Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika Teknologi dan Fisika Non Teknologi

Diposting oleh Pada 8/04/2018 09:07:00 AM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika Teknologi dan Fisika Non Teknologi. Download file format PDF.

Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika Teknologi dan Fisika Non Teknologi
Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika Teknologi dan Fisika Non Teknologi

Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika Teknologi dan Fisika Non Teknologi

Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika Teknologi dan Fisika Non Teknologi ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai berkas Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika Teknologi dan Fisika Non Teknologi:

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, peningkatan, pengembangan dan pembinaan terhadap pelaksanaan pendidikan nasional merupakan hal yang paling penting. Di pihak lain perkembangan industri dan tatanan masyarakat lain sebagai pengguna tenaga manusia terdidik terus berkembang sesuai dengan perubahan di segala bidang sehingga diperlukan penyedia sumber daya manusia yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Pemenuhan tenaga terdidik yang berkwalitas bergantung pada pola pendidikan, dimana proses pendidikan yang baik harus selalu dilakukan perbaikan di semua jenjang pendidikan baik dari tingkat dasar, menengah dan tinggi.

Jenjang pendidikan menengah merupakan jenjang yang menjadi pembentukan karakter bagi anak didik yang nantinya akan menentukan keberhasilan suatu bangsa, dimana dari jenjang inilah dimulainya klasifikasi kompetensi diri untuk mengisi sejumlah bidang kehidupan di masyarakat umumnya maupun secara spesifik bidang sain, teknologi, ekonomi, agama dan sosial budaya. Pendidikan menengah terdiri sekolah menengah umum, sekolah menengah keagamaan dan sekolah menengah kejuruan. Secara khusus sekolah menengah kejuruan dipersiapkan untuk mendidik siswa menjadi tenaga terampil dan praktis sesuai kompetensinya yang nantinya disalurkan pada jenjang pendidikan tinggi yang serumpun.

Bersamaan perubahan perkembangan jaman dengan dibukanya peluang bagi semua siswa lulusan dari berbagai jenis sekolah menengah, baik yang bersifat sekolah menengah umum, kejuruan ataupun keagamaan, agar siswa lulusannya mampu berkompetisi masuk di perguruan tinggi, maka sebagai konsekuensinya pemerintah harus menyediakan, mengelola dan membina terhadap fasilitas software maupun hardware untuk sekolah menengah kejuruan dan sekolah menengah keagamaan yang mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan sekolah menengah umum, akibat adanya perubahan kebijakan tersebut.

Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran mata pelajaran Fisika untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Indonesia khususnya kompetensi non teknologi, maka pihak Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah dan Kejuruan Depdiknas melakukan kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Karena ITS dipandang telah memiliki pengalaman dalam membina mahasiswa baru yang berasal dari kelompok sekolah menengah kejuruan untuk ikut program pembenahan tersebut.

Kebijakan pencanangan tahun 2015 oleh pemerintah agar perbandingan jumlah siswa SMU terhadap SMK menjadi 30 : 70 prosen, dimana terbalik dari kondisi sekarang, maka harus dilakukan langkah-langkah perubahan dengan berbagai pembenahan. Pembenahan dapat dimulai dari penyediaan buku ajar yang berbahan baku standar, lengkap dan disajikan secara lebih populer, yaitu mudah dipahami dan terjangkau. Permasalahan di lapangan adalah keberagaman system pengelolaan sekolah menengah kejuruan di berbagai daerah sudah lama dibebaskan dengan porsi kurikulum terbesarnya pada muatan lokal, dengan kompetensi yang terlalu sempit, karena kebijakan bahwa SMK harus padu dan terkait dengan kebutuhan lingkungan terdekatnya.

Untuk pengajaran mata pelajaran Fisika, umumnya para guru SMK, belum mempunyai pedoman yang seragam dan tegas. Tiap SMK memiliki arahan dan kebijakan tersendiri. Guru lebih memilih untuk meracik sendiri materi yang akan diberikan kepada siswanya dari berbagai buku fisika yang teersedia dan berdasar pengalaman sewaktu menempuh pendidikan di bangku kuliah. Di sisi lain untuk SMK berkualitas, seringkali terjebak dalam “standar kurikulum” yang disesuikan dengan selera industri pemakai tenaga lulusannya.

Program penyediaan buku yang standar nasional, selalu dibarengi dengan pernyesuaian lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pelaksanan di lapangan, penyiapan guru pengajarnya, upaya mendapatkan umpan balik, revisi buku dan pembakuan kurikulum. Diharapkan semua program hendaknya dapat dijalankan dengan tanpa mendikte ataupun dengan pemaksaan, karena harus mengejar target waktu agar cepat terselesaikan, sedangkan di lapangan masih dibutuhkan suatu panduan yang lebih implementatif dan aplikatif. Hal ini mengingat SMK telah berjalan dengan budaya dan mapan dengan lingkungannya. Perubahan hendaknya secara bertahap dan dengan kesadaran institusinya serta sesuai tuntutan lingkungan, lapangan kerja dan kesiapan bersaing dari lulusannya.

    Download Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika Teknologi dan Fisika Non Teknologi

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika Teknologi dan Fisika Non Teknologi ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika



    Download File:

    Buku SMK Adaptif - Fisika Teknologi - Jilid 1.pdf
    Buku SMK Adaptif - Fisika Teknologi - Jilid 2.pdf
    Buku SMK Adaptif - Fisika Teknologi - Jilid 3.pdf
    Buku SMK Adaptif - Fisika Non Teknologi - Jilid 1.pdf
    Buku SMK Adaptif - Fisika Non Teknologi - Jilid 2.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Bahan Ajar SMK Adaptif Fisika Teknologi dan Fisika Non Teknologi. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *