Label Kategori

Buku SMK Sistem Refrigerasi dan Tata Udara

Diposting oleh Pada 8/08/2018 01:56:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Sistem Refrigerasi dan Tata Udara Jilid 1 2. Download file PDF.

Buku SMK Sistem Refrigerasi dan Tata Udara
Buku SMK Sistem Refrigerasi dan Tata Udara

Buku SMK Sistem Refrigerasi dan Tata Udara

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku SMK Sistem Refrigerasi dan Tata Udara:

Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Sistem Refrigerasi dan Tata Udara ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran SMK Sistem Refrigerasi dan Tata Udara ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku ini disusun dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan buku-buku teknik yang komprehensif, berorientasi pada masalah praktis, di bidang Teknik Refrijerasi dan Tata Udara pada level Teknisi atau level SMK. Walaupun begitu, buku ini dapat digunakan pula oleh kalangan lain yang berminat pada dunia refrijerasi dan tata udara.

Setiap topik bahasan didahului dengan pembahasan secara konseptual untuk meletakkan dasar yang kuat dari segi keilmuannya kemudian dilanjutkan ke segi praktisnya. Untuk memperdalam pokok permasalahan, adakalanya bahan kajian diberikan melalui contoh-contoh permasalahan yang aplikatif disertai dengan solusinya. Penggunaan hitungan matematis yang terlalu rumit dihindari, tetapi lebih menekankan pada penggunaan Tabel, grafik dan chart.

Pada keseluruhan pembahasan, diarahkan pada siklus refrijerasi kompresi uap, dan permasalahan yang dapat timbul pada setiap bagiannya. Setiap bagian dibahas secara komprehensif termasuk hubungannya dengan bagian lain yang ada pada sistem refrijerasi kompresi uap.

Buku ini dimaksudkan untuk membuka wawasan siswa SMK yang akan menggeluti dunia refrijerasi dan tata udara. Untuk maksud itu, Buku ini membahas berbagai aspek yang ada di dunia refrijerasi dan Tata Udara (refrigeration & Air Conditioning), meliputi gejala fisik dan termodinamika, pentingnya refrijerasi dan tata udara, tantangan yang dihadapi dalam berbagai level pekerjaan, dan lingkup dunia industri refrijerasi dan tata udara.

Tidak dapat dibayangkan, bagaimana dalam fase kehidupan modern seperti saat ini, tanpa ada keterlibatan sistem Refrijerasi dan Tata Udara. Urusan bisnis dan urusan komersial lainnya, proses manufaktur di industri, penyimpanan dan pengawetan makanan, transportasi dan pengapalan serta urusan rumah tangga, mempunyai ketergantungan yang sangat tinggi terhadap kegiatan pengkondisian suhu dan kelembaban udara di dalam ruang.

Industri refijerasi dan Tata Udara telah membantu dan membuka peluang terhadap segala keperluan perilaku kehidupan modern. Pada bidang refrijerasi, penanganan kegiatan pasca panen mengharuskan buah-buahan dan sayuran segera didinginkan agar kondisinya tetap segar dan kualitasnya tetap prima. Kemudian pada kegiatan penyimpanan produk di gudang pendingin (cold storage) dan pemasaran produk dalam skala besar di supermarket, seperti pendinginan dan pembekuan daging, pendinginan minuman memerlukan sentuhan sistem refrjerasi dan Tata Udara. Sistem Tata Udara telah meningkatkan efisiensi dan produktifitas dunia usaha dan industri ketika kenyamanan kerja, melalui pengkondisian suhu dan kelambaban udara ruang mulai dipertimbangkan. Banyak pabrik dan industri besar memanfaatkan Sistem Tata Udara untuk membantu proses produksi mereka.

Perencanaan atau desain peralatan, manufaktur atau pembuatan peralatan, penjualan, pemasangan dan pemeliharaan peralatan refrijerasi dan tata udara menyediakan banyak pekerjaan dan sekaligus tantangan. Tidak dapat dipungkiri, karena begitu banyaknya pengguna peralatan refrijerasi dan tata udara, maka menuntut siapa saja yang akan berkecimpung di dalam industri ini harus memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang dasar pengkondisian udara serta proses refrijerasi.

Industri Refrijerasi dan Tata Udara pada umumnya dapat dibagi menjadi tiga kelompok industri, yaitu:
  1. Domestik
  2. Komersial
  3. Industrial

Kelompok domestic diarahkan untuk memenuhi keperluan rumah tangga. Peralatan domestik yang banyak beredar di pasaran antara lain home refrigerator, freezer dan air conditioner, tipe window dan tipe split. Pada aplikasi komersial, peralatannya mencakup peralatan komersial yang lazim digunakan di supermarket, misalnya reach-in freezer, service case, dan produce sale case, water cooler, beverage cooler dan truck refrigeration system. Pada aplikasi industri, peralatannya meliputi central air conditioner, packing plant, cold storage dan pabrik es.

Industri Refrijerasi dan Tata Udara memerlukan dan membuka banyak peluang pekerjaan di berbagai jenjang dan level jabatan yaitu:
  1. Level Pelaksana, tingkat Muda, Madya dan Utama.
  2. Level Teknisi tingkat Muda, Madya dan Utama.
  3. Level Ahli dan Spesialis tingkat Muda, Madya dan Utama. 
Lulusan SMK dapat mengisi pekerjaan pada level Pelaksana Utama dan Teknisi Muda, dalam hal pemasangan dan pemeliharaan peralatan refrijerasi dan tata udara untuk keperluan rumah tangga (domestik) dan komersial.

Buku Refrijerasi dan Tata Udara ini diharapkan dapat dijadikan sebagai buku teks dasar bagi para teknisi dan praktisi di dunia refrijerasi dan pengkondisian udara. Sebagai buku teks dasar bagi para teknisi lapangan pada level SMK, maka penyajian buku ini dibuat sederhana dimulai dengan gejala fisik dan hukum-hukum fisik yang berkaitan kemudian dilanjutkan dengan pembahasan praktis yang terjadi di lapangan pekerjaan.

Buku ini dibagi menjadi lima belas bagian, yang disajikan secara berurutan, dimulai dari yang mudah menuju ke yang lebih komplek. Karena refrijerasi berkaitan denga perpindahan energi panas maka masalah yang sangat krusial ini disajikan pada bagian pertama buku ini dengan harapan siswa akan mendapat pengetahuan dasar yang kuat tentang energi panas. Pada bagian selanjutnya disajikan masalah sifat-sifat udara dan berbagai proses pengkondisiannya.

Berikutnya disajikan aplikasi berbagai sistem refrijerasi dan permasalahannya. Yang pertama adalah masalah komponen yang digunakan dan pengaturannya, serta masalah pemeliharannya.

Yang terakhir disajikan masalah pemipaan refrijerasi dan motor listrik yang digunakan sebagai penggerak kompresor.

    Download Buku SMK Sistem Refrigerasi dan Tata Udara

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Sistem Refrigerasi dan Tata Udara ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku SMK Sistem Refrigerasi dan Tata Udara



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Sistem Refrigerasi dan Tata Udara. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *