Buku Pedoman FLS SMK 2019

Posted by Pada 3/28/2019 03:45:00 PM dengan No comments



Rekomendasi berkas atau informasi lainnya:

Berikut ini adalah berkas Buku Pedoman FLS SMK 2019. Download file format PDF. FLS (Festival Literasi  Sekolah) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini akan dilaksanakan 25- 29 Juli 2019.

Buku Pedoman FLS SMK 2019
Buku Pedoman FLS SMK 2019

Buku Pedoman FLS SMK 2019

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Pedoman FLS (Festival Literasi  Sekolah) SMK 2019:

Dengan telah berjalannya Gerakan Literasi Sekolah di seluruh Provinsi, maka diperlukan suatu kegiatan yang dapat memotivasi, menyemangati dan memetakan kualitas pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Peraturan nomor 23 tahun 2015 telah mencanangkan sebuah gerakan literasi sekolah untuk mendorong siswa dalam menumbuhkan budaya membaca dan menulis dilingkungan sekolah. Gerakan Literasi Sekolah pada dasarnya merupakan kegiatan yang memusatkan pada kemampuan membaca dan menulis siswa dan literasi dasar lainnya seperti literasi sains, literasi digital dan literasi finansial, dengan melibatkan semua warga sekolah (kepala sekolah, guru, siswa, orang tua/wali murid) dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan literasi, Direktorat Pembinaan SMK akan menyelenggarakan kegiatan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pengembangan pendidikan vokasi, membentuk karakter dan memacu kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan kreatif.

Agar Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 dapat berlangsung dengan lancar dan sukses serta memberikan nilai pembinaan terhadap peserta didik di SMK, maka desain pelaksanaan yang strategis, implementatif dan bersinergi dengan berbagai stakeholder pendidikan menjadi pertimbangan yang utama.

Pedoman Penyelenggaraan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan pelaksanaan kegiatan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 di Provinsi.

Dukungan dari para pemangku kepentingan dan institusi terkait diharapkan dapat memperlancar dan mensukseskan penyelenggaraan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019.

Semoga Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 bermanfaat bagi kemajuan Literasi peserta didik SMK di seluruh provinsi di Indonesia.

Daftar Isi Buku Pedoman FLS SMK 2019:

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Tema

BAB II PELAKSANAAN LOMBA
A. Bidang Lomba
B. Peserta Lomba
C. Alur Pelaksanaan
D. Penjelasan Alur
E. Juri Lomba
F. Fungsi dan Peran Dinas Pendidikan Provinsi atau UPTD
G. Tata Tertib Lomba
H. Kejuaraan dan Penghargaan Tingkat Nasional

BAB III PENUTUP

LAMPIRAN MATERI 
CIPTA BUKU ELEKTRONIK TOKOH VOKASI NUSANTARA
SUDUT BACA VOKASI
LOMBA KARYA MODA VOKASI LITERASI BERGERAK

LATAR BELAKANG
Penguatan Pendidikan Karakter dan Gerakan Literasi Sekolah adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling menguatkan dan upaya ini tidak bisa hanya dilakukan sekolah, namun keluarga dan masyarakat juga perlu aktif dan kolaboratif dalam membina karakter putra-putri mereka.

Penumbuhan dan pengembangan budaya literasi di Indonesia telah dimulai dengan penuh semangat sejak diterbitkannya Permendikbud Nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti yang menandai pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Salah satu hal penting yaitu adanya kegiatan 15 menit membaca di awal pembelajaran sebagai upaya pembiasaan yang pada akhirnya dapat terwujud budaya membaca di setiap pribadi insan Indonesia. Gerakan Literasi sekolah disambut baik oleh satuan pendidikan tidak terkecuali di SMK. Berbagai kegiatan menarik, kreatif dan inovatif diciptakan agar gerakan literasi sekolah ini menjadi semakin semarak yang diharapkan peserta didik dan seluruh warga sekolah menjadi literat, dengan kecakapan literasi ini menjadikan peserta didik, guru dan tenaga kependidikan akan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Dengan mengintegrasikan literasi dalam setiap kegiatan pembelajaran membuat siswa lebih memahami terhadap materi pelajaran, mampu berfikir kritis, lebih komunikatif, dan akan membuat pembelajaran menjadi kegiatan yang menantang, menarik dan membahagiakan.

Usaha untuk meningkatkan kemampuan literasi dilakukan secara konsisten, berkelanjutan, menantang dan menyenangkan. Salah satunya adalah melalui Festival Literasi Sekolah. Kemampuan literasi yaitu kemampuan dalam mengakses, memahami dan menggunakan informasi secara cerdas dapat diimplementasikan dan dievaluasi dalam berbagai bentuk kemasan kegiatan. 

Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK adalah wadah untuk menggali dan mengeksplorasi potensi vokasi peserta didik SMK serta mengasah kemampuan berfikir kreatif dan inovatif agar siap menghadapi tuntutan di dunia kerja. Selain itu Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK adalah ajang kompetisi vokasi karya kreatif dan analitis peserta didik yang mencakup 3 bidang vokasi dengan kriteria penilaian yang mencakup originalitas, inovasi, validitas referensi, kreatifitas penyampaian dan komunikasi yang artikulatif.

TUJUAN
Adapun tujuan dari kegiatan FLS ini adalah:
  1. Memotivasi siswa SMK untuk meningkatkan keterampilan literasi dalam kerangka pengembangan pendidikan Vokasi;
  2. Membentuk karakter dan mengasah kemampuan peserta didik dalam berpikir inovatif, kritis, evaluatif, imajinatif dan kreatif sebagai bekal dalam menghadapi persaingan dan tuntutan dunia kerja;
  3. Meningkatkan kecintaan peserta didik dalam menambah pengetahuan melalui media cetak maupun media digital;
  4. Mempromosikan potensi kearifan vokasi nusantara serta keterampilan siswa SMK sekaligus menumbuhkan rasa cinta akan khazanah budaya bangsa sendiri;
  5. Meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan dan potensi peserta didik SMK;
  6. Memupuk persahabatan, persaudaraan, dan persatuan secara nasional dalam meningkatkan kecakapan literasi siswa SMK.

TEMA
“ MULTILITERASI: Mengembangkan Kemandirian dan Menumbuhkan Inovasi“

BIDANG LOMBA
Pelaksanaan kegiatan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019, terdiri dari 3 bidang lomba :

1. Bidang Lomba Cipta Buku Elektronik Tokoh Vokasi
Diikuti oleh 2 orang peserta dimana bidang lomba ini menceritakan tokoh yang menginspirasi dalam bidang vokasi yang dapat dirasakan kebermanfaatannya dimana peserta mengeksplorasi literasi dengan format digital, dengan membuat buku elektronik yang interaktif berupa text, gambar, suara, peta, video, dengan konten yang menginspirasi.

2. Bidang Lomba Sudut Baca Vokasi
Diikuti 2 orang peserta yang dimaksud sebuah ruang hadir, ruang interaksi yang nyaman dengan ketersediaan referensi bacaan yang lengkap. Sebuah ruang yang didesain multifungsi, membuat pengunjungnya betah dan mudah mengakses bacaan. Kreatif memanfaatkan ruang-ruang yang ada, rak-rak buku yang didesain sedemikian rupa dari bahan-bahan daur ulang. Penataan buku-buku yang kreatif yang memudahkan pengunjung. Prinsip utamanya, bagaimana Sudut Baca ini menjadi ruang interaksi yang memudahkan siswa dan masyarakat mengakses bacaan.

3. Bidang Lomba Vokasi Moda Literasi Bergerak
Diikuti oleh 2 orang peserta memberikan kesempatan kepada para inovator dari peserta didik SMK untuk menghasilkan karya Vokasi Moda Literasi Bergerak (mendekatkan bahan bacaan, literatur, dan sumber informasi kepada masyarakat) berdasarkan tiga kawasan/wilayah disesuaikan dengan wilayah sekolah masing-masing, Pedalaman/ Pegunungan/Pedesaan, Urban perkotaan, dan Pesisir pantai (Maritim). 

PESERTA LOMBA
1. Persyaratan peserta lomba
a. Peserta lomba adalah Siswa SMK yang masih aktif pada tahun pelajaran 2019/2020;
b. Setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu bidang lomba
c. Peserta yang masuk 10 besar Festival Literasi Sekolah (FLS) tahun 2018 tidak diperkenankan untuk mengikuti kembali FLS 2019;
d. Karya yang dikirimkan belum pernah dilombakan pada lomba setara dengan tingkat nasional lainnya;
e. Karya yang dibuat adalah murni hasil karya peserta sendiri;
f. Jika dikemudian hari ditemukan bahwa karya tersebut bukan hasil buah karya peserta sendiri, maka peserta bersedia untuk digugurkan.

2. Sifat Kepesertaan Lomba adalah TIM (2 orang)

3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan penjurian final dan pameran Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 25 s.d 29 Juli 2019 dI Jakarta.

4. Pembiayaan
Bagi peserta & pendamping yang masuk 3 besar, biaya perjalanan ke Jakarta pulang-pergi ditanggung oleh masing-masing peserta & pendamping, sedangkan akomodasi dan konsumsi ditanggung Direktorat Pembinaan SMK.

Download Buku Pedoman FLS (Festival Literasi  Sekolah) SMK 2019

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pedoman FLS (Festival Literasi  Sekolah) SMK 2019 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Buku Pedoman FLS (Festival Literasi  Sekolah) SMK 2019



Download File:

Buku Pedoman FLS SMK Tahun 2019.pdf

Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Pedoman FLS (Festival Literasi  Sekolah) SMK 2019. Semoga bisa bermanfaat.

Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook


Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *