Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP Bagi Guru Inti dan Guru Sasaran

Berikut ini adalah berkas Buku Petunjuk LMS PKP Tahun 2019 (Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP) Bagi Guru Sasaran dan Guru Inti. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2019. Download file format PDF.

Buku Petunjuk LMS PKP Tahun 2019 (Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP) Bagi Guru Sasaran dan Guru Inti
Buku Petunjuk LMS PKP Tahun 2019 (Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP) Bagi Guru Sasaran dan Guru Inti

Buku Petunjuk LMS PKP Tahun 2019 (Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP) Bagi Guru Sasaran dan Guru Inti

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Petunjuk LMS PKP Tahun 2019 (Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP) Bagi Guru Sasaran dan Guru Inti:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik. Untuk merealisasikan amanah undang-undang sebagaimana dimaksud, pada tahun 2019 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melaksanakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Pengembangan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Program PKB melalui PKP bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Pembekalan Instruktur Kab./Kota, Pembekalan Guru Inti dan selanjutnya Program Pengembangan K eprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi di guru sasaran.

Sebagai salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan program, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar memfasilitasi kegiatan penyusunan Buku Manual Kelas Pendampingan Online Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Buku berisi petunjuk penggunaan aktivitas-aktivitas pembelajaran yang terdapat pada kelas pendampingan online. Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para peserta untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kelas pendampingan online program PKB melalui PKP berbasis zonasi yang akan dilaksanakan.

Semoga peserta program PKB melalui PKP berbasis zonasi dapat menggunakan dan memanfaatkan kelas pendampingan online ini sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi guru.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.

Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) dengan mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Pelaksanaan program PKP dalam zonasi di dampingi menggunakan sistem pendampingan Online, pendampingan ini menggunakan pola In-On-In sesuai dengan struktur pembelajaran guru sasaran dalam zonasi yang dilakukan oleh NS/IP/IK/GI.

Pendampingan adalah proses fasilitasi yang dilakukan oleh fasilitator (NS/IK) dan guru inti kepada peserta selama kegiatan berlangsung. Proses pendampingan akan dilakukan oleh fasilitator kepada guru inti dan peserta secara full online, dan fasilitasi dari guru inti ke peserta secara blended (kegiatan tatap muka pada In dan online pada On). Proses pendampingan difasilitasi dengan kelas online di Learning Management System (LMS) yang dapat diakses selama pembelajaran berlangsung. Pada kelas ini, guru inti dan peserta dapat melakukan proses pembelajaran secara online melalui konten pembelajaran yang sudah dikembangkan secara terstruktur seperti pola pembelajaran In-1 In-2 On-1 In-3 On-2 In-4 On-3 In-5 serta mengirimkan semua laporan administratif dan akademisnya melalui tools yang sudah disediakan.

B. Tujuan

Setelah membaca dan mengikuti langkah-langkah pada buku ini, Guru Inti (GI) diharapkan mampu mengoperasikan, menerapkan dan memaksimalkan kelas pendampingan online pada saat proses fasilitasi dan pelaporan administratif maupun akademis.

C. Sasaran

Sasaran pengguna Buku Manual ini adalah Guru Inti yang bertugas pada Program PKP Berbasis Zonasi.

BAB II KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA KELAS PEMBELAJARAN ONLINE

A. Laman Utama

Tampilan pertama suatu situs yang akan dilihat oleh user adalah laman utama. Pada laman utama ini terdapat informasi-informasi yang dapat dilihat oleh siapa saja yang mengunjungi/membuka laman utama tersebut. Untuk mengakses laman utama, user dapat menggunakan web browser seperti Microsoft Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox (Mozilla), Google Chrome (Chrome), Opera, Safari, dan lain sebagainya. Laman utama Program PKP Berbasis Zonasi dapat diakses melalui situs resmi Rumah Belajar, yaitu belajar.kemdikbud.go.id/

    Download Buku Petunjuk LMS PKP Tahun 2019 (Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP) Bagi Guru Sasaran dan Guru Inti

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Petunjuk LMS PKP Tahun 2019 (Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP) Bagi Guru Sasaran dan Guru Inti ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:








    Download File:
    Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP Bagi Guru Inti.pdf
    Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP Bagi Guru Sasaran.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Petunjuk LMS PKP Tahun 2019 (Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP) Bagi Guru Sasaran dan Guru Inti. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku Manual Kelas Pendampingan Online PKP Bagi Guru Inti dan Guru Sasaran"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel