Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK

Diposting oleh Pada 1/04/2018 03:50:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK. Download file format PDF dan .docx Microsoft Word.

Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK
Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK

Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK

Buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemdikbud Tahun 2017.

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Serial Revitalisasi SMK Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK:

Pembelajaran teaching factory adalah suatu konsep pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di industri, dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. Hal ini sesuai karakteristik pendidikan kejuruan seperti yang disebutkan Herminarto Sofyan, dkk. yaitu: (1) mempersiapkan peserta didik memasuki lapangan kerja; (2) didasarkan kebutuhan dunia kerja “demand-market-driven”; (3) penguasaan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja; (4) kesuksesan siswa pada “hands on” atau performa dunia kerja; (5) hubungan erat dengan dunia kerja; (6) responsif dan antisipatif terhadap kemajuan teknologi; (7) learning by doing dan hands on experience; (8) memerlukan biaya investasi dan operasional yang lebih besar dari pendidikan umum.

Konsep teaching factory merupakan menggabungkan belajar dan lingkungan kerja yang realistis dan memunculkan pengalaman belajar yang relevan. “Teaching factory concept as an approach that combines the learning and working environment from which realistic and relevant learning experiences arise” (Nayang Polytechnic, 2003).

Lamancusa, Zayas, Soyster, Morell, dan Jorgensen (2008: 7), mengungkapkan bahwa konsep teaching factory ditemukan karena tiga hal, yaitu: (1) Pembelajaran yang biasa saja tidak cukup, (2) Keuntungan peserta didik diperoleh dari pengalaman praktik secara langsung, dan (3) pengalaman pembelajaran berbasis team yang melibatkan siswa, staff pengajar dan partisifasi industri memperkaya proses pendidikan dan memberikan manfaat yang nyata bagi semua pihak.

Paradigma pembelajaran teaching factory didasarkan pada tujuannya yang secara efektif mengintegrasikan kegiatan pendidikan, penelitian dan inovasi ke dalam satu konsep tunggal, yang melibatkan industri dan akademik. Pembelajaran teaching factory berfokus pada integrasi industri dan akademik melalui pendekatan terhadap kurikulum, pengajaran/pelatihan.

Pada buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK ini antara lain berisi:

Latar Belakang Pelaksanaan Teaching Factory SMK, Dasar Hukum Pelaksanaan Teaching Factory SMK, Pengertian Teaching Factory SMK, Prinsip Dasar Teaching Factory SMK, Komponen-Komponen Utama Implementasi Teaching Factory SMK, Kondisi Ideal Teaching Factory SMK, Aspek-Aspek Penting dalam Konsep Teaching Industry, Arah Implementasi Teaching Factory SMK, Maksud; 1. Sebagai jalan dalam menciptakan jembatan (interface) antara dunia pendidikan dan industri, 2. Sebagai konsep didaktik untuk pengembangan soft skill, 3. Menyamakan persepsi dalam penerapan teaching factory, 4. Sebagai panduan pendekatan awal penerapan konsep teachin factory, Mempunyai indikator kinerja implementasi teaching factory, Mengklarifikasi persepsi masyarakat tentang teaching factory, Sistematika Teaching Factory SMK, Parameter Teaching Factory SMK, Analisis Pengembangan Teaching Factory SMK, Pilar Utama Operasional Teaching Factory SMK, Monitoring dan Evaluasi. Dilengkapi lampiran-lampiran diantaranya Jobsheet Laboratory, Jobsheet Job Order, Jobsheet Project Work, Idea Product, Contoh Layout Jadwal Blok dan lain-lain.

    Download Buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK


    Download File:

    Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK.pdf
    Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK.docx

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Serial Revitalisasi SMK Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga beberapa informasi dan berkas lainnya terkait dengan SMK di bawah ini.


    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya pada Related Posts.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.

    Recommended Posts:

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *