UU Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif

Berikut ini adalah berkas Undang-undang (UU) Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif. Download file format PDF.

Undang-undang (UU) Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif
Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif

Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif

UU Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif Ditetapkan Tanggal 24 Oktober 2019, Diundangkan Tanggal 24 Oktober 2019, Berlaku Tanggal 24 Oktober 2019.
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Undang-undang (UU) Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif:

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan bahwa tujuan nasional bangsa Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Selanjutnya, Pasal 33 ayat (4) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan bahwa “Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional”. Dalam mencapai masyarakat adil dan makmur yang mampu memajukan kesejahteraan umum, negara Indonesia harus mengoptimalkan seluruh sumber daya ekonomi, terutama mengoptimalkan kreativitas sumber daya manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan/atau teknologi.

Untuk mengoptimalkan sumber daya manusia tersebut, diperlukan pengelolaan potensi Ekonomi Kreatif secara sistematis, terstruktur, dan berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan pengarusutamaan Ekonomi Kreatif dalam rencana pembangunan nasional melalui pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif yang memberikan nilai tambah pada produk Ekonomi Kreatif yang berdaya saing tinggi, mudah diakses, dan terlindungi secara hukum. Dalam pelaksanaannya, pengembangan Ekonomi Kreatif mengalami beberapa kendala, seperti keterbatasan akses perbankan, promosi, infrastruktur, pengembangan kapasitas Pelaku Ekonomi Kreatif, dan sinergitas di antara pemangku kepentingan. Untuk itu, diperlukan suatu pengaturan Ekonomi Kreatif secara komprehensif yang berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika serta berasaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, manfaat, keadilan, berkelanjutan, dan identitas bangsa.

Secara umum, Undang-Undang tentang Ekonomi Kreatif mengatur materi pokok mengenai Pelaku Ekonomi Kreatif, Ekosistem Ekonomi Kreatif, Rencana Induk Ekonomi Kreatif, dan Kelembagaan yang diuraikan dalam batang tubuh Undang-Undang tentang Ekonomi Kreatif beserta penjelasannya.

    Download Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:




    Download File:
    [Download Link] UU Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif.pdf
    [Download Link] Penjelasan atas UU Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "UU Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel