Label Kategori

Buku SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu

Diposting oleh Pada 8/06/2018 01:47:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu Jilid 1 2. Download file PDF.

Buku SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu
Buku SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu

Buku SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu

Buku SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan kejuruan, diperlukan berbagai sarana penunjang diantaranya adanya buku penunjang untuk memperluas wawasan peserta didik. Sesuai dengan tujuan menengah kejuruan diantaranya diharapkan lulusannya mampu bekerja sesuai dengan bidangnya disamping juga dapat mengembangkan diri sesuai program keahlian. Dengan banyak membaca buku yang berkaitan dengan pendidikan kejuruan, siswa akan dapat lebih berpikir secara teoritis dan kritis yang pada gilirannya akan menjadi manusia yang cerdas, trampil dan adaptif.

Buku ini disusun sebagai acuan bagi para siswa-siswa SMK program keahlian kriya kayu , guru kriya kayu dan widyaiswara yang ingin memperdalam tentang kriya kayu, teknologi kriya kayu dan disain kriya kayu.

Materi yang terdapat dalam buku ini dipilih disesuaikan dengan setandar kompetensi Nasional dan kurikulum yang berlaku di SMK seni dan budaya. Apa yang tertulis dalam buku ini diambil dari berbagai sumber yang berkaitan dengan kriya khususnya kriya kayu yang banyak diterpakan di Industri pada saat ini.

Buku ini merupakan tulisan awal (2007), yang akan selalu dikembangkan, direvisi, dan disempurnakan agar mencapai tingkat kedalaman dan keluasan yang memadai sebagai sumber belajar. Walaupun belum sempurna, setidakanya buku ini dapat dijadikan salah satu sumber yang bermanfaat bagi yang memerlukannya.

Hal-hal yang akan disajikan dalam buku ini hal-hal yang berkaitan dengan keahlian kriya kayu baik dari kekriaan, teknologi alat, teknogi bahan dan teknologi pengerjaannya. Pada bagian pendahulun disajikan hal-hal yang khas yang merupakan ciri utama dari program keahlian kriya kayu berisi meliputi pengertian kriya yang mencakup konsep kriya dan potensi kriya di Indonesia, latar belakang sejarah kriya dan dinamika perkembangan kriya. Selanjutnya pada bab-bab berikutnya akan disajikan teknologi bahan dan alat dan berbagai teknik pengerjaan kriya kayu diantaranya teknik kerja bangku dan mesin, teknik kerja bubut, teknik kerja ukir, teknik kerja raut, teknik kerja sekroll, teknik kerja inlay, teknik kerja produk kreatif dilengkapi berberapa contoh produk dan disain pada setiap keteknikan serta berbagai teknik finishing kriya kayu. Pada bab selanjutnya akan disjikan desain produk kriya kayu dimana pada bagian ini pembaca akan diajak bagaimana cara mendisain dengan mengacu dengan proses disain yang diwali dengan wawasan konsep disain, berbagai contoh-contoh desain produk kriya kayu, penerapan ornamen (ukiran dan inlay) pada disain kriya kayu. Desain produk ini merupakan suatu hal yang amat penting dalam kriya kayu bahkan untuk tingkat lanjut dapat menjadi suatu profesi tersendiri yang sangat menjanjikan. Oleh karena itu siswa SMK kriya kayu amatlah penting untuk mengetahui lebih awal desain produk ini untuk bekal pengembangan diri lebih lanjut.

Agar para pembaca dapat lebih memhami secara praktis tentang kriya kayu, di dalamnya akan disajikan beberapa gambar-gambar yang cukup komunikatif dengan penjelasan-penjelasan yang cukup jelas.

Dengan demikian buku ini layak dibaca oleh siswa SMK kriya kayu dan guru kriya kayu sebagai referensi serta para pembaca yang berminat untuk mempelajarinya. Untuk merekalah buku ini dipersembahkan, dengan harapan dapat sedikit memberi jawaban tentang apa dan bagaimana kriya kayu serta apa istimewanya keahlian kriya kayu itu.

Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, aklak mulia, serta ketrampilan hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program kejuruannya. Agar nantinya dapat bekerja secara efektif dan efisien serta mengembangkan keahlian serta ketrampilannya, lulusan harus, menguasai bidang keahliannya dan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi, mampu berkomunikasi sesuai dengan tuntutan pekerjaanya, memiliki stamina yang prima, serta memiliki kemampuan mengembangkan diri.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Kriya Kayu sebagai salah satu program keahlian pada pendidikan kejuruan akan menyiapkan lulusannya sesuai tujuan diatas dengan menyiapkan sarana pendukung pembelajaran yang memadai salah satunya adalah buku pembelajaran yang disesusikan dengan standar Kompetensi Nasional (SKN) Program keahlian kriya Kayu.dan Kurikulum yang berlaku pada saat buku ini disusun.

Secara garis besar buku yang berjudul “KRIYA KAYU” ini terdiri dari enam bab, meliputi: Pengertiang kriya dan kriya kayu yang mencakup konsep kriya kayu, latar belakang kriya dan dinamika perkembangannya, bahan dan alat kerja serta teknologi kerja kriya kayu serta prosedur mendisain kriya kayu. Secara rinkas akan diuraiakn seperti berikut :

Bab I : Pendahuluan
Pada bab ini menbahas tentang pengertian kriya yang mencakup konsep kriya dan potensinya, sejarah kriya dan dinamika perkembangan kriya sejak masa pembangunan hingga sekarang.

Bab II Bahan-bahan untuk kriya kayu
Pada bagian ini akan disajikan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kriya kayu yang meliputi jenis, sifat, pengolahan dan mutu bahan.

Bab III Alat-alat untuk kriya kayu
Pada bab ini akan dijelaskan jenis, macam, karakteristik dan pengkondisian alat baik manual maupun masinal yang digunakan dalam mewujudkan produk kriya kayu.

Bab IV Teknologi kerja kriya kayu
Bagian ini menjelaskan tentang perlengkapan dan teknik kerja kriya kayu yang benar dalam mewujudkan produk dengan disertai latihan-latihan meliputi teknik kerja bangku/kerja mesin, teknik kerja kerja bubut, teknik kerja ukir, teknik kerja raut, teknik kerja sekroll, teknik kerrja inlay, teknik kerja kreatif baik secara tunggal maupun gabungan beberapa tekik kerja.

Bab V Finishing/ Reka oles 
Finishing / reka oles ini suatu proses yang akan sangat menentukan penampilan produk akhir maka dalam bab ini akan dijelaskan macam-macam dan teknik yang akan diterapkan dalam proses finishing produk kriya kayu.

Bab VI Disain Produk Kriya Kayu
Disain Produk dalam bab ini berisi tentang bagaimana prosedur mendisain kriya kayu dilakukan, cakupan dalam bahasan ini meliputi wawasan disain produk, gambaran berbagai jenis produk kriya kayu dengan contoh-contohnya, disain-disain yang marketable, prosedur mendisain dengan mengikuti aturan proses disain, penerapan ornament (ukir dan inlay) dalam kriya kayu.

Latar Belakang
Indonesia amatlah kaya akan seni dan budayanya , seni dan budaya ini belum dikembangkan secara maksimal bahkan hampir dilupakan dengan munculnya budaya-budaya import. Seni dan budaya Indonesia merupakan seni budaya -warisan nenek moyang yang didalamnya berisi tuntunan-tuntunan baik sebagai ciri bangsa yang perlu dilestarikan. Dengan ciri-ciri ini maka bangsa Indonesia dapat mudah dikenal diberbagai belahan negara di dunia karena mempunyai ciri yang khusus dan berbeda dengan bangsa lain.

Sumber daya alam yang melimpah di Indonesia yang sangat potensial untuk mengembangkan seni kriya dengan dukungan kekayaan seni dan budaya yang bervariasi akan memudahkan dalam mewujudkan kriya baru yang berakar budaya Indonesia. Dengan kekayaan dan kemudahan ini akan sangat memungkinkan munculnya kriawan-kriawan baru yang cukup handal apabila ditunjang dengan berbagi sarana dan prasarana yang memadai salah satunya buku referensi yang dapat diacu sebagai rujukan pengembangan produk kriya.

Memasuki era global, maka dituntut adanya sumberdaya manusia yang mampu bersaing arena global tersebut. Lulusan SMK Program keahlian kriya harus mampu bersaing dengan lulusan lain karena mempunyai peluang yang sangat lebar untuk memasuki pasar bebas tersebut dengan bermodalkan cirikhas seni dan budaya Indonesia dan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai . Untuk itu berbagai bentuk sarana dan pendukungnya perlu dikondisikan dan dipenuhi salah satunya adalah buku pedoman yang berbobot yang membahas seni kriya dan teknologi pengerjaan kriya sebagai tuntunan mencapai tujuan diatas.

Berangkat dari uraian diatas, maka buku ini disusun agar dapat menjadi pedoman pembelajaran di sekolah baik sebagai pegangan siswa maupun sebagai referensi guru.

Landasan Penulisan Buku
Landasan yang digunakan dalam penulisan buku “KRIYA KAYU” ini adalah Standar Kompetensi Nasional (SKN) dan kurikulum yang berlaku, pada saat ini kurikulum yang diberlakukan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang disusun sekolah diturunkan dari SKN.

Tujuan dan Sasaran
  1. Tujuan dari Penulisan Buku Kriya Kayu ini adalah agar siswa SMK Program keahlian kriya kayu dan masyarakat yang berminat dengan kriya kayu memahami dan mampu mewujukan produk kriya kayu dengan akar budaya Indonesia dan luar Indonesia dengan berbagai keteknikan baik tradisional dan modern.
  2. Sasaran yang diharapkan pada penulisan buku Kriya Kayu ini adalah tersebarnya wawasan kekrian terutama kriya kayu pada siswa SMK Program keahlian kriya kayu dan masyarakat lain sehingga akan menumbuhkan kecintaan pada seni kriya khususnya kriya Indonesia yang akhirnya akan menumbuhkan bangga akan budaya Indonesia dan buatan bangsa Indonesia.

Materi
Materi dalam buku kriya kayu ini meliputi konsep kriya yang perlu dipahami oleh semua pembaca sebagai landasan berpijak dan seluruh proses dalam mewujudkan produk kriya kayu serta langkah-langkah dalam mendisain kriya kayu. Adapun materi pokok dalam buku ini meliputi:
  1. Pendahuluan yang berisikan konsep kriya dan kriya kayu
  2. Bahan-bahan kriya kayu
  3. Alat-alat kriya kayu
  4. Teknologi kerja kriya kayu
  5. Desain kriya kayu

    Download Buku SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Seni dan Pariwisata Kriya Kayu. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *