Buku Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan SMK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

Diposting oleh Pada 8/16/2018 10:28:00 AM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan SMK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Perikanan dan Kelautan. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan SMK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013
Buku Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan SMK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

Buku Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan SMK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan SMK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Perikanan dan Kelautan:

Prinsip pembelajaran kontekstual (contextual learning) yang diharapkan mampu mengubah gaya belajar siswa dalam memahami setiap ilmu dan materi yang dipelajari di sekolah menjadi salah satu komponen dasar penyusunan bahan ajar bagi guru dan siswa. Disisi lain pembelajaran akselerasi (accelerated learning) berkontribusi dalam menciptakan nuansa dan iklim kegiatan belajar yang kreatif, dinamis serta tak terbatas oleh sekat ruang kelas (learning with no boundaries). Proses pembelajaran tersebut mampu memberi spektrum warna bagi kanvas ilmu pengetahuan yang sejatinya harus menjadi bagian dari proses pengalaman belajar (experiential learning) ilmiah, kritis dan dapat diterapkan (applicable).

Buku teks siswa SMK tahun 2013 dirancang untuk dipergunakan siswa sebagai literatur akademis dan pegangan resmi para siswa dalam menempuh setiap mata pelajaran. Hal ini tentu saja telah diselaraskan dengan dinamika Kurikulum Pendidikan Nasional yang telah menjadikan Kurikulum 2013 sebagai sumber acuan resmi terbaru yang diimplementasikan di seluruh sekolah di wilayah Republik Indonesia secara berjenjang dari mulai pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Buku ini disusun agar menghadirkan aspek kontekstual bagi siswa dengan mengutamakan pemecahan masalah sebagai bagian dari pembelajaran dalam rangka memberikan kesempatan kepada siswa agar mampu mengkonstruksi ilmu pengetahuan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap individu mereka sendiri. Secara bahasa, buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif, lugas dan mudah dimengerti. Sehingga, siswa dijamin tidak akan mengalami kesulitan dalam memahami isi buku yang disajikan.

Standar Kompetensi Nautika
  1. Menerapkan Hukum Laut dan Perikanan
  2. Menerapkan Stabilitas dan Bangunan Kapal
  3. Menerapkan Prosedur Darurat di Kapal
  4. Mengoperasikan Alat navigasi Konvensional dan Kompas Magnit
  5. Mengoperasikan Alat navigasi Elektronik
  6. Mengunakan berbagai paremeter Meteorologi dan Oceanografi dalam penangkapan ikan
  7. Menerapkan manajemen kapal penangkap ikan dan kepelabuhanan
  8. Melakukan perawatan dan penangkapan berbagai macam alat penangkapan ikan
  9. Melakukan Komunikasi di atas kapal
  10. Menerapkan dasar-dasar elektronika
  11. Mengoperasikan instalasi tenaga penggerak utama kapal
  12. Merencanakan Pelayaran dan Pelayaran Datar
  13. Melakukan dinas jaga / P2TL di kapal
  14. Melaksanakan penanganan dan penyimpanan hasil tangkap
  15. Menerapkan tatalaksana perikanan yang bertanggung jawab (CCRF)
  16. Mengolah gerak dan mengendalikan kapal
  17. Menggunakan bahasa Inggris maritim dan perikanan

Deskripsi
Pasar global telah berimplikasi kepada penciptaan daya saing secara internasional. Bukan hanya pada produk pasar saja, tetapi juga kompetisi sumberdaya manusianya. Oleh karena itu, kemampuan setiap individu untuk mampu bertahan didalam kancah global ini menjadi tolak ukur keberhasilan yang nyata. Salah satu peran kunci yang dapat dimainkan dalam menghadapi tantangan itu adalah kemampuan personal untuk dapat berkomunikasi secara global dengan menggunakan alat komunikasi, dalam hal ini bahasa, yang bisa dipahami oleh seluruh kalangan di dunia internasional. Alat/bahasa yang dimaksud adalah bahasa Inggris. Apapun profesinya, dimanapun tempat asalnya, produk apapun yang dipersaingkannya, serta target apapun yang dikompetisikannya, hanya bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ‘pemersatu’.

Di lingkungan sekolah, sebutlah di lingkungan akademis, bahasa Inggris tidak hanya sekedar diberikan sebagai mata pelajaran atau mata kuliah pelengkap. Akan tetapi lebih diarahkan kepada sarana atau alat yang perlu dikuasai oleh setiap siswa dalam melakukan komunikasi dengan dunia internasional. Selain itu, pada jenjang pendidikan sekolah menengah, bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Hal ini memperlihatkan concern pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan pentingnya mempelajari bahasa Inggris sebagai bekal para siswa mengarungi kehidupan di masa datang.

Lebih khusus lagi bahwa bahasa inggris untuk dunia maritim ini termasu k kedalam kategori English for Specific Purposes (ESP). Dengan kata lain, bahasa Inggris yang digunakan merupakan bahasa yang memiliki karakter dan terminologi tertentu yang hanya ditujukan untuk tujuan-tujuan tertentu (spesifik). Sehingga, dalam mempelajari dan mempergunakan bahasa Inggrisnya pun diperlukan situasi dan kondisi khusus agar pembelajaran yang dimkasudkan dapat lebih memberikan pengalaman belajar yang paling tidak mendekati atau hampir mirip (dalam alam pemikirannya) seperti situasi sebenarnya.

Prasayarat
Untuk dapat mengikuti kegiatan belajar mata pelajaran Bahasa Inggris Maritim ini setidaknya siswa sudah memahami dan bisa melakukan pronunciation (pelafalan) dasar seperti alphabetical order pronunciation, mengetahui sejumlah kata Kerja (Verb), baik Regular Verbs maupun Irregular Verbs, serta penggunaannya dalam konteks pola kalimat present simple tense dan present continuous tense. Buku Teks mata pelajaran Bahasa Inggris Maritim ini dimaksudkan sebagai Bahan Ajar Siswa SMK yang diorientasikan bagi peserta didik atau siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Nautika dan Teknika Kapal Penangkap Ikan, sebagai Buku Teks awal yang dipelajari sebelum mempelajari Buku Teks bahasa Inggris Maritim dan Perikanan selanjutnya.

Petunjuk Penggunaan
1. Prinsip-prinsip Belajar
a. Berfokus pada student (student centered learning),
b. Peningkatan kompetensi seimbang antara pengetahuan, keterampilan dan sikap,
c. Kompetensi didukung empat pilar yaitu : inovatif, kreatif, afektif dan produktif.

2. Pembelajaran
a. Mengamati (melihat, mengamati, membaca, mendengar, menyimak)
b. Menanya (mengajukan pertanyaan yang bersifat faktual hingga yang bersifat hipotesis
c. Pengumpulan data (menentukan data yang diperlukan, menentukan sumber data, mengumpulkan data
d. Mengasosiasi (menganalisis data, menyimpulkan dari hasil analisis data)
e. Mengkomunikasikan (menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan diagram, bagan, gambar atau media)

3. Penilaian/asessment
a. Penilaian dilakukan berbasis kompetensi,
b. Penilaian tidak hanya mengukur kompetensi dasar tetapi juga kompetensi inti dan standar kompetensi lulusan.
c. Mendorong pemanfaatan portofolio yang dibuat siswa sebagai instrument utama penilaian kinerja siswa pada pembelajaran di sekolah dan industri.
d. Penilaian dalam pembelajaran dapat dilakukan secara terpadu dengan proses pembelajaran.
e. Aspek penilaian pembelajaran meliputi hasil belajar dan proses belajar siswa.
f. Penilaian dapat dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, observasi, tes praktik, penugasan, tes lisan, portofolio, jurnal, inventori, penilaian diri, dan penilaian sebaya atau antar teman (peer assessment).
g. Pengumpulan data penilaian selama proses pembelajaran melalui observasi juga penting untuk dilakukan.
h. Data aspek afektif seperti sikap ilmiah, minat, dan motivasi belajar dapat diperoleh dengan observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.

Tujuan Akhir
  1. Setiap individu siswa dapat memiliki teori kemampuan dasar Bahasa Inggris umum sebagai pengantar menuju pembelajaran Bahasa Inggris untuk bidang/ilmu pengetahuan tertentu, dalam hal ini bidang Maritim dan Perkapalan;
  2. Siswa dapat menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi yang efektif dan sederhana dalam bentuk percakapan sehari-hari;
  3. Siswa dapat memahami dan dapat menguasai teori dasar Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan sehingga dapat mengikuti dan mempelajari pembelajaran Bahasa Inggris Maritim tingkat selanjutnya yang lebih kompleks.

      Download Buku Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan SMK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

      Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan SMK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Perikanan dan Kelautan ini silahkan lihat preview dan unduh pada link di bawah ini:

      Buku Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan SMK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013



      Download File:
      Buku SMK K13 Bidang Keahlian Perikanan dan Kelautan - Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan 1.pdf
      Buku SMK K13 Bidang Keahlian Perikanan dan Kelautan - Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan 2.pdf
      Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

      Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan SMK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Perikanan dan Kelautan. Semoga bisa bermanfaat.

      Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

      Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


      Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
      Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
      Next
      « Prev Post
      Previous
      Next Post »

      Formulir Kontak

      Nama

      Email *

      Pesan *