PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) - Peran Keluarga dan Masyarakat

Diposting oleh Pada 7/08/2018 01:30:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas infografis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) - Peran Keluarga dan Masyarakat. Download file format PDF.

PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) - Peran Keluarga dan Masyarakat
PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) - Peran Keluarga dan Masyarakat

PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) - Peran Keluarga dan Masyarakat

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas infografis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) - Peran Keluarga dan Masyarakat:

Penguatan karakter memerlukan peran serta keluarga, sekolah, dan masyarakat.Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat berperan besar dalam membentuk dan menguatkan karakter anak-anak Indonesia. Kegiatan-kegiatan pembiasaan dalam keseharian akan menyemai nilai budi pekerti dan membentuk budaya.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bukanlah mata pelajaran baru yang akan menambah beban belajar anak.

Setiap sekolah akan mengintegrasikan penanaman nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Pembelajaran yang kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah, termasuk keluarga dan masyarakat, sebagai sumber belajar akan membuat kegiatan belajar menyenangkan bagi setiap anak.

Setiap sekolah akan memprakarsai pelibatan dan kerja sama dengan sumber-sumber belajar di luar sekolah.

Keluarga Memiliki Peran penting dalam Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini
Sebagai bagian dari Tri Pusat Pendidikan bersama dengan sekolah dan masyarakat, keluarga berperan dalam mengembangkan karakter. Sebagai pendidik utama, keluarga memiliki peran penting dalam pengembangan karakter anak sejak dini, termasuk penguatan pendidikan karakter di luar jam sekolah.

Keluarga bertanggung jawab terhadap pendidikan anak karena interaksi antar anggota keluarga juga akan membentuk karakter anak. Keluarga memiliki waktu yang banyak bersama anak. Untuk itu, keluarga bisa memberikan keteladanan dan bimbingan kepada anak, seperti melakukan kunjungan wisata ke museum bersama anak, melakukan olahraga bersama, membimbing anak dalam beribadah, dan mendampingi anak belajar di rumah.

Keterlibatan Masyarakat Dibutuhkan dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Sebagai bagian dari Tri Pusat Pendidikan, masyarakat pun berperan dalam PPK. Pelibatan masyarakat dibutuhkan karena sekolah tidak dapat melaksanakan visi dan misinya sendiri.

Masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, berkolaborasi bersama dengan sekolah untuk pengembangan PPK di sekolah. Masyarakat dapat berinisiatif mengambil peran dalam PPK sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Dengan demikian, masyarakat pun ikut terlibat dalam peningkatan kualitas pendidikan.

    Download PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) - Peran Keluarga dan Masyarakat

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas infografis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) - Peran Keluarga dan Masyarakat ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) - Peran Keluarga dan Masyarakat



    Download File:
    Infografis PPK - Peran Keluarga dan Masyarakat.pdf
    Sumber: https://www.kemdikbud.go.id


    Lihat juga berkas terkait dengan PPK lainnya:
    Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal
    Lagu Mars PPK (Siswa Berkarakter Indonesia)
    Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
    Modul dan Buku PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file infografis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) - Peran Keluarga dan Masyarakat. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *