Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018

Diposting oleh Pada 10/12/2018 10:04:00 AM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018 dan informasi lainnya terkait dengan Penanggulangan Bencana Alam di Indonesia dari BNPB. Download file PDF.

Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018
Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018

Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018:

Indonesia merupakan wilayah yang rawan bencana. Hal tersebut dilatarbelakangi suatu realitas bahwa Indonesia dikelilingi tiga lempeng tektonik aktif, deretan gunungapi aktif bagian dari ring of fire dan letak geografis yang dilewati garis khatulistiwa.

Di samping itu kondisi hidrologi juga sangat berpengaruh terhadap fenomena alam yang dapat berujung bencana seperti angin puting beliung, banjir, banjir bandang dan longsor. Menghadapi bencana dibutuhkan sikap, pemikiran dan perilaku tangguh sehingga dibutuhkan sebuah proses internalisasi antara pengetahuan dan pengalaman sehingga diharapkan timbul kesadaran tidak hanya pada sikap tetapi juga pemikiran dan perilaku. Kesiapsiagaan menjadi elemen penting sebagai bentuk tangguh menghadapi potensi bencana.
Dalam kerangka membangun kesiapsiagaan, pengetahuan menjadi bahan dalam mengetahui dan memahami konteks penanggulangan bencana. Salah satunya dengan pengetahuan mengenai langkah-langkah yang dilakukan individu dalam menyikapi situasi yang dapat mengarah terjadinya bencana.

Hal ini mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menyusun sebuah buku saku yang khusus membahas langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyikapi potensi atau bencana yang terjadi.

Melalui buku saku ini, diharapkan para pembaca memperoleh pengetahuan untuk kesiapsiagaan. Buku saku ini tidak menjamin keselamatan Anda namun memberikan pedoman secara umum untuk kesiapsiagaan.Latihan merupakan upaya nyata untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.INGAT JANGAN PANIK, jika bencana terjadi di sekitar Anda!

Ancaman Bencana di Indonesia

Karakteristik dan Ancaman Bencana Geologi dan Hidrometeorologi Indonesia
Geologi
Kenali wilayah Indonesia yang terletak di antara 3 lempeng tektonik (Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, Lempeng Hindia - Australia). Kondisi ini menyebabkan Indonesia rentan terhadap gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, dan jenis-jenis bencana geologi lain.

Ancaman bahaya gempa bumi tersebar di hampir seluruh wilayah Kepulauan Indonesia, baik dalam skala kecil hingga skala besar yang merusak.

Hanya di Pulau Kalimantan bagian barat, tengah dan selatan sumber gempa bumi tidak ditemukan, walaupun masih ada guncangan yang berasal dari sumber gempa bumi yang berada di wilayah Laut Jawa dan Selat Makassar.

Wilayah yang rawan bencana gempa bumi di Indonesia tersebar mulai dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, Maluku Utara dan wilayah Papua.

Hidrometeorologi
Indonesia juga terletak di garis khatulistiwa sehingga wilayahnya beriklim tropis. Akibat posisi geografis ini, Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Pada saat musim penghujan apabila curah hujan tinggi, kondisi ini memicu terjadinya puting beliung, banjir dan tanah longsor. Sedangkan pada musim kemarau, dan curah hujan rendah terjadi bencana kekeringan, kebakaran hutan dan lahan. Sementara pada musim peralihan, fenomena alam puting beliung menjadi ancaman bencana.

Kenali beberapa wilayah Indonesia dengan curah hujan tinggi. Di Indonesia terdapat 3 pola curah hujan, yaitu pola hujan monsun, ekuatorial dan lokal dengan periode hujan yang berbeda-beda.

Perhatikan pergeseran awal musim penghujan dari Barat ke Timur, karena bencana hidrometeorologi terjadi pada saat itu.

Penanggulangan Bencana di Indonesia
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana menyebutkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadi penanggung jawab penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadi penanggung jawab penyelenggaraan penanggulangan bencana di tingkat nasional dengan didukung kementerian/Lembaga terkait, seperti seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, TNI, Polri, Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dan kementerian/lembaga terkait lain.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi, kabupaten dan kota merupakan penanggung jawab penyelenggaraan penanggulangan bencana di tingkat daerah dengan didukung Organisasi Perangkat Daerah (OPd) terkait.

Dalam masa tanggap darurat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat akan membentuk Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat, yang bertugas untuk melakukan upaya penanganan darurat (Peraturan Kepala BNPB Nomor 3 Tahun 2016).

Daftar Isi Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018:

I. Ancaman Bencana di Indonesia
A. Karakteristik dan Ancaman Bencana Geologi dan Hidrometeorologi Indonesia
B. Penanggulangan Bencana Indonesia

II. Kesiapsiagaan
A. Kesiapsiagaan
B. Rencana Kesiapsiagaan
III. Siaga Bencana
A. Gempa Bumi
B. Tsunami
C. Erupsi Gunungapi
D. Banjir
E. Tanah Longsor
F. Puting Beliung
G. Kekeringan
H. Kebakaran Hutan dan Lahan

Kontak Darurat
Lampiran
Daftar Pustaka

    Download Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini, kami sertakan juga berkas-berkas terkait dengan informasi Penanggulangan Bencana Alam di Indonesia dari BNPB :

    Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018



    Download File:

    Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018 BNPB.pdf
    Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.pdf
    PERKA BNPB nomor 03 Tahun 2016 Tentang Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana.pdf
    Peraturan Kepala BNPB Nomor 17 tahun 2011 tentang Pedoman Relawan Penanggulangan Bencana.pdf
    Peraturan Kepala BNPB Nomor 7 Tahun 2015 tentang Rambu dan Papan Informasi Bencana.pdf
    Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana Nasional BNPB 2017.pdf

    Sumber: https://bnpb.go.id/

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Saku BNPB Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana 2018. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *