sekolah atau bidang kejuruannya.
  • Manfaat bagi guru adalah agar guru mampu mengembangkan potensi yang telah dimiliki oleh siswa yang telah mengetahui bakat dan minatnya, sehingga memudahkan untuk membimbing siswa dalam memperoleh hasil belajar yang optimal.
  • Manfaat yang terakhir adalah bagi pemerintah atau institusi pendidikan terkait yaitu dapat memperoleh gambaran yang bersifat mikro maupun yang bersifat makro terkait bakat dan minat siswa SMK yang ada. Apakah siswa telah memilih bidang kejuruan sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Hal ini tentu berkaitan juga dengan kebijakan apa yang akan diambil dalam menyikapi hasil tersebut.

Lingkup Penggunaan
Lingkup penggunaan alat tes bakat dan minat ini yaitu diperuntukkan bagi guru-guru SMK terutama guru mata pelajaran Bimbingan Konseling (BK). Guru BK dapat diberikan pelatihan dan pembekalan terlebih dahulu sebelum melakukan administrasi tes, melakukan skoring, dan kemudian membaca hasil tes tersebut. Penggunaan alat tes bakat minat ini dilakukan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Siswa yang dapat mengikuti tes bakat dan minat ini yaitu siswa SMK yang sedang menjalani program kejuruan maupun yang akan masuk sekolah kejuruan. 

    Download Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



    Download File:
    Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK.pdf
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga beberapa informasi dan berkas lainnya di bawah ini.



    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts di bawah.

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *