Label Kategori

Buku Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Sunda Kurikulum 2013 SMP-MTs Revisi 2017

Diposting oleh Pada 6/11/2018 05:18:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Kurikulum 2013 Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017. Buku Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 Jenjang SMP/MTs Revisi 2017. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF. Buku Kurikulum 2013 Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017 ini dilengkapi dengan Silabus dan Pedoman Penyusunan RPP.

Kurikulum 2013 Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017
Kurikulum 2013 Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017

Buku Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 Jenjang SMP/MTs Revisi 2017

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 Jenjang SMP/MTs Revisi 2017:

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah di sekolah-sekolah yang awalnya menggunakan Kurikulum 2006 atau yang lebih dikenal dengan Kurikulum KTSP, mulai menggunakan Kurikulum Mulok yang baru, terutama di sekolah-sekolah yang menjadi percontohan. Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah yang mengacu pada Kurikulum 2013 ini tersiri dari Struktur Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) serta Silabusnya. Sebagai penunjang pembelajaran, BPBKD juga mengupayakan penyusunan buku ajar sesuai rambu-rambu yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Seperti diketahui, implementasi Kurik ini pun sangat dinamis. Berbagai revisi terutama menyangkut berbagai perangkat implementasinya di lapangan. Tahun 2016, revisi bahkan menyangkut struktur inti tataran KIKD dan landasan konseptualnya. Sedikitnya ada empat Peraturan Mentri (Permen) Pendidikan dan Kebudayaan dike berkaitan dengan revisi Kurikulum. Antara lain Permendikbud No. 20 tahun 2016 Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan menengah, Permendikbud No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dan Dasar dan Menengah, dan Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian. Melihat dinamika yang terjadi pada Kurikulum 2013 tersebut, sudah seharusnya pula Kurikulum Mulok Bahasa dan Sastra Daerah menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di atas.

Di samping itu, implementasi Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah sendiri menemui beberapa masalah, antara lain ditemukan pada struktur isi kurikulum yang masih dianggap kompleks dan sulit untuk dipahami oleh siswa. Kurikulum Bahasa dan Sastra Daera jelas di setiap jenjang pendidikan. Tid dicapai dari pengajaran bahasa Sunda di ditemukan materi-materi pelajaran yang bertumpuk dan berulang-ulang.

Kendala lain yang juga sering disuarakan oleh masyarakat dan para guru adalah tidak meratanya kurikulum diberla berbagai hal, kendati Kurikulum Muatan Daerah telah ditetapkan penggunaannya melalui Pergub. Kritik jugs muncul dari masyarakat berkaitan dengan kekeliruan bahan ajar dan karakter Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah yang cenderung terlalu meniru struktur kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia.

Berkaitan dengan masalah-masalah tersebut di atas, perlu adanya upaya untuk merevisi dan mengembangkan kembali Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Buku ini merupakan dokumen kurikulum yaitu Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 yang telah direvisi. Dokumen kurikulum diharapkan dapat dijadikan pedoman pembelajaran muatan lokal bahasa dan sastra Sunda pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Jawa Barat, terhitung mulai tahun pelajaran 2017/2018.

Daftar Isi Buku Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013

BAB I: STRUKTUR KURIKULUM TINGKAT DAERAH
A. Rasional
B. Struktur Kurikulum Muatan Lokal
C. Perbaikan Kurikulum Tingkat Daerah Berbasis Kurikulum 2013
D. Kekhasan Kurikulum Tingkat Daerah
E. Keragaman Lokalitas dan Bahasa Pengantar Pembelajaran
F. Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar

BAB II: KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR (KIKD MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA
A. Rasional
B. Pengertian
C. Fungsi
D. Tujuan
E. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran  Bahasa Dan Sastra Sunda Jenjang SMP/MTs

Lampiran 1: SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA SMP/MTs
A. Pengertian Silabu
B. Komponen Silabus.
C. Pengembangan Silabus

Lampiran 2: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH (SMP/MTs) MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA
A. Batasan
B. Komponen RPP
C. Prinsip Penyusunan RPP
D. Langkah Penyusunan RPP

    Download Buku Kurikulum 2013 Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013



    Download File:

    Buku Kurikulum 2013 Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017.pdf
    Buku Kurikulum 2013 Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017.docx


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 Jenjang SMP/MTs Revisi 2017. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *