Buku SMK Seni Musik Non Klasik

Diposting oleh Pada 8/07/2018 06:50:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku SMK Seni Musik Non Klasik Jilid 1 2 3. Download file PDF.

Buku SMK Seni Musik Non Klasik
Buku SMK Seni Musik Non Klasik

Buku SMK Seni Musik Non Klasik

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku SMK Seni Musik Non Klasik:

Buku SMK Seni Musik Non Klasik ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran SMK Seni Musik Non Klasik ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Dengan melalui proses perjalanan yang cukup panjang bidang keahlian seni musik non klasik lahir, berdampingan dengan bidang keahlian musik klasik dan musik tradisi daerah lain, yang keberadaannya sudah lebih lama. Sudah sering kita saksikan bagaimana seni musik non klasik menjadi faktor penggerak yang positif bagi upaya pengembangan pendidikan apresiasi bagi masyarakat. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang universal dengan teori-teori yang sudah ada sejak masa lalu. Di sisi lain peran musik non klasik secara ekonomi ikut menggerakkan roda perekonomian melalui industri-industri musik, seperti: pertunjukan musik, arranger, rekaman dan pemain-pemain musik.

Pertanyaan yang sering muncul di tengah-tengah kalangan pendidik dan siswa di pelosok tanah air adalah bagaimana dan dimana bisa memperoleh buku musik non klasik untuk membantu dalam proses belajar mengajar seni musik non klasik? Kurangnya referensi tersebut, berdampak pada pemberian materi-materi yang diajarkan di sekolah tidak ada standard yang jelas.

Di tengah kesulitan seperti itu, buku ini mencoba memberi solusi dalam upaya membantu para pendidik, siswa atau pencinta musik non klasik belajar secara terstandard. Bermain musik bukan berteori, buku ini tidak memberikan teori-teori yang banyak melainkan memberikan latihan- latihan secara aplikatif sehingga dengan bermain musik “kepekaan musikal” akan terlatih. Perlu kita renungkan bersama bahwa setiap pemusik harus mengenal dan mempraktekkan motto: “Membaca suara dan mendengar tulisan”.

Mudah-mudahan buku ini dapat bermanfaat dalam membantu para pendidik dan siswa dalam belajar musik. 

Pelaksanaan pembelajaran program keahlian seni musik non klasik sampai saat ini masih banyak menghadapi kendala. Kendala terbesar yang dihadapi adalah kurangnya referensi, baik untuk guru mau pun siswa. Program keahlian seni musik non klasik juga memiliki eksistensi yang sama dengan bidang-bidang keahlian yang lain yang terdapat pada kurikulum. Pembelajaran bidang keahlian seni musik non klasik, seperti juga pembelajaran bidang keahlian seni yang lain, bersifat praktik 
bukan bersifat teoritis. Artinya bahwa siswa diharapkan dapat menguasai keterampilan dalam membaca notasi, menulis notasi, menyanyi, membuat aransemen dan memainkan instrumen individu sesuai dengan pilihan siswa.

Di dalam buku ini memberikan acuan berupa materi-materi yang harus dikuasai oleh siswa dalam menghadapi tuntutan pekerjaan di lingkungan dunia entertainment musik. Proses pembelajaran bidang keahlian seni musik non klasik memerlukan waktu panjang, karena mencakup suatu pekerjaan yang sangat luas.

Dalam buku ini disajikan berbagai ruang lingkup keahlian meliputi vokal, gitar, bass gitar, saxophone, keyboard dan drums sebagai instrumen individu meliputi berbagai aliran gaya/style musik yang sangat luas, seperti pop, jazz, rock, dangdut dan jenis musik alternatif yang lain. Dengan keluasan materi tersebut, dalam buku ini perlu dibatasi dengan suatu pertimbangan bahwa akses yang paling besar adalah musik band dengan style musik populer. Jenis musik ini mendapat perhatian yang cukup besar dari masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut, peranan dunia industri, mas media/TV diharapkan turut membantu mempercepat apresiasi masyarakat terhadap dunia musik populer. Dengan demikian masyarakat diharapkan tidak hanya dapat berperan sebagai penikmat, namun dapat ditingkatkan menjadi pemain yang terlibat langsung di dalamnya.

Meningkatnya apresiasi musik non klasik dan apresiasii terhadap dunia entertainment akan membuka peluang baru tumbuhnya profesi di dunia entertainment (musik populer). Kesempatan itu telah banyak dimanfaatkan oleh dunia industri, baik yang berhubungan dengan dunia 
pengelolaan pertunjukan maupun industri lainnya. Kesempatan-kesempatan tersebut pasti akan membawa manfaat: Pertama, meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni musik non klasik (populer); Kedua, adanya kompetisi diantara kelompok-kelompok musik, yang pada akhirnya mempengaruhi sikap profesionalisme yang berdaya saing dalam bidangnya; Ketiga, berkaitan dengan dunia bisnis pertunjukan, industri rekaman yang berujung adanya pergerakan ekonomi. 

Proses pembelajaran yang sistematis merupakan langkah yang harus dilakukan dengan kajian-kajian dan latihan-latihan materi. Sehingga produk pembelajaran dapat dijadikan tolok ukur untuk pencapaian kompetensi dalam bermain musik sesuai dengan kebutuhan industri seni musik non klasik (populer).

Musik klasik dan non klasik merupakan istilah yang sering dipergunakan dalam kehidupan musik sehari-hari, namun pengertiannya belum jelas.

Pada awalnya tidak ada istilah musik klasik atau gaya klasik. Menurut Ensiklopedi Indonesia dijelaskan bahwa klasik berarti suatu karya jaman lampau yang mempunyai nilai tinggi serta ilmiah dan mempunyai kadar keindahan yang tidak akan luntur sepanjang masa. Pada dunia musik, terminologi klasik sering dikaitkan dengan tradisi musik di dunia Barat dengan penggunaan instrumen yang mengacu pada tradisi Barat. Dalam sejarah musik, kata klasik mengacu pada sebuah periode tertentu yang ditandai oleh wafatnya Johan Sebastian Bach (1750) dan berakhirnya jaman Barok.

    Download Buku SMK Seni Musik Non Klasik

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Seni Musik Non Klasik ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku SMK Seni Musik Non Klasik



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Seni Musik Non Klasik. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *