Buku SMK Bisnis Manajemen Kesekretarisan

Diposting oleh Pada 8/05/2018 05:32:00 PM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku SMK Bisnis Manajemen Kesekretarisan Jilid 1 2. Download file PDF.

Buku SMK Bisnis Manajemen Kesekretarisan
Buku SMK Bisnis Manajemen Kesekretarisan

Buku SMK Bisnis Manajemen Kesekretarisan

Buku SMK Bisnis Manajemen Kesekretarisan ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Untuk memudahkan pembaca dalam mempelajari isi buku, maka buku Kesekretarisan ini disusun menjadi 2 (dua) jilid. Buku Kesekretarisan Jilid 1 memuat 7 bab, yaitu Pendahuluan; Organisasi dan Kantor; Sarana Kantor; Organisasi dalam Kantor; Perencanaan Kerja Kantor, Efisiensi Pekerjaan, dan Kerja Sama; Tata Kerja, Sistem Kerja, Hubungan Kerja dan Kepemimpinan; serta Keselamatan, dan Kesehatan Kerja . Adapun untuk buku Kesekretarisan Jilid 2 memuat 6 bab, yaitu Profesi Sekretaris, Manajer Kantor, dan Pegawai Administrasi; Kompetensi Khusus dan Moral Sekretaris; Empat Kemahiran Bahasa; Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan; Proses Transaksi Akuntansi, serta Keterampilan Komunikasi dan Korespondensi.

Buku ini berjudul Kesekretarisan sehingga sepintas lalu seperti buku ini yang membahas materi tentang sekretaris, tetapi sebenarnya buku ini membahas materi administrasi perkantoran; sehingga materi tentang profesi sekretaris hanya merupakan salah satu bagian.

Buku ini disusun berdasarkan kompetensi yang ditentukan sesuai Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Ada 18 kompetensi yang kemudian dijadikan sebagai titik tolak penulisan buku. Ke-18 kompetensi tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Bekerja sama dengan kolega dan pelanggan.
  2. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja.
  3. Berkomunikasi melalui telepon.
  4. Menggunakan peralatan kantor.
  5. Merencanakan dan melakukan pertemuan.
  6. Melakukan prosedur administrasi.
  7. Mengikuti aturan kerja sesuai dengan lingkungan kerja.
  8. Menjaga dan melindungi budaya kerja.
  9. Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen.
  10. Menangani surat masuk dan keluar.
  11. Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas.
  12. Mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah.
  13. Menghasilkan dokumen sederhana.
  14. Menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen.
  15. Mengatur perjalanan bisnis.
  16. Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
  17. Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi.
  18. Memproses transaksi keuangan.

Berdasarkan 18 kompetensi yang ditentukan di dalam kurikulum, buku ini membahas secara meluas materi-materi perkantoran yang berkaitan dengan pekerjaan tiga jenis profesi: sekretaris, manajer kantor, dan pegawai administrasi yang menjadi target buku ini. Materi-materi tersebut adalah: kantor, organisasi, manajemen perkantoran, sarana kantor, tata ruang kantor, pengorganisasian dalam kantor, perencanaan kerja, efisiensi pekerjaan, efisiensi dalam kantor, tata kerja, sistem kerja, hubungan kerja, kepemimpinan, kepengikutan, pengamanan, keselamatan kerja, kesehatan kerja, profesi sekretaris, profesi manajer kantor, profesi pegawai administrasi, kompetensi khusus sekretaris, moral sekretaris, empat keterampilan bahasa yang harus dikuasai oleh sekretaris, manajer kantor maupun pegawai administrasi, kearsipan dan pengarsipan yang juga harus dikuasai oleh ketiga profesi itu, akuntansi dasar dan keuangan, dan keterampilan komunikasi dan korespondensi dan sebagainya.

Khususnya bahasan yang berkaitan dengan materi korespondensi, dalam buku ini, selain membahas korespondensi bahasa Indonesia dan korespondensi bahasa Inggris; juga dibahas korespondensi bahasa Jepang. Korespondensi bahasa Jepang dianggap perlu untuk diajarkan mengingat bahwa korespondensi Jepang, akhir-akhir ini, pemakaiannya mempunyai frekuensi yang sangat tinggi. Hal tersebut, ditandai sejalan dengan semakin berkembangnya hubungan bisnis antara Indonesia dan Jepang. Sementara itu, bobot materi yang diajarkan, diserahkan sepenuhnya kepada sekolah dan tenaga guru yang ada di masing-masing sekolah.

Berdasarkan 18 kompetensi yang ditentukan di dalam kurikulum dan isi materi, buku ini bertujuan mencetak tenaga lulusan yang nantinya sanggup dipekerjakan sebagai: 1. Sekretaris, yaitu sekretaris organisasi atau sekretaris kantor, atau sekretaris perorangan pimpinan, atau sekretaris pribadi tokoh masyarakat; 2. Manajer kantor, yaitu pimpinan sebuah kantor administrasi baik pemerintah maupun swasta, kantor lembaga pemerintah maupun kantor badan usaha swasta; 3. Pegawai administrasi yaitu karyawan kantor yang menangani urusan administrasi perkantoran, baik pemerintah maupun swasta.

Delapan belas kompetensi yang ditentukan di dalam kurikulum tersebut, kemudian diramu menjadi materi pelajaran sebanyak 12 bab. 
Bab I : Pendahuluan
Bab II : Organisasi dan Kantor
Bab III : Sarana Kantor
Bab IV : Organisasi dalam Kantor
Bab V : Perencanaan Kerja Kantor, Efisiensi Pekerjaan, dan Kerja Sama.
Bab VI : Tata Kerja, Sistem Kerja, Hubungan Kerja dan Kepemimpinan
Bab VII : Keamanan, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja
Bab VIII : Profesi Sekretaris, Manajer Kantor, dan Pegawai Administrasi
Bab IX : Kompetensi Khusus dan Moral Sekretaris
Bab X : Empat Kemahiran Bahasa
Bab XI : Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan
Bab XII : Proses Transaksi Akuntansi
Bab XIII : Keterampilan Komunikasi dan Korespondensi

Isi ringkas dari masing-masing bab beserta kompetensi kurikuler diintegrasikan di dalamnya, kemudian dijabarkan melalui bab demi bab.

    Download Buku SMK Bisnis Manajemen Kesekretarisan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Bisnis Manajemen Kesekretarisan ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku SMK Bisnis Manajemen Kesekretarisan



    Download File:
    Guru SMK Bisnis Manajemen - Kesekretarisan - Jilid 1.pdf
    Guru SMK Bisnis Manajemen - Kesekretarisan - Jilid 2.pdf
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Bisnis Manajemen Kesekretarisan. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *