Buku Kearsipan SMK MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

Diposting oleh Pada 8/15/2018 10:28:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku Kearsipan SMK MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku Kearsipan SMK MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013
Buku Kearsipan SMK MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

Buku Kearsipan SMK MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Kearsipan SMK MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen:

Latar Belakang
Penyimpanan arsip dan penemuan kembali adalah sesuatu kegiatan yang sangat penting dalam pengelolaan surat atau dokumen. Dokumen yang ditata dengan baik akan mempermudah dan mempercepat penemuan kembali apabila diperlukan.

Kunci sukses penataan suatu dokumen tergantung dari banyak faktor, antara lain: kemampuan petugas arsip dan pemilihan sistem penyimpanan arsip yang tepat.

Deskripsi
Bahan ajar ini membahas tentang mata pelajaran kearsipan dengan dengan ruang lingkup hakekat kearsipan, filling system atau sistem penyimpanan abjad, tanggal, masalah/subyek, wilayah, dan nomor, serta kearsipan dengan pembahasannya meliputi pengertian, bahan dan alat yang diperlukan, merancang pola klasifikasi, prosedur penyimpanan, penemuan kembali dan tes formatif, tugas serta evaluasi.

Hasil akhir yang diharapkan dari pembelajaran bahan ajar ini adalah peserta didik dapat mengelola dokumen dengan menggunakan sistem-sistem yang digunakan secara benar.

Prasyarat
Sebelum mempelajari bahan ajar ini peserta didik sudah menguasai mata pelajaran korespondensi.

Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar
Bacalah dan pahami isi bahan ajar ini untuk memudahkan dalam proses kegiatan belajar.

Bagi Fasilitator
  1. Pastikan bahwa peserta didik yang akan mempelajari bahan ajar ini telah mempelajari bahan ajar-bahan ajar prasyarat secara tuntas.
  2. Bantulah peserta didik dalam mempelajari bahan ajar ini agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
  3. Identifikasi dan analisislah sarana-prasarana kegiatan belajar yang ada di Sekolah serta dunia usaha dan industri untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.
  4. Berikan motivasi, bimbingan dan pendampingan agar peserta didik memiliki gairah belajarnya meningkat.

Bagi Peserta Didik
  1. Bacalah dengan cermat rumusan tujuan akhir dari kegiatan belajar ini. Tujuan tersebut memuat kinerja yang diharapkan, kriteria keberhasilan dan kondisi yang diberikan dalam rangka membentuk kompetensi kerja yang akan dicapai melalui bahan ajar ini.
  2. Bacalah dengan cermat dan pahami dengan baik daftar pertanyaan pada “cek kemampuan” sebagai pengukur kompetensi yang harus dikuasai dalam bahan ajar ini. Lakukan ini pada awal dan akhir Peserta didik mempelajari bahan ajar untuk mengetahui penguasaan kompetensi sebagai pencapaian hasil belajar Peserta didik.
  3. Diskusikan dengan sesama peserta didik apa yang telah peserta didik cermati untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang tujuan belajar dan kompetensi yang ingin dicapai dalam bahan ajar ini. Bila masih ragu maka bertanyalah pada fasilitator sampai Peserta didik paham.
  4. Bacalah dengan cermat peta kedudukan bahan ajar, prasyarat, dan pengertian istilah-istilah sulit dan penting dalam bahan ajar ini.
  5. Bacalah dengan cermat materi setiap kegiatan belajar, kerjakan tugas dan jawablah pertanyaan tes kemudian cocokkan jawaban peserta didik dengan kunci jawaban. Lakukan kegiatan ini sampai peserta didik tuntas menguasai hasil belajar yang diharapkan.
  6. Bila dalam proses memahami materi ini peserta didik mendapatkan kesulitan maka diskusikan dengan teman-teman peserta didik atau konsultasikan dengan fasilitator.
  7. Setelah Peserta didik menuntaskan semua kegiatan belajar dalam bahan ajar ini, pelajarilah bahan ajar selanjutnya sesuai dengan yang tertuang pada peta kedudukan bahan ajar untuk Keahlian Administrasi Perkantoran.
  8. Peserta didik tidak dibenarkan melanjutkan kepada kegiatan belajar berikutnya, bila belum menguasai benar materi pada kegiatan belajar sebelumnya.

Tujuan Akhir
Setelah mempelajari bahan ajar mata pelajaran kearsipan ini peserta didik dapat:
  1. Memahami pengertian arsip, dokumen, pustaka, warkat dan kliping
  2. Mengetahui pengertian filling
  3. Mendefinisikan filling system
  4. Menentukan bahan dan alat yang diperlukan untuk penyimpanan
  5. Membuat daftar klasifikasi penyimpanan arsip (dokumen dan surat) dengan sistem abjad, tanggal, masalah, wilayah, dan nomor;
  6. Membuat tab atau guide (penunjuk) penyimpanan arsip (dokumen dan surat) dengan 5 (lima) sistem;
  7. Menentukan kode penyimpanan arsip (dokumen dan surat) dengan 5 (lima) sistem;
  8. Mengindeks surat/berkas yang ada;
  9. Membuat kartu indeks dari surat/berkas yang ada;
  10. Memberi kode pada surat/berkas yang ada;

Kompetensi
Kompetensi mata pelajaran kearsipan pada bidang keahlian Administrasi Perkantoran kelas X semester I adalah : hakekat kearsipan, kearsipan, filling system atau sistem penyimpanan, kearsipan.

      Download Buku Kearsipan SMK MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013

      Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Kearsipan SMK MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

      Buku Kearsipan SMK MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013



      Download File:
      Buku SMK K13 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen - Kearsipan 1.pdf
      Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

      Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Kearsipan SMK MAK Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Semoga bisa bermanfaat.

      Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

      Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


      Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
      Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
      Next
      « Prev Post
      Previous
      Next Post »

      Formulir Kontak

      Nama

      Email *

      Pesan *