Pedoman Implementasi Kurikulum dan Juknis RA (Raudhatul Athfal)

Berikut ini adalah berkas KMA Nomor 762 Tahun 2018 Pedoman Implementasi Kurikulum dan Juknis RA (Raudhatul Athfal). Download file format PDF.

KMA Nomor 762 Tahun 2018 Pedoman Implementasi Kurikulum dan Juknis RA (Raudhatul Athfal)
KMA Nomor 762 Tahun 2018 Pedoman Implementasi Kurikulum dan Juknis RA (Raudhatul Athfal)

KMA KMA Nomor 762 Tahun 2018 Pedoman Implementasi Kurikulum dan Juknis RA (Raudhatul Athfal)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas KMA Nomor 762 Tahun 2018 Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal dan Juknis Raudhatul Athfal:

Dalam rangka implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal (RA), Kurikulum PAI dan Bahasa Arab, serta pedoman implementasi penyelenggaraan pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah (Ml), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), Kementerian Agama Republik Indonesia telah menetapkan beberapa regulasi sebagai berikut:
  1. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 792 Tahun 2018 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal.
  2. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.
  3. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah.
  4. Implementasi KMA Nomor 792 Tahun 2018 pada jenjang RA mulai Tahun Pelajaran 2019/2020. Sedangkan implementasi KMA Nomor 183 Tahun 2019 dan KMA Nomor 184 Tahun 2019 pada jenjang MI, MTs dan MA secara bertahap mulai Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 792 Tahun 2018 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal dan 9 (sembilan) Petunjuk Teknis Pembelajaran dan Penilaian Siswa Raudhatul Athfal, yaitu:
  1. SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2761 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Raudhatul Athfal;
  2. SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2762 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Raudhatul Athfal
  3. SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2763 tentang Petunjuk Teknis Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Raudhatul Athfal
  4. SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2764 tentang Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar di Raudhatul Athfal
  5. SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2765 tentang Petunjuk Teknis Strategi Pembelajaran di Raudhatul Athfal
  6. SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2766 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Perkembangan Anak di Raudhatul Athfal
  7. SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2767 tentang Petunjuk Teknis Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Raudhatul Athfal
  8. SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2768 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Raudhatul Athfal
  9. SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2769 tentang Petunjuk Teknis Pemberdayaan Orang Tua di Raudhatul Athfal.

Kurikulum Raudhatul Athfal ini disusun berdasarkan nilai Islami dan ditunjang pertimbangan yuridis, teoritis, filosofis, sosiologis dan pedagogis. Kurikulum adalah inti pokok pendidikan yang harus disusun dan dikembangkan secara berkelanjutan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Dokumen kurikulum ini merupakan dokumen hidup yang memungkinkan untuk dikembangkan dan disempurnakan. Kurikulum di Raudhatul Athfal mempunyai karakteristik tersendiri dengan fokus pada aspek perkembangan anak, transformasi, dan internalisasi nilai-nilai spiritual keislaman, yang urgensinya pada pembentukan karakter perkembangan anak. Raudhatul Athfal sebagai lembaga pendidikan yang mengembangkan embrio pendidikan moral generasi muda dan pengenalan nilai Islami pada anak sejak usia dini.

Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal menuntut kesiapan semua pihak agar dalam mengelola pembelajaran dapat lebih adaptif, efektif dan efisien dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bersifat holistik integratif.

Kepala, pendidik dan pengawas Raudhatul Athfal merupakan garda terdepan penentu kemajuan pendidikan pada tingkat RA, oleh karena itu peranannya dalam implementasi kurikulum menjadi sangat penting. Sehingga pengetahuan dan keterampilan mereka harus selalu ditingkatkan.

    Download KMA Nomor 762 Tahun 2018 Pedoman Implementasi Kurikulum dan Juknis RA (Raudhatul Athfal)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas KMA Nomor 762 Tahun 2018 Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal dan Juknis Raudhatul Athfal ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:




    Download File:
    Download KMA Nomor 762 Tahun 2018 Pedoman Implementasi Kurikulum dan Juknis RA (Raudhatul Athfal).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file KMA Nomor 762 Tahun 2018 Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal dan Juknis Raudhatul Athfal. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Pedoman Implementasi Kurikulum dan Juknis RA (Raudhatul Athfal)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel