Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK

Diposting oleh Pada 4/17/2018 05:40:00 AM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK. Peraturan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Nomor: 084/D5.3/KU/2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018. Download file format PDF dan format .docx Microsoft Word.

Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK
Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK

Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK:

Peraturan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Nomor: 084/D5.3/KU/2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018.

Latar Belakang
Produk kreatif merupakan produk yang sangat potensi dan sangat dibutuhkan dalam era modern ini. Hampir setiap aspek kehidupan memerlukan dukungan produk kreatif. Produk kreatif yang terus tumbuh dan berkembang memerlukan pasokan sumber daya manusia yang handal. Berkaitan dengan kebijakan pemerintah tersebut dan mengawali semangat kreatifitas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMK mengembangkan program bantuan pemerintah Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018. Hal ini sejalan dengan Visi Direktorat Pembinaan SMK, yaitu terwujudnya SMK yang dapat menghasilkan tamatan berjiwa wirausaha yang siap kerja, cerdas, kompetitif, dan memiliki jati diri bangsa, serta mampu mengembangkan keunggulan lokal dan dapat bersaing di pasar global. Pendidikan kejuruan yang diselenggarakan secara konvensional, yang pada pembelajarannya hanya dilaksanakan sampai pada pencapaian kompetensi keahlian sebagai hard skill.

Tujuan
  1. Mendukung program pengembangan produk kreatif;
  2. Mendukung program peningkatan mutu dan relevansi pada SMK;
  3. Mendukung pelaksanaan pembelajaran yang membangun kemandirian dan jiwa kewirausahaan.

Pemberi Bantuan Pemerintah
Pemberi Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018 adalah Direktorat Pembinaan SMK melalui DIPA Satuan Kerja Direktorat Pembinaan SMK tahun 2018.

Rincian Jumlah Bantuan
Rincian jumlah Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018 adalah sebesar Rp2.250.000.000,00 untuk 45 paket.

Hasil yang Diharapkan
  1. Mendukung program pengembangan produk kreatif;
  2. Mendukung program peningkatan mutu dan relevansi pada SMK;
  3. Mendukung pelaksanaan pembelajaran yang membangun kemandirian dan jiwa kewirausahaan.

Bentuk Bantuan Pemerintah
Bentuk Bantuan adalah Bantuan Pemerintah yang diberikan dalam bentuk uang.

Persyaratan Penerima Bantuan Pemerintah
  1. SMK yang memiliki sumberdaya memadai untuk melaksanakan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018 yang sesuai dengan event kegiatan penyelenggaraan pameran (SDM, sarana/prasarana, manajemen, dan peluang bisnis);
  2. Menyampaikan proposal kelayakan untuk melaksanakan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018 yang sesuai dengan event kegiatan penyelenggaraan pameran, termasuk deskripsi program produk kreatif yang akan dipamerkan;
  3. Telah ditetapkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran sebagai Penerima Bantuan Pameran Produk Kreatif SMK;
  4. Materi Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018 berupa produk inovatif dan baru.

Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018 sebagai suatu pola pembelajaran berbasis produksi/jasa, dimana siswa tidak lagi belajar secara konvensional dan simulatif, tetapi mereka diajak terjun langsung melakukan pembelajaran untuk menghasilkan produk barang/jasa yang dapat dimanfaatkan untuk menopang biaya praktik periode berikutnya secara terus menerus. Semua siswa pada program/kompetensi keahlian harus mampu menerapkan keterampilan yang telah diperoleh melalui pembelajaran kurikuler kedalam kegiatan praktek produksi dan jasa. Barang dan jasa hasil pembelajaran Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018 diarahkan agar memiliki kualitas yang sekurang-kurangnya dapat diterima oleh lingkungan warga sekolah sampai dapat diterima oleh masyarakat industri/ pelanggan.

Dengan tersusunnya Petunjuk Pelaksanaan ini diharapkan dapat mewujudkan program pemerintah dalam rangka memperbaiki kualitas hasil pembelajaran di SMK dengan menerapkan pola Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018. Diharapkan pula semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2018 ini dapat memahami isi Petunjuk Teknis program bantuan ini, sehingga pembimbingan dan pembinaan yang akan dilakukan sejalan dengan arah kebijakan Direktorat Pembinaan SMK.

Lampiran:
RANCANGAN PROGRAM KERJA PENGEMBANGAN PAMERAN PRODUK KREATIF HASIL PEMBELAJARAN SISWA SMK TAHUN 2018 (DALAM RANGKA USULAN BANTUAN PAMERAN PRODUK KREATIF HASIL PEMBELAJARAN SISWA SMK TAHUN 2018)

    Download Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK



    Download File:

    Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK.pdf
    Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK.docx


    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Juklak Bantuan Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK. Semoga bisa bermanfaat.


    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *