Buku SMK Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian

Berikut ini adalah berkas Buku SMK - Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Buku SMK Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian
Buku SMK Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian

Buku SMK - Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku SMK - Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian:

Buku ini merupakan output kajian antara Direktorat Pembinaan SMK dengan Lembaga Demografi Universitas Indonesia yang outcome akhirnya adalah untuk menambah/ mengembangkan bidang keahlian yang sesuai dengan keunggulan wilayah/provinsi dalam penyerapan pekerja dan mengurangi paket-paket keahlian yang kurang sesuai dengan potensi/keunggulan ekonomi di provinsi tersebut. Hasil studi ini juga diharapkan memberikan informasi kepada Direktorat Pembinaan SMK tentang lapangan usaha yang banyak menyerap tenaga kerja lulusan SMK dan bidang keahlian dimiliki pekerja yang terserap di provinsi-provinsi yang potensi menyerap tenaga kerja lulusan SMK.

Dua dari empat Pilar Visi Indonesia 2045 adalah pembangunan Sumber daya manusia (SDM) dan penguasaan ilmu dan pengetahuan dan teknologi, serta pembangunan ekonomi berkelanjutan yang keduanya harus saling bersinergi (Bappenas, 2017). Visi 2045 mentargetkan proporsi tenaga kerja lulusan pendidikan menengah keatas mencapai 90% dan meningkatkan pendidikan vokasi yang berorientasi pada demand-driven. Untuk mencapai visi tersebut, salah satu strategi pembangunan pendidikan menengah difokuskan pada peningkatan relevansi lulusan pendidikan menengah terhadap dunia kerja.

Pada tahun 2018, lulusan SMK yang bekerja sebanyak 13,68 juta orang, yang sebagian besar (57,4%) berada di Pulau Jawa. Penyerapan pekerja lulusan SMK erat kaitannya dengan perkembangan dan peran kegiatan ekonomi sektoral. Struktur penyerapan pekerja lulusan SMK di tingkat provinsi akan sangat berbeda karena potensi ekonomi sektoral yang juga berbeda antar provinsi di Indonesia.

Kajian ini bertujuan untuk mengestimasi elastisitas penyerapan tenaga kerja lulusan SMK menurut lapangan usaha, memetakan sektor yang banyak menyerap pekerja lulusan SMK, serta mengkaji bidang Keahlian SMK yang dibutuhkan di propinsi yang memiliki potensi dalam penyerapan pekerja lulusan SMK.

Outcome kajian ini adalah sebagai acuan bagi Direktorat Pembinaan SMK untuk menambah/ mengembangkan bidang keahlian yang sesuai dengan keunggulan wilayah/provinsi dalam penyerapan pekerja dan mengurangi paket-paket keahlian yang kurang sesuai dengan potensi/keunggulan ekonomi di provinsi tersebut. Hasil studi ini juga diharapkan memberikan informasi kepada Direktorat Pembinaan SMK tentang lapangan usaha yang banyak menyerap tenaga kerja lulusan SMK dan bidang keahlian dimiliki pekerja yang terserap di provinsi-provinsi yang potensi menyerap tenaga kerja lulusan SMK.

    Download Buku SMK - Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK - Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku SMK - Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian



    Download File:
    [Download] Buku SMK - Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian.pdf

    Sumber:
    Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK - Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku SMK Analisis Potensi dan Permintaan (Demand) Pekerja Lulusan SMK Menurut Bidang Keahlian"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel