Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah

Berikut ini adalah berkas Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah. Download file format PDF.

Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah
Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah

Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah

Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah ini adalah salah satu berkas Vocational Education Policy, White Paper SMK 2019 Kemdikbud, yang merupakan kumpulan paper kajian kebijakan, Vocational Education Policy, White Paper yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK - Dirjen Dikdasmen - Kemdikbud RI Tahun 2019.

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah:

Abstrak
Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, maka diperlukan pendidikan yang bermutu. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur mutu pendidikan Indonesia adalah berdasarkan capaian hasil Programme for International Student Assessment (PISA). Berdasarkan hasil kajian, capaian PISA untuk tahun 2018 menunjukkan bahwa Indonesia perlu segera berbenah untuk memperbaiki sistem pendidikannya. Hal ini tak lain karena meskipun telah bergabung selama hampir dua dekade menjadi partisipan PISA, capaian hasil PISA Indonesia masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Skor PISA Indonesia masih tergolong masih sangat rendah dan berada di level bawah jika dibandingkan dengan negara-negara partisipan lainnya. Beberapa strategi yang dapat dilakukan guna peningkatan mutu pendidikan berbasis PISA yakni pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, pelibatan siswa dalam pengajaran membaca, perubahan strategi dalam metode pengajaran, memperkaya jenis bacaan siswa, penggalakan Gerakan literasi membaca serta mengambil best practice pendidikan dari negara. Diharapkan dengan pelakssanaan strategi tersebut Indonesia dapat meningkatkan sistem pendidikannya agar penciptaan SDM yang berkualitas dan tenaga kerja terampil dapat terwujud.

Latar Belakang
Dalam era globalisasi ini, sumber daya manusia yang bermutu merupakan faktor penting dalam pembangunan. Setiap negara memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas agar dapat bersaing dengan negara lain. Sumber daya manusia yang bermutu hanya dapat diwujudkan dengan pendidikan yang bermutu. Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang tidak dapat ditawar lagi dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia bangsa Indonesia.

Johar (2012) menyatakan bahwa kualitas pendidikan sering dijadikan sebagai tolak ukur perkembangan suatu negara. Kualitas pendidikan dapat dilihat dalam dua hal, yakni mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Proses pendidikan yang bermutu apabila seluruh komponen pendidikan terlibat dalam proses pendidikan itu sendiri, seperti bahan ajar, metodologi, sarana prasarana sekolah, serta hal-hal yang mendukung pembelajaran yang kondusif. Sedangkan mutu pendidikan dalam konteks hasil pendidikan mengacu pada prestasi yang dicapai oleh sekolah pada setiap kurun waktu tertentu. Disamping itu, kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, sains, dan membaca beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari pun dapat dijadikan sebagai gambaran kualitas pendidikan khususnya terhadap siswa usia wajib belajar.

Salah satu indicator yang menunjukkan mutu pendidikan di Indonesia adalah capaian hasil Programme for International Student Assessment (PISA). PISA adalah program berkelanjutan yang menawarkan wawasan untuk kebijakan dan praktik pendidikan. Program ini bertujuan untuk memonitor literasi membaca, kemampuan matematika dan kemampuan sains dengan maksud mengevaluasi dan meningkatkan metode pendidikan serta menguji performa akademis anak-anak sekolah usia 15 tahun secara rata-rata di setiap negara.

Capaian hasil PISA merupakan masukan berharga untuk mengevaluasi dan membenahi sistem pendidikan di Indonesia. PISA memberikan gambaran hasil capaian siswa melalui sistem pendidikan yang berlangsung. PISA juga membantu memantau tren dalam perolehan pengetahuan dan keterampilan siswa di seluruh negara dan berbagai subkelompok demografis di masing-masing negara. Dengan demikian data analisis PISA dianggap dapat dijadikan rujukan dalam mengevaluasi sistem pendidikan agar tujuan pembangunan manusia dapat ditingkatkan.

Kajian kebijakan ini membahas tentang evaluasi capaian PISA di Indonesia, khususnya untuk tahun 2018. Diharapkan, dengan kajian evaluasi tersebut, diperoleh inovasi dan terobosan guna meningkatkan mutu pendidikan.

Tujuan
Tujuan kajian kebijakan ini adalah untuk melakukan analisis terkait dengan SMK khususnya SMK Kesehatan. Diharapkan informasi yang dihasilkan dapat menjadi suatu pertimbangan bagi pihak yang terkait dalam peningkatan kualitas lulusan SMK kesehatan.

Manfaat
Kajian kebijakan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang dapat dijadikan bahan masukan bagi pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Untuk pembaca, kajian kebijakan ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi atau pembanding bagi kajian kebijakan berikutnya.

    Download Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



    Download File:
    Download Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku SMK - Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel