Buku SMK Perundang-Undangan Kesehatan

Diposting oleh Pada 8/14/2018 11:37:00 AM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang-Undangan Kesehatan Jilid 1 dan 2. Download file format PDF.

Buku SMK Perundang-Undangan Kesehatan
Buku SMK Perundang-Undangan Kesehatan

Buku SMK K13 Perundang-Undangan Kesehatan

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang-Undangan Kesehatan:

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.
Buku teks ini disajikan sebagai buku pegangan siswa peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan lembaga diklat lainnya, yang membuka bidang keahlian Kefarmasian. Struktur dan isi dari buku ini dapat memberikan gambaran kepada pembaca tentang gambaran Kefarmasia baik di Indonesia, ASEAN maupun di tingkat dunia dengan pendekatan penyajian yang bersifat holistik.

Salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi adalah tersedianya bahan ajar yang memadai dalam bentuk buku teks atau modul yang relevan. Buku teks atau modul yang dirancang harus mengacu pada unit-unit kompetensi yang ada dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan dituangkan ke dalam struktur kurikulum 2013, yang mana pada kompetensi dasar (KD) nya mengandung keahlian-keahlian tertentu sesuai dengan Standard Kompetensi Lulusan (SKL). Pada buku teks ini dijelaskan pula tentang Dasar Program Keahlian (DPK) yang terdiri dari empat kompetensi, yang dikenal juga dengan sebutan “kompetensi inti”. Kompetensi ini harus dimiliki setiap orang yang bekerja pada bidang Farmasi. Dasar Program Keahlian (DPK) terdiri dari enam mata pelajaran yang tertuang dalam kurikulum.

Dalam Perundang-undangan Kesehatan selalu mengikuti Perundang- undangan terbaru, sehingga diharapkan para pengguna buku ini menyesuaikan dengan perkembangan Perundang-undangan yang selalu dinamis.

Pendahuluan
Kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam pembukaan UUD 1945. Pembangunan kesehatan diarahkan guna tercapainya kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.

Pembangunan kesehatan yang menyangkut upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, harus dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan serta dilaksanakan bersama oleh pemerintah dan masyarakat. Peran serta aktif masyarakat, termasuk swasta, harus sejalan dengan kebijakan pemerintah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, agar tidak terjadi benturan antar kepentingan atau penyimpangan yang menghambat jalannya pembangunan.

Dalam kaitan ini pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai kebijaksanaan pemerintah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku menjadi sangat penting dan perlu terus ditingkatkan. Upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tersebut dapat dilakukan antara lain dengan penyebarluasan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hukum Kesehatan
Hukum kesehatan adalah ketentuan-ketentuan hukum yang mengatur tentang hak dan kewajiban, baik dari tenaga kesehatan dalam melaksanakan upaya kesehatan maupun dari individu maupun masyarakat yang menerima upaya kesehatan tersebut dalam segala aspek.

Hukum kesehatan melingkupi ruang yang luas, meliputi:
a. Pendekatan upaya kesehatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.
b. Hukum administrasi / negara, hukum pidana dan hukum perdata.
c. Sumber hukum antara lain: hukum tertulis, hukum kebiasaan (konvensi), hukum jurisprudensi.

Muatan pada hukum kesehatan mengandung 4 obyek pengaturan, yaitu yang berkaitan dengan:
a. Upaya kesehatan.
b. Tenaga kesehatan.
c. Sarana kesehatan.
d. Komoditas kesehatan.

Deskripsi
Bahan ajar untuk mata pelajaran Perundang-undangan Kesehatan dalam lingkup Dasar Program Keahlian (DPK) akan dijelaskan lebih lanjut berkaitan dengan Hirarki Perundang-undangan RI dan bagan organisasi institusi Kesehatan, tenaga kesehatan, penggolongan obat, narkotika dan psikotropika, registrasi, bahan berbahaya dan zat warna tertentu yang dinyatakan sebagai bahan berbahaya, distribusi obat, pangan, Cara Pembuatan Obat yang Baik, Obat generik dan obat esensial.

Prasyarat
Bahan ajar /buku ini, diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin mendalami dan memahami tentang Perundang-undangan Kesehatan. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, Standar Kompetensi ini merupakan kompetensi yang banyak dibutuhkan pada bidang farmasi. Buku ini dapat dipelajarai oleh seseorang dengan latar belakang kesehatan. Unit kompetensi ini bisa dikaitkan dengan beberapa kompetensi lain dalam paket keahlian Pelayanan Farmasi, Teknik Pembuatan Sediaan Obat dan Administrasi Farmasi.

Sistem penilaian dapat dilaksanakan di ruang teori, atau dapat juga dilaksanakan di DUDI (Dunia Usaha, Dunia Industri) di tempat siswa Praktik Kerja Lapangan.

Petunjuk Penggunaan
Langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik sebelum, selama proses dan setelah selesai mempelajari buku ini adalah:
  1. Baca buku dengan seksama, yang dibagi dalam beberapa bagian meliputi penguasaan pengetahuan dan keterampilan maupun sikap yang mendasari penguasaan kompetensi ini sampai anda merasa yakin telah menguasai kemampuan dalam unit ini.
  2. Diskusikan dengan teman sejawat/instruktur/pelatih anda bagaimana cara anda untuk menguasai materi ini!
  3. Jika anda latihan di luar jam tatap muka atau di luar jam kerja (Jika anda sedang Praktik Kerja Lapangan) dapat menggunakan buku ini sebagai panduan belajar bersama dengan materi yang telah disampaikan di kelas.
  4. Ikuti semua instruksi yang terdapat dalam lembar informasi untuk melakukan aktivitas dan isilah lembar kerja yang telah disediakan dan lengkapi latihan pada setiap sesi/kegiatan belajar.
  5. Pelatih anda bisa saja seorang senior atau guru anda. Dia akan membantu dan menunjukkan kepada anda cara yang benar untuk melakukan sesuatu. Minta bantuannya bila anda memerlukannya.
  6. Pelatih anda akan memberitahukan hal-hal yang penting yang anda perlukan pada saat anda melengkapi lembar latihan,dan sangat penting untuk diperhatikan dan catat point-poinnya.
  7. Anda akan diberikan kesempatan untuk bertanya dan melakukan latihan. Pastikan anda latihan untuk ketrampilan baru ini sesering mungkin. Dengan jalan ini anda akan dapat meningkatkan kecepatan anda berpikir tingkat tinggi dan menambah rasa percaya diri anda.
  8. Bicarakan dan komunikasikan melalui presentasi pengalaman-pengalaman kerja yang sudah anda lakukan dan tanyakan langkah-langkah lebih lanjut.
  9. Kerjakan soal-soal latihan dan evaluasi mandiri pada setiap akhir sesi untuk mengecek pemahaman anda.
  10. Bila anda telah siap, tanyakan pada pelatih anda kapan anda bisa memperlihatkan kemampuan sesuai dengan buku pegangan siswa/ peserta.
  11. Bila anda sedang PKL tanyakan penilaian tertulis sebagai umpan balik atas kemajuan yang telah anda capai setelah melakukan beberapa latihan. Pelatih anda akan memberikan tanggapan berupa laporan berikut penjelasan-penjelasan. Bila anda telah berhasil melengkapi setiap kriteria kinerja, mintalah pelatih anda untuk memberikan penilaian dan anda telah siap untuk dinilai.
  12. Bila anda telah menyelesaikan buku ini dan merasa yakin telah memahami dan melakukan cukup latihan, pelatih/ guru anda akan mengatur pertemuan kapan anda dapat dinilai oleh penilai.

Dimana menemukan Sumber dan Informasi ?
Sumber Informasi dapat anda temukan pada:
  1. Jurnal dan Majalah Kefarmasian
  2. Website dan/Internet sites
  3. Buku-buku yang relevan
  4. CD ROMs (eg. Welcome to Hospitality)
  5. Personal experience
  6. People who are currently employed in the hospitality industry
  7. Kementerian Kesehatan
  8. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  9. Koran/Newspapers

Tujuan Akhir
Setelah anda menyelesaikan pembelajaran pada buku ini anda diharapkan mampu :
  1. Mengetahui tentang hirarki perundang-undangan
  2. Mengetahui tentang UU no.12 th 2011
  3. Mengetahui tentang peraturan perundang-undangan dan pengundangan
  4. Mendiskripsikan organisasi institusi kesehatan
  5. Mengetahui tentang ketentuan umum Undang-Undang RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan
  6. Mengetahui tentang tenaga kesehatan
  7. Mengetahui tentang PP No. 51/2009 tentang Pekerjaan Farmasi
  8. Mengetahui tentang Permenkes RI Nomor 889/Menkes/PER/V/2011
  9. Mengetahui tentang penggolongan obat
  10. Mengetahui tentang jenis-jenis penggolongan obat
  11. Mengetahui UU RI No.5 tahun 1997 tentang Psikotropika
  12. Mengetahui tentang UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika
  13. Mencontohkan jenis golongan obat
  14. Mengetahui tentang obat yang dapat diserahkan tanpa resep dokter serta contohnya
  15. Mengetahui tentang perubahan penggolongan obat serta contohnya
  16. Mengetahui tentang Perundang-undangan Narkotik dan Pisikotropik dalam penyalah gunaan penggunaan
  17. Menetapkan Perundang-undangan Narkotik dan Pisikotropik dalam penyalah gunaan penggunaan
  18. Mencontohkan jenis obat psikotropika dan narkotika
  19. Mengetahui tentang Kosmetika, Alat Kesehatan dan PKRT
  20. Mengetahui registrasi sediaan farmasi, alat kesehatan dan PKRT
  21. Mencontohkan jenis-jenis registrasi obat

    Download Buku SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang-Undangan Kesehatan Jilid 1 dan 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK K13 Perundang-Undangan Kesehatan ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku SMK K13 Perundang-Undangan Kesehatan



    Download File:

    Buku SMK K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang Undangan Kesehatan 1.pdf
    Buku SMK K13 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang Undangan Kesehatan 2.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kesehatan - Perundang-Undangan Kesehatan Jilid 1 dan 2. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *