Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018

Diposting oleh Pada 4/17/2018 07:20:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018. Peraturan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Pembinaan  Sekolah Menengah Kejuruan Nomor: 080/D5.3/KU/2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Pendampingan Proses Dan Metode Pembelajaran Dan Penilaian Tahun 2018. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF.

Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018
Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018

Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018:

Peraturan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Nomor: 080/D5.3/KU/2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Pendampingan Proses Dan Metode Pembelajaran Dan Penilaian Tahun 2018.

Latar Belakang
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 angka 1 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pada Pasal 24 dijelaskan bahwa Standar Proses Pembelajaran dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan ditetapkan dengan Peraturan Menteri. Standar Proses Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) dikembangkan mengacu Standar Kompetensi Lulusan PMK dan Standar Isi PMK.

Proses pembelajaran pada PMK diarahkan untuk mencapai tujuan yang dikembangkan berdasarkan profil lulusan yaitu: (1) beriman, bertakwa, dan berbudi pekerti luhur; (2) memiliki sikap mental yang kuat untuk mengembangkan diri secara berkelanjutan; (3) menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan pembangunan; (4) memiliki kemampuan produktif sesuai dengan bidang keahliannya baik untuk bekerja pada pihak lain atau berwirausaha, dan (5) berkontribusi dalam pembangunan industri Indonesia yang kompetitif menghadapi pasar global. Proses Pembelajaran diselenggarakan dengan berbasis aktivitas secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Selain itu proses pembelajaran juga memberikan ruang untuk berkembangnya keterampilan abad XXI yaitu kreatif, berfikir kritis, penyelesaian masalah, kolaborasi, dan komunikasi yang memberikan peluang bagi pengembangan prakarsa dan kemandirian sesuai dengan minat, bakat, dan perkembangan psikologis peserta didik. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang berbasis aktivitas sesuai karakteristik kompetensi keahlian SMK.

Tujuan
Guna memperkuat pendekatan saintifik serta pendekatan rekayasa dan teknologi maka tujuan pendampingan proses dan metode pembelajaran dan penilaian bertujuan untuk menghasilkan:
  1. Pembelajaran penyingkapan (inquiry learning);
  2. Pembelajaran penemuan (discovery learning);
  3. Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning);
  4. Pembelajaran berbasis produk (production based training);
  5. Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) serta teaching factory atau technopark;
  6. Pembelajaran berbasis kompetensi.

Pemberi Bantuan Pemerintah
Pemberi Bantuan Pendampingan proses dan metode pembelajaran dan penilaian Tahun 2018 adalah Direktorat Pembinaan SMK melalui DIPA Satuan Kerja Direktorat Pembinaan SMK tahun 2017.

Rincian Jumlah Bantuan
Rincian jumlah Bantuan Pendampingan proses dan metode pembelajaran dan penilaian adalah sebesar Rp2.400.000.000,00 untuk 80 paket.

Hasil yang Diharapkan
Tercapainya sasaran Bantuan Pendampingan proses dan metode pembelajaran dan penilaian melalui 80 paket bantuan. 

Bentuk Bantuan Pemerintah
Bentuk Bantuan adalah Bantuan Pemerintah yang diberikan dalam bentuk uang.

Karakteristik Program Bantuan Pemerintah
  1. Bantuan ini harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku (Perpres No. 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan perubahannya);
  2. Bantuan dana ini diberikan secara utuh dan tidak diperkenankan melakukan pemotongan dengan alasan apapun serta oleh pihak manapun;
  3. Jangka waktu penggunaan dana selambat-lambatnya 6 (enam) bulan sejak diterimanya dana tersebut di rekening SMK;
  4. Bantuan ini harus dikelola secara transparan, efisien dan efektif serta dapat dipertanggungjawabkan, administrasi maupun keuangan.

Persyaratan Penerima Bantuan Pemerintah
  1. SMK yang akan didampingi dan dibimbing oleh P4TK/Politeknik yang ditetapkan;
  2. SMK diberi pendampingan sesuai Kompetensi Keahlian oleh P4TK/Politeknik terkait.

Mekanisme Pengajuan Usulan Bantuan Pemerintah
  1. Direktorat Pembinaan SMK melalui Subdit Kurikulum melakukan seleksi dan menetapkan SMK calon penerima bantuan;
  2. Direktorat pembinaan SMK menyampaikan Undangan Bimbingan Teknis ke SMK;
  3. Bagi SMK yang ditetapkan sebagai calon penerima bantuan wajib menyampaikan persyaratan sebagai penerima bantuan;
  4. Direktorat Pembinaan SMK menetapkan SMK penerima bantuan dengan surat keputusan setelah dinyatakan memenuhi persyaratan;
  5. Kepala Sekolah SMK dan Pejabat Pembuat Komitmen menandatangani Surat Perjanjian pemberian bantuan.

Dalam Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018 dilampirkan beberapa format administrasi untuk SMK diantaranya.
  • Format I : Petunjuk Penyusunan Proposal - PROPOSAL BANTUAN PENDAMPINGAN PROSES DAN METODE PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN - DIREKTORAT PEMBINAAN SMK - DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2018.
  • Format II : SK Tim Pendampingan proses dan metode pembelajaran dan penilaian.
  • Format III : SPTJM - SURAT KETERANGAN TANGGUNGJAWAB MUTLAK.

    Download Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018



    Download File:

    Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018.pdf
    Lampiran - Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018.docx

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Juklak Bantuan Pendampingan Proses dan Metode Pembelajaran dan Penilaian SMK Tahun 2018. Peraturan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Nomor: 080/D5.3/KU/2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Pendampingan Proses Dan Metode Pembelajaran Dan Penilaian Tahun 2018. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga informasi dan download berkas file edukasi lainnya.

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *