Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013

Diposting oleh Pada 11/16/2017 12:06:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013. Berkas ini merupakan salah satu modul materi Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 SMK. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF.

Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013
Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013

Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013:

Pengertian dan cara menyusun indikator pencapaian kompetensi Didalam RPP maupun silabus, salah satu komponen yang harus disusun oleh guru adalah indikator pencapaian kompetensi. Bagaimana cara menyusun indikator pencapaian kompetensi? Dan apa pula pengertian indikator?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), indikator adalah sesuatu yg dapat memberikan atau menjadi petunjuk atau keterangan. Jika dikaitkan dengan pembelajaran, indikator merupakan petunjuk bagi guru apakah hasil pembelajaran telah tuntas atau belum. Sederhananya, indikator pencapaian kompetensi adalah garis-garis besar yang harus dicapai oleh siswa selama pembelajaran berlangsung.

Misalnya, Dalam satu pertemuan, siswa harus mampu menyebutkan nama-nama binatang melata. Maka pembelajaran dilaksanakan semata-mata agar siswa dapat menyebutkan nama-nama binatang melata. Ketika siswa sudah mampu menyebutkan nama-nama binatang melata berarti pembelajaran telah tuntas, sebaliknya jika siswa belum mampu menyebutkan nama-nama binatang melata, pembelajaran belum tuntas.

Jadi, indikator merupakan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa atau dengan kata lain adalah perubahan yang diharapkan yang terjadi pada diri siswa pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan setelah pembelajaran berlangsung, untuk mengetahuinya dilaksanakan melalui evaluasi, apakah dilakukan dengan tes lisan, tertulis atau tanya jawab.

Untuk menyusun indikator pelajaran perlu diketahui terlebih dahulu syarat-syarat yang harus dipenuhi, banyak orang menyarankan agar menggunakan metoda SMART.

S pecific : Indikator yang dibuat haruslah berfokus pada satu kemampuan.
M easurable : indikator harus dapat diukur dan dievaluasi.
A chievable : indikator harus bisa diraih atau dicapai oleh siswa.
R eality : indikator harus Nyata dalam prosesnya.
T ime : Perhitungan waktu mencukupi.

Selain kelima syarat di atas, guru memerlukan kata kerja operasional, kata kerja biasanya mengacu pada taksonomi bloom. Berikut beberapa kata kerja yang bisa dipakai oleh guru dalam merumuskan indikator yang akan dicapai untuk dituangkan kedalam RPP.

    Download Modul Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013



    Download File:

    Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013.docx
    Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file tentang Pengertian dan Cara Menyusun IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) SMK Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *