Buku Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0

Berikut ini adalah berkas Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0.  Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Download file format PDF.

Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0
Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0

Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0:

Kebijakan yang relevan dan baik selalu ditopang oleh suatu kajian yang baik pula. Artinya selalu ada korelasi positif antara suatu kajian yang berbasis penelitian akademik dengan kebijakan apa yang diambil. Tentu dalam konteks ini adalah yang ada kaitannya dengan pengembangan SMK ke depannya. Kajian NSPK ini bertujuan tidak lain untuk menjawab hal tersebut. Tuntutan pembaharuan kebijakvan ditengah arus dan gelombang modernisasi yang semakin dinamis sangat diperlukan terlebih perkembangan revolusi Industri sudah mencapai 4.0 yang berbasis cyber physical system ini. Revolusi industri sangat memiliki keterkaitan dengan Sekolah Menengah Kejuruan salah satunya pada aspek penggunaan peralatan praktik sebagai penunjang kompetensi siswa. Inti dari praktik siswa adalah memberikan kemampuan practical dalam penguasaan penggunaan peralatan praktik, semakin alat yang dimiliki relevan dengan perkembangan zaman semakin membantu pula peserta didik dalam upgrading skill-nya. Tidak hanya pada aspek tersebut, hal lain yang sangat urgent untuk dilakukan penelitian lebih lanjut untuk dijadikan basis pengambilan kebijakan adalah salah satunya terepresentasi dari tema kajian NSPK 2018 ini. Bisa dibilang dari beberapa kajian yang disajikan sudah cukup komperhensif. Pada aspek pengembangan karakter peserta didik SMK sudah dikaji, desain pengembangan bengkel, kompetensi dan kurikulum berdasarkan kompetensi abad 21, ditambah lagi dengan kajian potensi kewirausahaan berbasis cyberzone. Penelitian yang mengkorelasikan pengembangan SMK dengan kawasan ekonomi khusus memberikan warna terhadap khazanah yang ke depannya akan memberikan kontribusi penting pengambilan kebijakan oleh Direktorat. Selain itu riset tentang employability skill dan pengembangan SMK Pertanian di Indonesia melalui LARETA membantu untuk memetakan dan berkontribusi terhadap dinamika yang ada di SMK.

Pada akhirnya peyusunan buku ini tidak lain adalah sebagai upaya untuk memberikan jalan keluar sekaligus penyelesaian terhadap permasalahan dan tuntutan pengembangan SMK di tengah arus deras perkembangan zaman yang selalu menuntut akan pembaharuan dari berbagai macam aspek. Kajian yang mewujud dalam buku ini memberikan angin segar untuk dijadikan basis penentuan kebijakan Direktorat ke depan. Kami dari direktorat memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para mitra dalam penelitian ini UNY, UGM, UNS, UPI, UMJ dan UMY. Semoga dengan diterbitkannya buku ini bisa membangkitkan semangat kepada berbagai macam elemen Direktorat, Sekolah, Peserta didik, Kampus untuk terus berkontribusi dalam memperbaiki kualitas pendidikan kita khususnya pada pendidikan kejuruan.

Daftar Isi pada Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0 ini antara lain:

1. PENDAHULUAN
A. Cara Menggunakan Buku Ini
B. Panduan untuk Siswa
C. Panduan untuk Guru

2. KEWIRAUSAHAAN
A. Saya Seorang Wirausahawan!
B. Tips Menjadi Wirausahawan
C. Siswa SMK sebagai Technopreneur
D. Memilih Produk yang Tepat
E. Merancang Usaha dengan Business Canvas Model.
F. Keunggulan Berbisnis dalam Era Industri 4.0

3. MEMBANGUN USAHA PRODUKTIF
A. Strategi Jitu Menghadapi Pesaing
B. Keputusan dalam Operasional Bisnis
C. Merancang Produk yang Inovatif

4. PEMASARAN PRODUK
A. Analisis Tren Pasar 
B. Meracik Bauran Pemasaran
C. Pasang Sasaran Bidik Tembaaak!
D. Pengemasan dan Pengiriman Barang

5. DIGITAL MARKETING
A. Tarik! Dorong!
B. AIDA Sang Pemikat Hati
C. Cara Ampuh pakai Media Sosial untuk Pemasaran Produk
D. Berjualan di Pasar Online

6. SUMBER DAYA MANUSIA
A. Perlu Pegawai Tidak
B. Menarik Pegawai
C. Perkenalan Pegawai
D. Perlu Diklat
E. Memberi Imbalan
F. Mendorong Kerja dan Motivasi
G. Memimpin

7. MENGELOLA KEUANGAN DAN MENCARI DANA
A. Mengelola Uang Bukan Berarti Pelit
B. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Keuangan
C. Menghitung Harga Produksi dan Kulakan
D. Untung Nggak Ya? Makanya Buat Neraca!
E. Mencari Modal Usaha dengan Crowdfunding 

8. CARA BERJUALAN DI SMK CYBERZONE
9. PANDUAN PEMBELAJARAN UNTUK GURU

Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0

A. Cara Menggunakan Buku Ini
Buku ini disusun atas dasar latar belakang kebutuhan buku panduan kewirausahaan bagi generasi milenial untuk meningkatkan wawasan dunia wirausaha pada era Industri 4.0. Era tersebut ditandai dengan model bisnis yang mengkolaborasikan berbagai sumberdaya melalui platform teknologi informasi sehingga membentuk suatu rantai proses bisnis dengan wilayah entitas yang sangat luas.

Buku ini disusun atas dasar latar belakang kebutuhan buku panduan kewirausahaan bagi generasi milenial untuk meningkatkan wawasan dunia wirausaha pada era Industri 4.0. Era tersebut ditandai dengan model bisnis yang mengkolaborasikan berbagai sumberdaya melalui platform teknologi informasi sehingga membentuk suatu rantai proses bisnis dengan wilayah entitas yang sangat luas.

Buku ini dimaksudkan pula untuk mendukung program nawacita dari pemerintah terutama tentang membangun Indonesia dari pinggiran, peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia, meningkatkan produktivitas masyarakat dan daya saing internasional serta mewujudkan kemandirian ekonomi melalui bidang wirausaha. Membangun dari “pinggiran” tentu harus kita pahami bahwa bukan hanya pinggiran secara geografis, namun pinggiran dalam konteks memberdayakan masyarakat marginal yang hidup di tengah budaya modern.

Buku ini dibagi menjadi berbagai bagian, yang secara keseluruhan menyajikan tentang bagaimana yang seharusnya anda lakukan agar mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan selera konsumen dan dipasarkan melalui media transaksi yang mudah, cepat, aman dan nyaman. Penggunaan buku ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika anda adalah pelaku bisnis yang memproduksi barang dan jasa maka anda dapat menuju pada bagian buku tentang inovasi produk, perhitungan keuangan bisnis dan pengelolaan sumberdaya manusia. Namun jika anda tertarik dengan bidang pemasaran online untuk menjual produk ke masyarakat, maka anda dapat membaca pada bagian pemasaran dan marketplace. Cara terbaik adalah melihat sekilas tiap-tiap bagian buku ini lalu pelajarilah bagian yang anda prioritaskan.

Setelah membaca bab pertama dari buku ini, anda sebagai siswa SMK diharapkan memiliki motivasi untuk mengambil jalan hidup sebagai seorang wirausahawan. Jika anda baca dengan cermat, akan anda temui beberapa poin tentang saran yang lebih rinci agar anda secara efisien mampu memanfaatkan buku ini untuk mengubah pola pikir anda selama ini yang kelak akan anda sadari ternyata ada sedikit kesesatan, tentunya setelah anda baca baik-baik buku ini.

Pada bab kedua, anda akan diajak berpikir dan menganalisa diri anda. Siapa sih anda ini sebenarnya. Adakah sosok wirausaha yang terbenam dalam jiwa anda. Hanya anda yang tahu, tentunya setelah anda membaca bab kedua pada buku ini dengan seksama. Bagian ini juga mengajak anda mengerti bagaimana anda memaksimalkan potensi diri dengan membandingkan karakter orang sukses dan orang gagal. Belajarlah dari isi bab kedua ini, agar anda mudah terbangun ketika mengalami kegagalan. Setelah selesai membaca bab kedua sebaiknya anda merenungkan isinya, lalu analisalah diri anda. Adakah karakter positif dan negatif seperti yang disajikan pada bab kedua tersebut? Hilangkan ciri dan karakter negatif pada diri anda seperti yang dicantumkan pada buku ini. Jika pikiran anda mulai realistis terhadap gambaran bisnis, berarti anda sudah mampu menyelesaikan pemahaman bab kedua dari buku ini.

Bab ketiga akan memberikan anda gambaran strategi bisnis secara “adu banteng” dengan pesaing. Bagian ini akan mengubah opini anda bahwa berwirausaha itu sekedar membuat dan menjual barang saja, yang penting terus rajin membuat produk dan rajin mempromosikan. Tidak salah sih. Tapi ingat, anda tidak sendirian bergulat dengan jenis produk anda tersebut. Anda perlu memahami strategi eksternal menghadapi pesaing dan strategi internal untuk memperbaiki produk secara terus menerus dengan mensimulasikan perbaikan kualitas produk tertentu menggunakan formula seperti yang dipaparkan. Jika pikiran anda mulai terisi oleh imajinasi seolah-olah anda memiliki produk bagus dan inovatif yang dihasilkan melalui strategi yang telah anda baca pada buku ini, selamat. anda sudah memahami strategi bisnis.

Jika anda sudah mengetahui bagaimana membuat produk yang inovatif, maka kini saatnya anda harus tahu tentang “pasar” atau market kata orang bule. Punya barang tetapi tidak tahu “pasar” sama saja anda tidak mampu berbisnis. Tahu tentang pasar berarti tahu tentang seluk beluk penjualan atau pembelian. Artinya anda harus belajar strategi pemasaran atau marketing. Bab keempat dari buku ini akan memberi anda wawasan tentang tren pasar yaitu produk apa dan produk seperti apa yang diinginkan konsumen saat ini dan masa yang akan datang. Sambil membaca, isilah pikiran anda dengan imajinasi produk yang selama ini anda pikirkan untuk direalisasikan. Jika anda sudah mampu memahami cara mengenali keinginan konsumen terhadap suatu produk, maka anda sudah berhasil memahami bagian penting dari bisnis, yaitu strategi.

Bagian berikutnya yaitu bab kelima yang akan mengajak anda untuk mengenal lebih jauh tentang pemasaran online. Tentu tak asing bagi anda istilah tersebut. Tapi sebelum mempelajari bab lima ini, tentu anda masih sebatas mengenal istilah saja. Belum tahu persis seperti apa strategi pemasaran online. Nama situs pemasaran online pun sudah familiar di telinga anda. Tapi coba praktekkan dengan beberapa produk melalui uraian pada bab lima buku ini. Jika ponsel anda saat ini sudah sering bergetar atau berbunyi karena menerima respon dari calon konsumen, berarti anda sudah mengerti isi bab lima buku ini.

Bab enam akan membahas tentang sumber daya manusia. Bab tujuh akan memberikan pemahaman pada anda bahwa kesuksesan bisnis ditentukan pula oleh keberhasilan anda dalam mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain untuk mengerjakan tugas-tugas bisnis anda. Bagian ini akan mengajak anda berpikir dan bertindak layaknya seorang big boss. Anda dapat membayangkan bahwa anda setiap pagi mengecek kehadiran pegawai-pegawai anda dan menjelaskan singkat tugas apa pada hari ini, minggu ini dan seterusnya sehingga ketika anda sibuk dengan hobi anda yang lain, orang lain sudah bekerja untuk meningkatkan kemakmuran anda. Tetapi perlu diingat, dalam anda memiliki keterbatasan dalam mengawasi pegawai-pegawai anda, sehingga anda perlu alat untuk melihat hasil pekerjaan mereka. Apakah mereka menguntungkan anda atau justru menjerumuskan anda ke jurang kebangkrutan. Nah, bab tujuh akan menjelaskan kepada anda tentang sedikit hitung-hitungan masalah keuangan untuk memantau tolok ukur hasil pekerjaan pegawai anda.

Bab terakhir dari buku ini adalah pedoman praktis untuk anda agar produk anda dikenal oleh masyarakat melalui pasar online, yaitu SMK Cyberzone, yang khusus disediakan hanya untuk anda. Tidak untuk orang lain. Mengapa? Karena anda adalah calon-calon big boss yang akan merambah bisnis di dunia digital. Anda adalah manusia super yang akan mengisi kemakmuran bangsa melalui teknologi masa depan. Praktekkan pedoman pada bagian ke delapan buku ini dengan mengunggah produk anda, cermati setiap hari perkembangan konsumen, siapa saja yang melihat produk anda, kejarlah dengan penawaran-penawaran menarik tentang produk anda. Selamat merintis wirausaha, selamat berbisnis, setialah pada proses dan yakinlah bahwa : “HASIL TIDAK AKAN MENGKHIANATI PROSES”.

B. Panduan untuk Siswa
Sebagai konsumen utama, buku ini dieruntukkan bagi para siswa SMK. Melalaui buku ini diharapkan para siswa kian tambah menahami betapa pentingnya mempersipakan diri untuk menjadi wirausahawan sejati. Diharapkan para siswa mampu menginternasilasi nilai-nilai kewirausahaan seperti sikap kemandirian, kerja keras, kreatifitas dan lainnya, sehingga menjadi semangat untuk mampu turut andil dalam memajukan kesejahteraan diri, masyarakat dan bangsanya.

Buku ini dikemas secara renyah (menarik) dengan bahasa yang sebisa mungkin terpahami oleh para siswa agar secara langsung para siswa dapat mencerna sendiri muatan-muatan pesan, dan mempelajari cara-cara melakukan kegiatan kewirausahaan secara mandiri atupun dibawah bimbingan para guru.

Bagaimana agar para siswa memahami dan menguasai isi buku ini, berikut ini langkah langkah yang perlu diperhatikan:
  1. Sebagaimana umumnya, untuk mengetahui tujuan dan bahkan isi pokok setia pembicaraan dan atau tulisan (buku) maka bagian pendahuluan adalah tempatnya. Karena itu disarankan para siswa membaca pada bagian pendahuluan untuk segera memahami apa tujuan diterbitkannya buku ini.
  2. Para siswa hendaknya membaca dulu seluruh isi buku ini, dengan cara melihat daftar isi. Mencoba untu memahami seluruh isi buku meskipun hanya melihat judul dan sub-sub judul dalam daftar isi dengan pemahaman masing-masing.
  3. Karena buku ini diterbitkan sebagai buku pelengkap dari sumber pembelajaran mata peajaran kewirausahaan (Produk Kreatif dan Kewirausahaan), maka para siswa dapat membaca buku ini sesuai dengan urutan pembelajaran PKK sebagaimana telah ditetapkan oleh guru masing-masing, yakni dengan merujuk langsung kepada bagian-bagian tertentu (bab atau sub bab).
  4. Para siswa boleh saja juga membaca pada bab tertentu terlebih dahulu sesuai minata atau sesuai yang dianggap paling menarik bagi dirinya, akan tetapi disarankan membaca dulu pada bagian ini (panduan bagi siswa) dengan harapan para siswa tidak hanya memahami setengah-setengah isi buku ini .
  5. Para siswa disarankan membaca secara urut dari bab ke bab, meskipun tidak harus memaca seluruh bagiannya secara mendetail. Dalam hal ini sangat disarkankan menerapkan cara membaca cepat, yaitu dengan menskim (melihat secara cepat) pada paragraf-paragraf yang dianggap penting.
  6. Untuk bagian-bagian (bab/sub bab) yang bersifat praktik (perihal how) atau cara melakukan, maka sebaiknya para siswa sembari membaca buku sambil langusng juga menerapkan tahap pertahapnya. Atau akan lebih menguasai apabila para siswa membaca dahulu secara keseluruhan dan kemudian membuat rangkuman tahap-tahap pengerjaannya dengan kalimat sendiri, baru kemudian mempraktikan dengan panduan rangkuman tahapan tersebut. 

C. Panduan untuk Guru
Para guru sebagai fasilitator pembelajaran, buku ini tentu dapat diposisikan sebagai sumber belajar bagi siswa. Bagi sekolah yang memungkinkan pewajibannya bagi seluruh siswa maka akan banyak membantu para guru khususnya para guru PKK dalam menginternalisasikan nilai-nilai kewirausahaan maupun dalam memastikan keterampilan siswa. Sedangkan bagi sekolah yang masih memiliki tekerbatasan pembiayaan, maka buku ini hendaknya dimiliki guru sebagai pegangan guru dalam membimbing pembelaaran PKK.

Bagaimana penggunaan buku ini bagi para guru dalam dua keadaan yang berbeda di atas, berikut ini langkah langkah yang perlu diperhatikan:
  1. Para guru disarankan membaca terlebih dahulu bagian pendahuluan untuk mengetahui secara tepat apa maksud dan tujuan diterbitkannya buku ini. dalam konteks kurikulum yang sudah ada, buku ini dimaksudkan sebagai buku sumber belajar bagi mata pelajaran kewirausahaan, dan dalam konteks “pemasaran online” buku ini sebagai bahan suplemen. 
  2. Sebagaimana disarankan kepada para siswa, hendaknya para guru membaca terlebih dahulu seluruh isi buku ini, dengan cara melihat daftar isi. Mencoba untu memahami seluruh isi buku meskipun hanya melihat judul dan sub-sub judul dalam daftar isi dengan pemahaman masing-masing.
  3. Karena buku ini diterbitkan sebagai buku sumber belajar pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan (Produk Kreatif dan Kewirausahaan), maka para guru menjadikannya bahan pembelajaran dengan urutan pembelajaran PKK sebagaimana telah ditetapkan, yakni dengan merujuk langsung kepada bagian-bagian tertentu (bab atau sub bab) disesuaikan dengan silabus yang ada.
  4. Para guru bisa saja menggunakan langsung pada bab tertentu terlebih dahulu sesuai minat permintaan para siswa atau sesuai yang dianggap penting/prioritas bagi guru. Namun mengingat penyusunan buku ini sudah mempertimbangkan sistematika penyajiannya dalam pembelajaran, maka disarankan guru menyajikannya secara urut dari bab ke bab, meskipun tidak harus menyampaikan seluruh bagiannya secara mendetail.
  5. Untuk bagian-bagian (bab/sub bab) yang bersifat praktik (perihal how to) atau perihal bagaimana cara melakukan, maka sebaiknya membuat rangkuman tahap-tahap pembelajarannya (syntak) hingga tahapan praktinya.
  6. Untuk memastikan pelaksanaan praktik yang sistematis dan prosedural, kepada para guru disarankan untuk melengkapi bagian pembelajran praktikum dari buku ini dnegan menyusun lembar kerja-lembar kerja (LK).
  7. Sebagai pelengkap bahan pembelajaran di kelas ataupun tahap pembelajaran pra-praktikum, maka sangat disaranakan kepada para guru untuk melengkapi bahan ajar ini dengan membuat bahan tayangan dalam aplikasi Power Point. Baik tayangan yang bersifat teoretik maupun praktik. 

    Download Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0



    Download File:

    Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel