Buku Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak P2K2 PKH

Posted by Pada 3/27/2019 08:17:00 AM dengan No comments



Rekomendasi berkas atau informasi lainnya:

Berikut ini adalah berkas Buku Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak - kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) - dari Program Keluarga Harapan (PKH). Download file format PDF.

Buku Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak P2K2 PKH
Buku Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak P2K2 PKH

Buku Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak P2K2 PKH

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak P2K2 PKH:

Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak ini adalah hasil kompilasi berbagai penelitian yang ada serta observasi selama proses kunjungan lapangan dan uji coba di lapangan; disusun untuk kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang diimplementasikan oleh Kementerian Sosial. P2K2 adalah sebuah inisiatif yang disusun bersama oleh Kementerian Sosial, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Bank Dunia dan Unicef.

Modul ini adalah produk kolaborasi dua tim di Kantor Bank Dunia Jakarta – tim Poverty, sebuah unit dalam Sektor Poverty Reduction and Economic Management (PREM) dan tim Education, sebuah unit dalam Sektor Human Development (HD). Penyusunan dipimpin oleh Luisa Fernandez, dengan arahan umum dari Vivi Alatas (keduanya dari PREM), dibawah bimbingan dari PREM Sector Manager, Jim Brumby. Dari HD – Education, Syifa Andina dan Heather Tomlinson adalah para penyusun utama dengan komentar membangun dari Amer Hasan dan Rosfita Roesli. Dari PREM – Poverty, Gracia Hadiwidjaja, Steisianasari Mileiva dan Talitha Chairunissa memberikan masukan yang berharga dan dukungan produksi. Elisabeth Yunita Ekasari memberikan dukungan administrasi dengan efisien. Isi dan metode yang disampaikan di sini tidak mencerminkan pandangan Dewan Direksi Eksekutif Bank Dunia ataupun Pemerintah yang mereka wakili.

Dukungan yang sangat berarti untuk penyusunan publikasi ini diberikan oleh Pemerintah Australia.

Cetakan pertama Januari 2014. Desain ulang sampul dan buku oleh Kanakata Creative (www.kanakata.co), Maret 2018

DAFTAR ISI
Pengantar

SESI 1: MENJADI ORANGTUA YANG LEBIH BAIK
Langkah 1 Pembukaan
A. Orangtua adalah Contoh Bagi Anak
Langkah 2 Sikap dan perilaku orangtua
Langkah 3 Orangtua yang baik memiliki konsep diri yang positif
Langkah 4 Orangtua yang baik penuh kasih sayang dan tidak melakukan kekerasan
B. Ayah dan Ibu Bekerja Sama Sebagai Tim
Langkah 5 Melibatkan ayah dalam pengasuhan sehari-hari
Langkah 6 Membuat keputusan bersama dan melaksanakan dengan konsisten
Langkah 7 Menghindari konflik di hadapan anak
Langkah 8 Penutupan
Bahan Bacaan Pendamping

SESI 2: MEMAHAMI PERKEMBANGAN & PERILAKU ANAK
A. Meningkatkan Perilaku Baik Anak
Langkah 1 Pembukaan
Langkah 2 Memuji anak
Langkah 3 Memberikan penghargaan saat anak melakukan hal baik
B. Mengurangi Perilaku Buruk Anak
Langkah 4 Dampak negatif kekerasan fisik dan non fisik pada anak
Langkah 5 Berbagai cara mengurangi perilaku buruk anak
Langkah 6 Penutupan
Bahan Bacaan Pendamping

SESI 3: MEMAHAMI CARA ANAK USIA DINI BELAJAR
A. Bermain Sebagai Cara Anak untuk Belajar
Langkah 1 Pembukaan
Langkah 2 Apa itu bermain dan manfaat bermain bagi anak
Langkah 3 Memanfaatkan kegiatan sehari-hari di rumah sebagai kesempatan bermain bersama anak
B. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak
Langkah 4 Pentingnya kemampuan berbahasa
Langkah 5 Berbagai aktivitas untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak
Langkah 6 Penutupan
Bahan Bacaan Pendamping

SESI 4: MEMBANTU ANAK SUKSES DI SEKOLAH
A. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
Langkah 1 Pembukaan
Langkah 2 Pentingnya pendidikan sejak usia dini
Langkah 3 Manfaat mengikuti kegiatan pendidikan anak usia dini
Langkah 4 Mengidentifikasi lembaga pendidikan anak usia dini di sekitar tempat tinggal
B. Membantu Anak Sukses di Sekolah
Langkah 5 Membantu anak sukses di sekolah
Langkah 6 Mengatasi anak yang tidak mau sekolah
Langkah 7 Penutupan
Bahan Bacaan Pendamping

Daftar Pustaka

PENGANTAR
Modul ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman orangtua tentang pentingnya menerapkan pola asuh yang baik di rumah dan pentingnya pendidikan untuk kesuksesan anak di masa mendatang. Modul ini membahas 4 topik utama yaitu bagaimana menjadi orangtua yang lebih baik, memahami perilaku anak usia dini, memahami cara anak usia dini belajar, dan membantu anak agar sukses di sekolah. Dalam menyampaikan modul ini, diharapkan bahwa penyampaiannya dilakukan secara berurutan dari sesi 1 ke sesi selanjutnya. Berikut merupakan gambaran umum isi setiap sesi.

SESI 1: MENJADI ORANGTUA YANG LEBIH BAIK (120 MENIT)
Ada 2 pesan utama yang ingin disampaikan dalam modul ini. Pertama, orangtua merupakan panutan bagi anak. Poin pelajaran yang ingin disampaikan adalah orangtua memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perilaku anak sehingga diperlukan pemahaman tentang perilaku mendidik serta konsekuensi dari perilaku positif dan negatif dari orangtua. Orangtua perlu menyadari bahwa status miskin bukan berarti tidak bisa memiliki kemampuan mengasuh anak dengan baik. Kedua, pentingnya kerjasama kedua orangtua dalam mengasuh anak. Meskipun ayah dan ibu memiliki peran yang berbeda dalam pengasuhan, namun tanggung jawab ayah dan ibu adalah sama. Peserta akan belajar berbagai macam cara untuk menjadi lebih kompak sebagai orangtua, menghindari konflik di hadapan anak, termasuk secara khusus mendikusikan bagaimana melibatkan ayah agar dapat membantu ibu dalam pengasuhan sehari- hari.

SESI 2: MEMAHAMI PERILAKU ANAK (120 MENIT)
Ada 2 pesan utama yang ingin disampaikan modul ini, yang pertama yaitu meningkatkan perilaku baik dan yang kedua yaitu mengurangi perilaku buruk anak. Dalam meningkatkan perilaku baik anak, orangtua harus dapat mengidentifikasi kelebihan anak, kemudian memahami kekuatan pujian, dan apresiasi atas perilaku baik anak. Sedangkan untuk mengurangi perilaku buruk anak, orangtua harus memahami efek negatif dari menggunakan hukuman fisik. Strategi untuk mengurangi perilaku buruk pada anak dapat diganti dengan menetapkan aturan bersama anak, menjelaskan konsekuensi yang masuk akal kepada anak, memberikan waktu menangkan diri dan mengabaikan perilaku anak yang tidak berbahaya dan ditujukan untuk mencari perhatian.

SESI 3: MEMAHAMI CARA ANAK USIA DINI BELAJAR (120 MENIT) Ada 2 pesan utama yang dalam modul ini, yang pertama yaitu bermain sebagai cara anak belajar dan secara khusus pesan kedua membahas berbagai kegiatan bermain untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak. Orangtua akan mempelajari apa itu permainan dan bagaimana bermain sesuai dengan tahapan usia anak, serta cara menggabungkan permainan ke dalam kegiatan sehari-hari. Secara khusus orangtua akan belajar pentingnya kemampuan bahasa bagi anak dan berbagai jenis permainan untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak.

SESI 4: MEMBANTU ANAK SUKSES DI SEKOLAH (120 MENIT)
Ada 2 pesan utama yang disampaikan modul ini, yang pertama yaitu pentingnya pendidikan sejak usia dini dan yang kedua cara membantu anak sukses di sekolah. Anak yang ikut dalam program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) akan memiliki tingkat kesiapan bersekolah di jenjang pendidikan selanjutnya dibandingkan anak yang tidak mengikuti program PAUD, orangtua akan belajar manfaat lainnya dari program PAUD. Orangtua juga akan belajar berbagai cara untuk membantu anak agar sukses di sekolah, membantu anak mengatasi masalah yang mungkin muncul ketika di sekolah, dan diharapkan agar orangtua terdorong untuk menjalin komunikasi dengan pihak sekolah demi kepentingan pendidikan anak.

    Download Buku Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak P2K2 PKH

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak P2K2 PKH ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Kebijakan Penggunaan Dana BOS Reguler Tahun 2019



    Download File:

    Modul Pengasuhan dan Pendidikan.pdf
    Buku Pintar Pengasuhan dan Pendidikan.pdf

    Sumber: https://pkh.kemsos.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak P2K2 PKH. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *