Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah

Diposting oleh Pada 8/19/2018 09:27:00 AM dengan No comments



Berikut ini adalah berkas Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah. Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK - Kemdikbud. Download file format PDF.

Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah
Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah

Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah:

"Making Indonesia4.0" merupakan salah satu program menyiapkan industri Indonesia menghadapi revolusi industri ke4. Salah satu sektor yang menjadi prioritas adalah industri tekstil dan garmen. Era revolusi industri 4 ditandai dengan otomasi, robotika dan segalanya terhubung dengan internet (Internet of Things). Perkembangan Teknologi tersebut menuntut semua pihak untuk melakukan perubahan sistem kerja, termasuk dalam menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten.

SMK harus mampu menghasilkan lulusan yang memenuhi standar kompetensi dan menguasai teknologi yang digunakan industri.Teknologi CAD/CAM pembuatan pola busana telah umum digunakan di industri garmen dan telah tercantum dalam kurikulum 2013 SMK kompetensi keahlian Tata Busana melalui mata pelajaran pembuatan busana industri dengan salah satu kompetensi dasar membuat pola busana dengan komputer/CAD.

Buku Pola, Grading dan Marker dengan CAD Seri 1 ini hadir untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai salah satu sumber belajar dalam mempelajari pembuatan pola busana sistem digital dengan Software Richpeace V.8 Free (Evaluation, non-commercial).

Berbekal pada pengalaman mengajar di program keahlian Tata Busana SMK Ibu Kartini Semarang, penulis berusaha menyusun buku ini sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan siswa dalam kurikulum 2013, terutama pada mata pelajaran Pembuatan busana sistem industri yang salah satu materinya adalah Pembuatan pola busana dengan sistem digital/CAD. Langkah-langkah pembelajaran pada buku ini, disusun secara sistematis, sehingga memungkinkan siswa untuk belajar mandiri.

CAD (Computer Aided Design)
CAD (Computer Aided Design) adalah Teknologi komputer baik hardware maupun software untuk proses pembuatan desain beserta dokumentasi. Penggunaan CAD telah digunakan secara luas oleh masyarakat maupun dunia Industri. Banyak aplikasi CAD yang disipakan untuk berbagai sektor indsutri seperti merancang kontruksi rumah, jembatan, mesin-mesin industri, produk hingga produk Fashion. Aplikasi CAD saat ini tersedia untuk mendesain, membuat pola, visual merchandising virtual 2 dimensi, 3 dimensi hingga animasinya.

Penggunaan aplikasi CAD dalam masyarakat modern saat ini telah merasuki hampir setiap industri termasuk juga industri desain fashion. Di era digital saat ini dan sesuai dengan tuntutan keterampilan Abad 21, agar tidak tertinggal dengan sistem kerja global yang memanfaatkan teknologi ICT secara luas di setiap aspek kehidupan sehingga banyak lembaga pendidikan fashion mengintegrasikan penggunaan CAD dalam kurikulum pengajaran. Para desainer pakaian sekarang bekerja menggunakan komputer untuk membuat sketsa, ilustrasi dan presentasi desain. CAD memungkinkan desainer untuk melihat desain pakaian secara virtual baik dalam 2D maupun 3D pada model virtual dan dalam berbagai warna, motif, draperi bahan pada tubuh model.

Saat ini komputer untuk fashion telah berkembang dengan pesat. Desain fashion dapat dilakukan dengan menggunakan CAD. Teknologi CAD untuk indsutri fashion dapat digunakan dari menentukan janis dan motif bahan,ukuran, membuat pola hingga presentasi produk sehingga komputer merupakan komponen Pening dari industri fashion. Meski tidak sepenuhnya CAD mampu menggantikan desain manual namun tuntutan penggunaan CAD di era digital ini semakin tinggi, software-software desain terus dikembangkan untuk membantu orang-orang yang berkecimpung dalam dunia fashion agar mampu menampilkan karya lebih cepat, lebih menarik dan lebih realistik bagi pelanggannya.

Cara tradisional menyusun atau membuat sketsa dengan tangan masih merupakan metode yang paling banyak digunakan para pelaku industri fashion sehingga di sekolah mode, pengajaran metode desain tradisional, termasuk konstruksi pola manual tetap Pening untuk tetap dilaksanakan namun tidak diragukan lagi bahwa belajar metode CAD ini sangat Pening untuk diterapkan mengingat perkembangan teknologi dan sistem kerja saat ini menuntut penggunaan komputer desain. CAD dapat membantu siswa menggambar, membuat tekstur anyaman, untuk membuat pola, menyesuaikan ukuran dan bahkan menentukan warna, motif, jenis kain dengan cepat dan udah tanpa mengulangi proses dari awal.

Dengan Memperkenalkan aspek teknologi ini akan memungkinkan siswa untuk memahami lebih baik dan mencoba berbagai kombinasi dalam desain mereka. Ini akan menghemat faktor waktu yaitu dengan menggunakan metode CAD siswa dapat belajar lebih banyak dengan waktu lebih cepat dan hasilnya dapat dilihat lebih nyata sebelum menjadi produk jadi.

Di industri garmen penggunaan CAD telah terkombinasi dengan CAM (computer aided manufacturing) dimana software CAD/CAM ini telah terintegrasi dalam alur produksi dari awal hingga akhir. etelah Anda selesai desain, saatnya untuk membuat sampel dari garmen. Dengan program mode CAD dapat membuat sketsa teknis dengan akurat sesuai dengan ukuran dan fitting pakaian pada tubuh sehingga dari CAD dapat menghasilkan sampel yang benar-benar benar sesuai desain/spesifikasi teknis yang diharapkan. Menggunakan CAD juga membuat produksi garmen jauh lebih cepat dan mudah. Dengan template yang tepat tentang bagaimana jatuhnya pakaian pada tubuh, memungkinkan lebih dari langkah-langkah dalam proses pra-produksi hingga produksi secara otomatis, seperti menggelar kain, memotong pola dari pakaian dalam jumlah besar. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya dalam proses produksi.

Peluang Kerja bidang fashion sangat terbuka luas dari sektor industri kreatif, industri retail maupun industri garmen tersebar di seluruh dunia. Komunikasi bisnis dalam industri fashion saat ini sudah tak terbatas ruag dan waktu sehingga komunikasi dalam format digital menjadi kebutuhan yang tak bisa ditolak untuk itu penguasaan teknologi CAD sebagai bagian dari perkembangan ICT saat ini merupakan suatu keharusan. Oleh karena itu sekolah mode termasuk SMK bidang Tata Busana sangat Pening untuk melaksanakan pembelajaran CAD.

Fungsi CAD untuk Fashion
Mendesain busana – CAD dilengkapi dengan tampilan visual 2D , 3D hingga animasinya serta fitur yang dapat digunakan untuk mengembangkan desain, mengujicoba beberapa alternatif desain, motif, warna, hingga animasi peletakan busana pada tubuh dengan cepat dan untuk memodifikasi desain dengan relatif mudah.

Mengambil ukuran dan Membuat Pola busana – Software 3 D body scanning dapat mengambil titik-titik ukuran tubuh secara cepat dan akurat, kemudian diolah untuk pembuatan pola dengan CAD pattern, grading and marker sehingga menghasilkan komponen-komponen pola, menyediakan representasi visual nyata tentang bagaimana pola akan dibentuk, dikembangkan hingga visualisasi motif pada pola akan bisa tampak nyata. Saat merancang kebutuhan kain, itu memungkinkan desainer memilih dan memodifikasi peletakan pola yang berbeda, sebelum memilih yang terakhir. Proses menghemat biaya dan waktu, bahan dan biaya dibandingkan secara manual. CAD memungkinkan seorang desainer untuk memodifikasi menduplikasi warna, motif, pose dari desain untuk membantu mendapatkan model yang benar-benar akan diproduksi.

Membuat prototype busana – CAD memungkinkan melihat hasil jadi busana secara virtual sehingga prototype tidak perlu lagi dibuat dengan dijahit untuk melihat hasil akhirnya, penggunaan CAD dapat membuat animasi model busana seperti dalam kehidupan nyata seperti spesifikasi yang tepat yang ditetapkan oleh pengguna aplikasi.

Manfaat penggunaan teknologi CAD di industri fashion diantaranya adalah Menghemat waktu, penggunaan CAD menghilangkan waktu terbuang dalam merancang, mengurangi beban kerja desainer, membantu desainer dengan mengatur ide-ide sehingga mempercepat semua proses. Ide-ide kreatif dapat diwujudkan dengan cepat tidak perlu lagi membuat secara manual dengan berualang ulang dari membuat sketsa, mewarnai hingga mewujudkan produk jadi. Mampu di produksi kembali dengan sangat cepat. File digital lebih tahan lama, hemat tempat penyimpanan, menghemat kertas, clipboard dan album berbeda jika disimpan dalam bentuk fisik semua rentan terhadap kerugian dan kerusakan dan membutuhkan ruang yang cukup luas.

Penyajian gambar dan prototipe virtual lebih menarik sehingga dalam mengkomunikasikan dan mempresentasikan karya akan lebih memikat. Teknologi CAD memungkinkan membuat prototipe virtual seperti produk jadi dengan tampilan nyata sehingga dapat digunakan untuk presentasi, berkomunikasi dan bertemu investor/konsumen tanpa batas ruang dan waktu. Lebih meningkatkan kepercayaan konsumen karena mampu melihat hasil akhir diawal secara akurat sebelum di produksi secara nyata.

Dengan menguasai teknologi CAD maka lulusan sekolah mode/fashion akan menjadi SDM yang unggul dan berdaya saing tinggi sehingga siap berperan dan berkompetisi pada bisnis fashion global. Teknologi otomasi dan komputerisasi dalam produksi busana berupa peralatan produksi dan perangkat lunak/Software yang digunakan untuk mendesain hingga memproduksi produk busana. Ada beberapa perusahaan dari Amerika, Perancis Israel, Jerman, Jepang, India dan China yang memproduksi dan mengembangkan teknologi CAD/CAM untuk produksi busana dan software-software ini telah dipasarkan secara luas di Indonesia. Beberapa software yang cukup populer  digunakan adalah :

1. Lectra (www.lectra.com)
Lectra adalah salah satu perusahaan CAD/CAM di berbagai sektor industri. Untuk produksi busana Lectra menyediakan berbagai Software dan Hardware untuk produksi busana. Beberapa Software Lectra adalah:
a. Lectra Kaledo: Software ini digunakan untuk desain busana baik 2D/3D.
b. Lectra Modaris: Software ini digunakan untuk membuat pola busana.
c. Lectra Diamino: Software ini digunakan untuk membuat perencanaan marker.
d. Lectra Optiplan: Software ini digunakan untuk perencanaan proses potong.
e. Lectra Brio: Software untuk proses penggelaran kain.
f. Lectra Vector: Software dan hardware untuk proses pemotongan secara otomatis.
g. Lectra PLM: Software untuk mengelola dan mengendalikan proses produksi.

2. Gerber Technology (www.gerbertechnology.com)
Gerber adalah perusahaan yang berbasis di Amerika. Beberapa Software yang diproduksi oleh Gerber adalah :
a. Accumark 3D: Software untuk membuat desain busana 2D3D
b. Accumark: Software untuk memproduksi pola
c. Accunest: Software untuk membuat marker
d. Accuplan: Software/hardware untuk perencanaan dan proses penggelaran dan pemotongan bahan
3. Optitex (www.optitex.com)
Perusahaa ini berpusat di Israel dengan memiliki beberapa kantor cabang di Amerika, India dan Hongkong beberapa Software CAD/CAM garmen yang ditawarkan adalah :
a. Optitex 3D Product Creation Suite: Software desain busana 3D
b. Optitex 2D Pattern Making Suite: Software untuk produksi pola
c. Optitex Cutting Room Optimization Suite: Software untuk gellar dan potong bahan
d. Optitex Marker Making Suite: Software untuk perancanaan marker
e. Optitex Digital Collection App: Software untuk display/showroom produk secara online

4. Padsystem (www.padsystem.com)
Perusahaan Padsystem berbasis di Canada dengan produknya adalah :
a. Pad pattern :Software untuk membuat pola busana
b. Pad marker : Software untuk merancang marker pada produksi busana
5. Tukatech (www.tukatech.com)
Perusahaan CAD/CAM garmen yang berpusat di Los Angles Amerika dengan produk yang ditawarkan adalah:
a. Tukacad 2D Pattern: Software untuk membuat pola busana
b. Tuka Studio: Software untuk membuat desain textile dan motif pada kain
c. Tuka 3D: Software untuk membuat desain busana 3D
d. SmartMark: Software untuk merancang marker pada produksi busana
e. TukaTrack:RFID sistem untuk melacak komponen bahan

6. Richpeace (www.richpeace.com)
Perusahaan CAD/CAM untuk garmen yang berbasis di China. Richpeace mengeluarkan Software dan hardware dari bordir, desain busana, pola hingga peralatan mesih jahit dan berbagai peralatan otomatis untuk produksi busana.

Sangat lengkap untuk produksi busana. Beberapa produk yang ditawarkan adalah:
a. Garment Template Design : Software untuk merancang jahitan pada komponen pola busana
b. Pattern Design System (RP-DGS) : Software untuk membuat pola
c. Grading & Marker System (RP-GMS): Software untuk merancang grading dan marker
d. 3D Creation & Style Design : Software untuk mendesain busana 3D

Masih banyak perusahaan lain yang juga menawarkan berbagai software dan hardware untuk CAD garmen seperti Assystbullmer (www.assystbullmer.co.uk), Fashioncad (www.fashioncad.net), Winda (www.windacadcam.com).

Banyaknya penyedia teknologi CAD/CAM garmen ini menunjukkan bahwa kebutuhan penggunaan teknologi otomasi dan komputerisasi di bidang produksi busana sudah menjadi kebutuhan zaman. Joyce Adwoa dkk (2014) menyatakan penggunaan CAD memberikan beberapa keuntunngan diantaranya adalah
  1. Meningkatkan kecepatan produksi
  2. Meningkatkan akurasi dan presisi dalam produksi
  3. Meningkatan ergonomic
  4. Memudahkan manajemen lifecycle produk (Sri Emy Yuli, dkk, 2016)
Pada buku ini akan menggunakan software CAD pattern design grading dari Richpeace V8 Free Version.

Software CAD Richpeace, bisa diunduh di:
  1. Richpeace Garment CAD V8.0 Free Version http://www.richpeace.com/GarmentCAD-show-119.html
  2. Richpeace Garment CAD V9.0 Education Version http://www.richpeace.com/GarmentCAD-show-118.html
Richpeace Garment CAD V8 Free Version dan Richpeace Garment CAD V9.0 Education Version dari Richpeace ini dapat digunakan secara bebas oleh siswa di sekolah/universitas yang menyelenggarakan program keahlian busana ataupun oleh masyarakat umum yang ingin belajar CAD untuk garmen. Semua komputer di laboratorium komputer dan semua komputer/laptop siswa dapat diinstal secara bebas sehingga dapat mendorong siswa belajar mandiri. Selain itu Richpeace juga telah merilis versi terbaru untuk komersial. Namun untuk belajar cukup menggunakan V8 Free Version yang menyediakan tool dan berbagai fungsinya secara lengkap sehingga semua siswa SMK dapat belajar menggunakan software CAD pattern making degan maksimal.

Untuk Instalasi Software CAD Richpeace membutuhkan peralatan sebagai berikut:
Komputer (desktop pc/ laptop) dengan spesifikasi minimal sebagai berikut:
  1. O/S Windows 7 dan setalahnya
  2. RAM min 2GB
  3. Processor core I3
  4. Hardisk 250GB, free min 50GB 
  5. External mouse (harus ada), and USB port 
  6. Monitor min 14 inch

    Download Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah



    Download File:

    Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Pattern, Grading dan Marker dengan CAD Richpeace Seri 1 Busana Anak dan Busana Rumah. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda


    Lihat juga beberapa informasi berkas rekomendasi lainnya:
    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *