Buku SMK Teknik Alat Berat

Diposting oleh Pada 8/08/2018 02:50:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknik Alat Berat Jilid 1 2 3. Download file PDF.

Buku SMK Teknik Alat Berat
Buku SMK Teknik Alat Berat

Buku SMK Teknik Alat Berat

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku SMK Teknik Alat Berat:

Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknik Alat Berat ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran SMK Teknik Alat Berat ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku Teks TEKNIK ALAT BERAT untuk SMK ini menguraikan konsep-konsep alat berat secara akurat dan informatif dengan bahasa yang mudah dipahami. Materi yang disajikan dalam buku ini disesuaikan dengan pola berpikir siswa dan berkaitan erat dengan dunia nyata yang dihadapi siswa. Urutan materi juga disesuaikan dengan pengetahuan dan kompetensi yang harus dikuasai yang sudah dirumuskan dalam Standar Kompetensi Nasional Bidang Keahlian Alat Berat dengan urutan pembahasan topik yang dibuat selogis mungkin dengan tahapan kemampuan kompetensi yang harus dikuasai.

Buku ini juga memberi pengetahuan yang luas sebagaimana tuntutan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), dimana KTSP membawa nuansa baru yang lebih kreatif karena guru diberi kebebasan untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kondisi lingkungan. Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi terciptanya pembelajaran yang menarik disamping memberi informasi materi yang lengkap tentang alat berat.

Kelebihan yang ditawarkan dari buku ini adalah sistematika penyampaian materinya yang runtut, pembahasan yang tajam dan mendalam dengan bahasa teknik yang tegas dan lugas, juga sarat dengan gambar- gambar penjelas tersaji dengan apik dalam buku ini. Namun buku baru merupakan buku rujukan umum, akan dilengkapi buku-buku yang secara teknis merupakan semacam buku pedoman perbaikan dan perawatan berbagai alat berat. 

Pemanfaatan energi hidrolik (hydraulic power) atau energi fluida bertekanan (fluid power) menyusul energi-energi yang lebih dulu ada seperti energi mekanik, energi listrik, energi elektronik, energi udara bertekanan atau pneumatik, energi kimia/fisika, energi automotive serta energi konvensional lainnya seperti air, angin, uap, surya tak pelak lagi menyebabkan makin luasnya penggunaan berbagai energi untuk kemudahan manusia. Pemunculan energi baru itu akan memunculkan pula teknologi. Teknologi yang tercipta itu akan memunculkan teknologi yang lebih baru. Dengan demikian perkembangannya menjadi sangat cepat. Termasuk teknologi baru itu adalah penggunaan kombinasi dari berbagai jenis energi itu seperti : hidromekanik (energi hidrolik dengan mekanik), mekatronik (energi mekanik dengan elektronik), elektropneumatik (energi elektrik dengan pneumatik), elektrohidrolik (energi elektrik dengan hidrolik), autotronik (energi automotive dengan elektronik), autoelektronik (energi automotive dengan elektronik, autohidrolik (energi automotive dengan hidrolik) dan sebagainya.


Kita ketahui bersama, diantara banyak cabang-cabang ilmu dan teknologi bidang perpindahan energi yang sudah berkembang, hidrolik merupakan salah satu energi yang mempunyai perkembangan pesat. Sistem hidrolik dapat dikategorikan suatu energi yang kuno namun juga moderen. Pemakaian sudu-sudu air mengawali sejarah hidrolik. Selanjutnya penggunaan energi fluida bertekanan untuk menggerakkan dan mengontrol gerakan-gerakan rumit dan kompleks dalam tiga atau empat dekade ini terbukti paling pesat dan maju perkembangannya.

Perkembangan teknologi hidrolik yang sangat pesat merambah di berbagai sektor. Tidak ketinggalan pemanfaatan energi hidrolik dalam bidang teknik mesin maupun teknik otomotif. Dalam bidang teknik mesin, penggunaan sistem hidrolik sudah memasuki berbagai peralatan misalnya mesin pres hidrolik, mesin milling hidrolik, elevating platform (meja pengangkat), rocking lever (tuas pengayun), meja pengangkat untuk mengisi dan mengeluarkan, alat-alat pengangkut dan penyortir, gerakan pada jalur pendingin dan sebagainya pada industri baja merupakan sedikit contoh aplikasi sistem hidrolik. Selain itu masih pada industri baja, jalur ”pemotong besi strip” yang serba otomatik juga menggunakan sistem hidrolik. Pada mesin perkakas, sistem hidrolik sangat luas digunakan. Ciri yang menonjol dari sistem hidrolik pada saat ini adalah kepresisian dan energinya yang sangat besar. Bahkan pada peralatan produksi yang digunakan secara luas, hasil optimum dapat dicapai pada tingkat yang mengagumkan dengan sistem yang telah teruji.

Jika kita menggunakan telepon, memegang botol larutan pencuci atau jika kita melihat anak bermain dengan mainan plastik, kita jarang ingat pada permesinan yang memproduksi peralatan rumah tangga itu. Ada beribu-ribu mesin untuk pemrosesan bahan plastik, dan mesin-mesin tersebut dilengkapi dengan sistem-sistem perpindahan energi secara hidrolik untuk gerakan plat, untuk pemegang perkakas kerja, dan untuk penyetelan gaya dan kecepatan penutup. Pada alat-alat pengangkat di pelabuhan atau di pabrik-pabrik, perangkat hidrolik melakukan gerakan menyisir dan pengangkatan roda gigi atau pada mekanisme-mekanisme perputaran peralatan tersebut. Perangkat hidrolik tidak hanya digunakan pada peralatan seperti diatas, namun juga pada peralatan bongkar muat bagasi di airport.

Perlengkapan hidrolik yang spesifik membuat mesin-mesin ini menjadi menonjol dalam jenis pengendalian serta sederhana dan ekonomis. Bahkan dalam operasi yang kompleks, kita dapat meng- gabungkannya dengan sistem energi lain dengan mudah. Dengan kemampuannya untuk dapat diintegrasikan dengan berbagai kelompok pengendali energi lain menjadi modul-modul yang standar pada suatu mesin, maka hal ini merupakan Iangkah besar ke arah perkembangan Iebih lanjut pada mesin perkakas pemotong logam di masa mendatang. Sebuah penggambar hidro-mekanik (hydro-mechanical tracing) merupakan contoh perangkat hidrolik presisi pada suatu mesin bubut. Penerapan hidrolik pada mesin-mesin pres sangat luas diterapkan saat ini. Faktor keamanan untuk manusia dan mesin selalu terjamin, juga penggunaan yang sangat bertenaga (powerful) dan kapasitas produksi yang sangat memuaskan. Saat ini juga telah tersedia mesin pengepres untuk mengubah logam mobil bekas menjadi kumpulan logam yang Iebih kompak. Proses ini dikerjakan secara hidrolik dan melalui 3 tahap : (1) pembebanan dan pemotongan. (2) tekanan vertikal, (3) pengepresan horizontal dan pelontaran kumpulan logam ke conveyor.

Di bidang teknik otomotif, penggunaan energi hidrolik sudah cukup lama. Sejak 1920 penggunaan hidrolik telah banyak digunakan antara lain pada rem mobil (hydraulic brakes), transmisi otomatik (automatic transmission), sistem pengemudian dengan bantuan hidrolik (power steering), pengaturan tempat duduk (power seats), energi untuk pembuka/penutup kaca (power windows), dan pembuka/penutup atap mobil (automatic convertible tops). Sekarang penggunaan energi fluida ini sangat luas dan umum kita jumpai pada alat/kendaraan berat seperti pada forklift, hydraulic crawler cranes, bulldozer, motor grader, shovel, crushers, loader, excavator/backhoe (bego, bigo, begu-Jw), dump truck, compactor, dan lain-lain dalam pekerjaan properti atau teknik sipil.

Suatu program rasionalisasi bagi penghematan ongkos dengan menggunakan perangkat hidrolik telah membawa banyak perubahan penting dan beberapa penyempurnaan di bidang desain dan pengepasan kapal baik diatas maupun di bawah dek. Dengan pengemudian dan tolakan buritan yang dapat diatur secara hidrolik dapat menjamin manuver kapal-kapal samudra berukuran raksasa di pelabuhan. Pengosongan muatan pada kapal tangker dikendalikan pula secara hidrolik melalui saluran pipa yang rumit pada kapal-kapal tersebut. Contoh lain adalah pengoperasian jaring-jaring pada kapal nelayan. Pekerjaan berat ini dapat dipermudah dan dilakukan dengan singkat jika digunakan derek-derek hidrolik.

Pada bidang lain misalnya sistem perlindungan pantai dan kanal yang sangat penting dan menyangkut pekerjaan besar, dapat dilakukan secara ekonomis dengan pengendalian hidrolik dan sistem pengaturannya. Guna melawan gaya-gaya alam yang sangat kuat, dibutuhkan silinder hidrolik besar yang dapat bergerak dan bertindak sebagai pelindung terhadap bahaya banjir pasang, sehingga penduduk sekitar daerah itu dapat hidup dengan aman. Dengan menggunakan perangkat hidrolik kanal-kanal di Eropa mampu meningkatkan daya angkut barang dengan memasang perangkat hidrolik pada gerbang kunci (lock gate) yang berderet, sehingga pengangkutan barang menjadi cepat dan aman, baik ke hulu maupun ke hilir.

Contoh yang mengagumkan dari kanal dengan permukaan yang dapat naik turun (shift lifting channel) telah diterapkan di terusan Elbe (Swedia), beda tinggi yang dapat dicapai adalah 36 meter. Dalam kanal ini perangkat hidrolik dipergunakan untuk mengoperasikan berbagai dinding penutup, plat pengangkat dan penyangga. Sistem yang sama, digunakan pada sistem buka dan tutup jembatan gantung dan gerbang kunci (lock gate) di berbagai kota di dunia.

Peralatan hidrolik digunakan pada alat-alat pengangkat dan pengangkut pada mesin yang beroperasi di pertambangan, juga bor minyak pada anjungan-anjungan yang beroperasi di Laut Utara. Traktor dan mesin-mesin pertanian yang dihubungkan dengan perangkat hidrolik, memainkan peranan penting dalam industri pertanian. Sistem pengendalian yang rumit dari antena satelait bumi (missal satelit Palapa), yang dapat mengirim sinyal antar benua dan memerlukan tingkat kepresisisian yang tinggi saat digerakkan, diatur dan dikendalikan dengan hidrolik yang terjamin akan keamanaan dan fungsinya. Uraian diatas menunjukkan aplikasi sistem hidrolik digunakan sangat luas. 

Tidak ketinggalan pada aplikasi sistem hidrolik yang digunakan pada kendaraan alat berat (heavy machinery). Alat berat merupakan kombinasi pemanfaatan energi otomotif (penggerak mula berupa motor penggerak mula bensin maupun diesel) dengan energi hidrolik. Aplikasi hubungan antara sumber penggerak (mesin bensin/diesel) dan tenaga hidrolik yang dikeluarkan yang harus sedekat mungkin dan mempunyai kerugian yang minimum dengan mobilitas yang tinggi, menjadikan kendaraan alat berat merupakan jawaban akan kebutuhan peralatan yang mampu bekerja dengan tenaga yang besar dan mobilitas tinggi.

Pada mesin/alat berat konstruksi mutakhir, perpindahan energi hidrolik berhasil memecahkan persoalan mekanik tersebut dengan cara yang lebih sederhana dan efektif. Karena pemindahan energi fluida dapat dilakukan dengan selang fleksibel ke aktuator guna menggerakkan bagian-bagiannya. Kita dapat menemukan sistem aliran tenaga langsung pada excavator (mesin penggali tanah). Perangkat hidrolik mempunyai banyak keunggulan pada variasi yang tidak terbatas dari traksi dan kecepatan, yang dapat diterapkan pada transmisi hidrolik mesin konstruksi. Macam mesin dan variasi kegunaan saat ini sangat luar biasa banyaknya.

Pertanyaan yang sering kita jumpai “Apakah hidrolik itu ?”, “Apakah alat berat itu ?”, “Bagaimana aplikasi hidrolik pada kendaraan alat berat ?”, “Bagaimana sistem dan konstruksi alat berat, sehingga demikian besar energi yang dapat dihasilkan?” Semua pertanyaan ini akan terjawab dengan membaca buku ini. Buku Teknik Alat Berat ini ditulis berdasarkan kebutuhan akan pengetahuan teori dasar, dasar kejuruan dari hidrolik dan alat berat serta kompetensi praktik dasar tentang komponen, sistem kerja, pengoperasian, perawatan pada alat berat yang pada mulanya disesuaikan dengan kompetensi yang harus dikuasai para lulusan program keahlian mekanik alat berat di SMK. Namun tidak tertutup kemungkinan dapat dijadikan sebagai referensi bagi berbagai kalangan seperti mahasiswa, guru, teknisi, instruktur, operator, para praktisi lain yang berkecimpung dalam bidang teknik alat berat. Ditulis dalam bahasa teknis yang mudah dipahami dari A-Z tentang alat berat dengan dilengkapi gambar-gambar sebagai pelengkap uraian yang cukup panjang.

Buku teks SMK tentang Teknik Alat Berat ini disusun dengan mempertimbangkan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh lulusan SMK program keahlian mekanik alat berat baik secara teoritis maupun praktis. Untuk memenuhi keluasan yang demikian maka isi dalam seluruh buku dalam 9 bab ini mempertimbangkan pengetahuan teori yang mendasari teknik alat berat antara lain dimulai dari fisika (besaran, satuan, konversi, ketelitian, pengukuran, alat ukur dan lain-lain), mekanika fluida (tekanan, hidrostatika, hidrodinamika, karakter fluida, fluida hidrolik, sistem hidrolik, dasar-dasar hidrolik dan lain-lain) sampai pengetahuan dan ketrampilan teknis alat berat (engine, penyuplai energi, katup kontrol, aktuator & akumulator, semua sistem yang ada di alat berat, semua jenis alat berat, pengoperasian alat berat, perawatan sistem maupun jenis alat berat, pelepasan & pemasangan dan lain-lain).

Karena ini adalah buku teks pengantar dengan keluasan yang besar, kami telah merancang penyajian bahan untuk memungkinkan perkembangan secara bertahap akan pemahaman siswa dalam pengetahuan dan ketrampilan teknik alat berat. Setiap konsep penting ditinjau dalam cara yang sederhana dan mudah dimengerti sebelum hal rumit di bahas. Di keseluruhan buku teks ini secara konstan digunakan satu sistem satuan yaitu Sistem Internasional. Kami yakin bahwa siswa perlu mengetahui dan terbiasa dengan satuan tersebut.

Dalam tiga bab pertama, siswa diperkenalkan pada pengetahuan yang mendasari teknik alat berat, yakni perpektif aplikasi hidrolik pada alat berat, pengukuran dalam gejala fisika, dan prinsip-prinsip dasar hidrolik yang meliputi mekanika fluida dan sistem hidrolik. Bab 1 Pendahuluan memberikan perspektif kepada siswa tentang aplikasi hidrolik pada alat berat yang diuraikan dengan pengertian hidrolik, alat berat, dan gambaran buku yang dibahas dalam bab per bab. Bab 2 Pengukuran memberi pengetahuan pada siswa tentang pengertian pengukuran gejala fisika, besaran dan satuan (pokok dan turunan), ketelitian, standar alat ukur dan karakteristik umum fluida. Bab 3 Prinsip-prinsip dasar hidrolik membahas perbandingan sistem hidrolik dengan sistem energi yang lain, prinsip sistem hidrolik, skema dan sistem hidrolik, keuntungan dan kelemahan sistem hidrolik, tekanan hidrolis, hidrostatika, hidrodinamika, fluida hidrolik, sistem hidrolik, perancangan diagram sirkuit, diagram sirkuit penyuplai tenaga, seleksi komponen alat berat, sistem distribusi pada alat berat, sistem reservoir, panas dalam perpindahan fluida, dan medium transmisi dalam hidrolik.

Lima bab berikutnya dari bab 4 sampai akhir buku (bab 9) isi buku menyangkut pengetahuan teori dan teknis ketrampilan praktis yang harus di capai dan dikuasai oleh siswa. Bab 4 Komponen Alat Berat sudah membicarakan engine/penggerak mula, penyuplai energi hidrolik, katup- katup kontrol, aktuator dan akumulator, sistem pemindah tenaga hidrolik, sistem kemudi, rem dan roda gigi tirus, frame/kerangka alat berat, drive line, roda dan ban, serta under carriage. Bab 5 membicarakan lebih lanjut sistem dan konstruksi alat berat meliputi gambaran umum alat berat, struktur dan fungsi, gambaran cara kerja alat berat dan komponennya pada Gantry Crane, Hydraulic Crawler Crane, Hydraulic Excavator type Backhoe, Hydraulic Excavator type Shovel, Motor Grader, Bulldozer, Bulldozer Logging, Forklift, Dumptruck, Articulated Dumptruck, Truk jenis Rigid, Truk jenis semi trailer, Truk jenis Full Trailer, Wheel Loader, Compactor, dan Genset.

Bab 6 membicarakan sistem kelistrikan pada Alat Berat meliputi dasar-dasar kelistrikan, komponen dasar dan sistem kelistrikan pada alat berat, standar perawatan kelistrikan.

Bab 7 membicarakan pengoperasian Alat Berat yang aman meliputi bagaimana : bekerja dengan aman, komunikasi di tempat kerja, perencanaan dan pengorganisasian kerja, pengontrolan bahaya/resiko di tempat kerja, pertolongan pertama pada kecelakaan, serta keselamatan dan kesehatan kerja.

Bab 8 menguraikan Perawatan dan Perbaikan alat berat yang ruang lingkupnya meliputi : Dasar-dasar perawatan dan perbaikan, Perawatan harian (10 jam), mingguan (50 jam), bulanan (250 jam). Juga antara lain dibahas Penggunaan Hand Tools, Penggunaan Power Tools, Penggunaan Measuring Tools, Penggunaan Special Tools, Penggunaan Diagnostic Tools, Penggunaan Workshop Equipment, Penggunaan Jacking & Blocking, Penggunaan Seal & Bearing.

Bab 9 berisi uraian Pelepasan & Pemasangan Komponen Alat Berat : Komponen Alat Berat, Engine , Powertrain, Undercarriage, Sistem Kelistrikan.

    Download Buku SMK Teknik Alat Berat

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Teknik Alat Berat ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku SMK Teknik Alat Berat



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknik Alat Berat. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *