Buku SMK Teknik Pengelasan Kapal

Diposting oleh Pada 8/09/2018 05:32:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pengelasan Kapal Jilid 1 2. Download file PDF.

Buku SMK Teknik Pengelasan Kapal
Buku SMK Teknik Pengelasan Kapal

Buku SMK Teknik Pengelasan Kapal

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku SMK Teknik Pengelasan Kapal:

Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pengelasan Kapal ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran SMK Teknik Pengelasan Kapal ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Kemajuan Teknologi pengelasan akhir-akhir ini sangatlah membantu dalam pekerjaan pembuatan konstruksi baik yang sederhana maupun konstruksi yang mempunyai tingkat kesulitan dan persyaratan tinggi. Pengelasan merupakan bidang yang sangat dibutuhkan oleh Dunia Industri utamanya untuk industri perkapalan dan rekayasa umum serta bidang-bidang lain yang berhubungan dengan penyambungan konstruksi dimana pengelasan merupakan faktor utamanya. Untuk mengimbangi kemajuan teknologi pengelasan maka perlu didukung pula oleh kesiapan Sumber Daya Manusianya, agar teknologi dapat berimbang dengan pelakunya yaitu sumber daya manusia.

Buku Teknologi Las Kapal ini disajikan untuk pembelajaran para siswa kejuruan tingkat menengah bidang studi teknik perkapalan dan teknik pengelasan sebagai acuan dalam penyiapan kompetensinya. Dengan mempelajari buku ini diharapkan para siswa mempunyai pengetahuan dan ketrampilan bidang pengelasan pada kapal yang berisi materi-materi: Proses pengelasan secara umum, pengelasan untuk perkapalan, pemeriksaan dan pengujian hasil las, bahaya pengelasan dan keselamatan kerja.

Dengan diterbitkannya buku Teknologi Las Kapal ini, harapan penulis bahwa buku ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan ketrampilan untuk penyiapan calon tenaga kerja bidang pengelasan kapal, di sekolah menengah kejuruan dan untuk menambah kekayaan literatur di sekolah-sekolah maupun diperpustakaan terutama dalam bidang pengelasan.

Gambaran Umum Fungsi Pengelasan pada Kapal
Dari berbagai jenis pengelasan yang telah dikenal, pengelasan pada kapal mempunyai suatu persyaratan dari Badan Klasifikasi yang mengawasi dan memberikan kelayakan tentang kekuatan konstruksi kapal. Hal ini karena kapal selain berada pada media cair yang selalu mendapat gaya-gaya hidrostatik gelombang air dari luar badan kapal juga mendapatkan beban berat sehingga kapal sebagai sarana pengangkutan perlu mendapatkan perhatian khusus tentang kekuatan dan faktor keselamatannya. Untuk memenuhi persyaratan yang dituntut dari pemilik kapal dan badan klasifikasi maka peran juru las sangatlah besar, dan untuk itu teknik- teknik pengelasan pada kapal harus diikuti agar mendapatkan mutu las yang baik dan dapat diterima oleh pemilik kapal maupun badan klasifikasi.

Seperti diketahui bahwa peran dan volume pekerjaan pengelasan pada kapal sangatlah besar, dimana ketrampilan seorang juru las dituntut mempunyai kompetensi secara mandiri (individual skill). Dengan demikian seorang juru las perlu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang matang agar proses pengelasan yang dilakukan mempunyai mutu dan kecepatan yang tinggi, sehingga diharapkan dapat diterima oleh Badan Klasifikasi dan pemilik kapal. Teknologi Las Kapal merupakan metode penyambungan baja pada kapal dengan mengikuti standar yang berlaku untuk pembangunan kapal.

Pada umumnya pengelasan pada badan kapal yang banyak digunakan adalah pengelasan dengan proses las busur listrik (SMAW), las busur rendam (SAW) dan proses las busur listrik dengan pelindung gas (FCAW / GMAW) dari material baja karbon dan baja kekuatan tarik tinggi.

Sedangkan proses las elektrode tak terumpan (GTAW) banyak digunakan untuk mengelas bagian-bagian kapal seperti perpipaan, saluran udara dan bagian-bagian kecil lainnya yang menggunakan plat tipis.

Dari beberapa jenis pengelasan yang digunakan untuk mengelas bangunan kapal pada umumnya mempunyai prosedur pengelasan sendiri-sendiri dimana kelihatannya sangat sederhana, namun bila diteliti secara cermat maka didalamnya banyak masalah yang harus diatasi dimana pemecahanya memerlukan banyak disiplin ilmu pengetahuan. 

Oleh karena itu pengetahuan harus menyertai praktek, secara lebih detail bahwa perancangan konstruksi bangunan kapal dengan sambungan las harus direncanakan pula tentang teknik pengelasan, bahan las dan jenis las yang digunakan serta pemeriksaannya.

    Download Buku SMK Teknik Pengelasan Kapal

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Teknik Pengelasan Kapal ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku SMK Teknik Pengelasan Kapal



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pengelasan Kapal. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *