Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah

Diposting oleh Pada 9/10/2018 12:22:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah. Download file format .docx Microsoft Word.

Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah
Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah

Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah:

Pendahuluan
Literasi tidak sekedar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Hal yang paling mendasar dalam praktik literasi adalah kegiatan membaca. Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari berbagai hal lainnya. Kemampuan ini penting bagi pertumbuhan intelektual peserta didik. Melalui membaca peserta didik dapat menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi dunia yang bermanfaat bagi kehidupannya.Membaca memberikan pengaruh budaya yang amat kuat terhadap perkembangan literasi peserta didik. Sayangnya, sampai saat ini prestasi literasi membaca peserta didik di Indonesia masih rendah, berada di bawah rata-rata skor internasional. Dari laporkan hasil studi yang dilakukan Central Connecticut State University di New Britain, diperoleh informasi bahwa kemampuan literasi Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara yang disurvei (Jakarta Post, 2016).

Rendahnya literasi membaca tersebut akan berpengaruh pada daya saing bangsa dalam persaingan global. Hal ini memberikan penguatan bahwa pembiasaan wajib baca sangat penting diterapkan dalam pendidikan di Indonesia, karena wajib baca mempunyai tujuan yang sangat luas dan mendasar yakni: a) membentuk budi pekerti luhur; b) mengembangkan rasa cinta membaca; c) merangsang tumbuhnya kegiatan membaca di luar sekolah; d) menambah pengetahuan dan pengalaman; e) meningkatkan intelektual; f) meningkatkan kreativitas; g) meningkatkan kemampuan literasi tinggi.

Tujuan Gerakan Literasi Sekolah
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bertujuan:
  1. Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah,
  2. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat,
  3. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan,
  4. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

Kesimpulan
Gerakan Literasi Sekolah (LGS) adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.Hal yang paling mendasar dalam praktik literasi adalah kegiatan membaca. Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari berbagai hal lainnya. Kemampuan ini penting bagi pertumbuhan intelektual peserta didik. Melalui membaca peserta didik dapat menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi dunia yang bermanfaat bagi kehidupannya.Membaca memberikan pengaruh budaya yang amat kuat terhadap perkembangan literasi peserta didik.

    Download Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah



    Download File:

    Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah.zip


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Contoh Program Gerakan Literasi Sekolah. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga berkas lainnya terkait dengan Gerakan Literasi Sekolah:
    Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah
    Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang SMP
    Modul Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di SMP Tahun 2018
    Buku Panduan Praktis Gerakan Literasi Sekolah
    Buku Bahan Bacaan Literasi untuk SD SMP SMA

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *