Buku SMK Alat Ukur dan Teknik Pengukuran

Diposting oleh Pada 8/08/2018 10:55:00 AM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku SMK Alat Ukur dan Teknik Pengukuran Jilid 1 2 3. Download file PDF.

Buku SMK Alat Ukur dan Teknik Pengukuran
Buku SMK Alat Ukur dan Teknik Pengukuran

Buku SMK Alat Ukur dan Teknik Pengukuran

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku SMK Alat Ukur dan Teknik Pengukuran:

Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Alat Ukur dan Teknik Pengukuran ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran SMK Alat Ukur dan Teknik Pengukuran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku ini disusun dari tingkat pemahaman dasar besaran listrik, jenis-jenis alat ukur sederhana hingga aplikasi lanjut yang merupakan gabungan antar disiplin ilmu. Untuk alat ukur yang wajib dan banyak digunakan oleh orang yang berkecimpung maupun yang mempunyai ketertarikan bidang elektronika di bahas secara detail, dari pengertian, cara kerja alat, langkah keamanan penggunaan, cara menggunakan, perawatan dan perbaikan sederhana. Sedangkan untuk aplikasi lanjut pembahasan dititik beratkan bagaimana memaknai hasil pengukuran.

Alat ukur listrik merupakan peralatan yang diperlukan oleh manusia. Karena besaran listrik seperti: tegangan, arus, daya, frekuensi dan sebagainya tidak dapat secara langsung ditanggapi oleh panca indera. Untuk mengukur besaran listrik tersebut, diperlukan alat pengubah. Atau besaran ditransformasikan ke dalam besaran mekanis yang berupa gerak dengan menggunakan alat ukur. Perlu disadari bahwa untuk dapat menggunakan berbagai macam alat ukur listrik perlu pemahanan pengetahuan yang memadai tentang konsep-konsep teoritisnya. Dalam mempelajari pengukuran dikenal beberapa istilah, antara lain:
  • Instrumen: adalah alat ukur untuk menentukan nilai atau besaran suatu kuantitas atau variabel.
  • Ketelitian: harga terdekat dengan instrumen mendekati harga sebenarnya yang diukur.
  • Ketepatan: suatu ukuran kemampuan untuk hasil pengukuran serupa.
  • Sensitivitas: perbandingan antara sinyal keluaran atau instrumen terhadap perubahan masukan atau yang diukur.
  • Resolusi: perubahan terkecil dalam nilai yang diukur yang mana instrumen akan memberi respon atau tanggapan.
  • Kesalahan: penyimpangan variabel yang diukur dari harga yang sebenarnya.
Alat ukur listrik dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
  1. Alat ukur standar/absolut: Alat ukur absolut maksudnya adalah alat ukur yang menunjukkan besaran dari komponen listrik yang diukur dengan batas-batas pada konstanta dan penyimpangan pada alat itu sendiri. Ini menunjukkan bahwa alat tersebut tidak perlu dikalibrasi atau dibandingkan dengan alat ukur lainnya lebih dahulu. Contoh dari alat ukur ini adalah galvanometer.
  2. Alat ukur sekunder: alat ukur sekunder maksudnya adalah semua alat ukur yang menunjukkan harga besaran listrik yang diukur dan dapat ditentukan hanya dari simpangan alat ukur tersebut. Sebelumnya alat ukur sudah dikalibrasi dengan membandingkan pada alat ukur standar/absolut. Contoh dari alat ukur ini adalah alat ukur listrik yang sering dipergunakan sehari-hari.

    Download Buku SMK Alat Ukur dan Teknik Pengukuran

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Usaha Jasa Pariwisata ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku SMK Alat Ukur dan Teknik Pengukuran



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *