Model RPP ABK SLB Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD

Berikut ini adalah berkas Model RPP ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) untuk SDLB, SMPLB, SMALB Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD. Download file format PDF.

Model RPP ABK SLB Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD
Model RPP ABK SLB Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD

Model RPP ABK SLB Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Model RPP ABK SLB Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD:

MODEL INSPIRASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)

Pelaksanaan Kurikulum 2013 telah diatur oleh Pemerintah melalui kebijakan, salah satunya ialah Peratur­an Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang menyatakan bahwa terdapat 13 (tiga belas) komponen penyusunan Rencana Pelaksa­naan Pembelajaran (RPP). Fakta di lapangan, penyusu­nan RPP menggunakan 13 komponen cukup menyita waktu guru dan membutuhkan setidaknya 8 (delapan) halaman kertas ukuran kuarto (A4) sehingga dinilai tidak efektif dan efisien.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebu­dayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi dasar penyusunan RPP oleh guru yang lebih efektif, efisien, dan berorientasi pada siswa sehingga memungkinkan RPP dibuat menjadi satu halaman untuk memudahkan guru dan tentu akan efektif dari segi waktu dan efisien jika harus mencetaknya. RPP mencakup 3 (tiga) komponen, yaitu; tujuan pembelajaran, langkah-­lang kah kegiatan, dan pe­nilaian.

Sebagai lembaga yang mempersiapkan kebijakan Pemerintah dalam berbagai hal terkait implementasi kurikulum serta berdasarkan pertimbangan tersebut di atas, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model inspiratif penyusunan RPP salah satunya bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagai contoh bagi guru yang mengampu pembelajaran bagi ABK.

Rambu-Rambu RPP untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Berdasarkan UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 ayat 2 dan 4, anak berkebu­tuhan khusus dapat dikate gorikan menjadi (1) anak yang memerlukan pendidikan khusus, yaitu mereka yang mengalami kelainan fisik, mental, dan sosial ter­masuk anak yang memiliki kelainan ganda, serta anak yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa. Keduan­ya memerlukan pendidikan khusus agar mereka dapat berkembang secara optimal; (2) anak yang memerlukan pendidikan layanan khusus, yaitu anak di daerah terpen­cil, masyarakat adat, anak yang berada di daerah rawan konflik dan bencana baik alam maupun korban peperangan.

Pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus menggunakan strategi yang menyesuaikan dengan jenis, karakteristik, dan kebutuhan setiap anak. Sebelum menyusun program pembelajaran, guru harus memiliki data lengkap peserta didiknya. Data pribadi tersebut berkaitan dengan karakteristik yang spesifik, kelebihan dan kelemahan, kompetensi yang dimiliki, dan ting­kat perkembangannya. Karakteristik spesifik berkaitan dengan tingkat perkembangan fungsional yang meliputi tingkat perkembangan sensori motor, kognitif, kemampuan bahasa, keterampilan diri, konsep diri, kemampuan berinteraksi sosial, dan kreativitasnya.

Untuk mengetahui karak­ teristik anak yang spesifik tersebut, guru harus melakukan asesmen untuk mengetahui secara jelas kompetensi diri anak. Ases­men bertujuan agar program pembelajaran yang akan disusun sesuai dengan kebutuhan anak. Asesmen dalam hal ini ialah proses kegiatan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki anak sebagai dasar untuk mengembang kan potensi yang dimiliki.

ABK yang dimaksud pada model inspiratif penyusunan RPP bagi ABK ini adalah ABK yang disertai dengan hambatan pada tingkat kecerdasannya baik tunggal maupun majemuk. Terdapat 5 (lima) model RPP untuk ABK yang diser­tai hambatan intelektual dengan berbagai varian model.

Contoh Model RPP ABK SLB Format 1 Halaman yang terlampir bersama berkas ini diantaranya:
  1. RPP SDLB
  2. RPP SMPLB
  3. RPP SMALB

    Download Model RPP ABK SLB Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Model RPP ABK SLB Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    Download Model RPP ABK SLB Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Model RPP ABK SLB Format 1 Halaman Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel