Pedoman FLS (Festival Literasi Sekolah) SMA 2019

Posted by Pada 3/21/2019 08:55:00 PM dengan No comments



Rekomendasi berkas atau informasi lainnya:

Berikut ini adalah berkas Pedoman Kegiatan FLS (Festival Literasi Sekolah) SMA 2019. Download file format PDF.

Pedoman FLS (Festival Literasi Sekolah) SMA 2019
Pedoman FLS (Festival Literasi Sekolah) SMA 2019

Baca juga:
Buku Gerakan Literasi Sekolah (Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi)
Buku Literasi Baca Tulis (Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional)
Buku Literasi Digital (Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional)
Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah

Pedoman FLS (Festival Literasi Sekolah) SMA 2019

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Pedoman FLS (Festival Literasi Sekolah) SMA 2019:

Literasi tidak hanya didefinisikan sebagai kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. Pendidikan literasi baik literasi visual, digital maupun literasi non-digital, secara efektif berkontribusi memberikan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan harmonis dalam kepribadian remaja. Pendidikan secara luas yang dilaksanakan berbasis literasi secara efektif berkontribusi memberikan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan harmonis dalam kepribadian remaja. Pendidikan literasi sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman, terutama tantangan abad 21, tempat para generasi milenial dan post milenial tumbuh dan berkembang.

Menjawab hal ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Pembinaan SMA bekerja sama dengan PT Mizan Pustaka berupaya membudayakan literasi melalui penyaluran bakat minat dalam sebuat program kompetisi dan kolaborasi bagi siswa SMA yaitu Festival Literasi Sekolah (FLS). FLS mewadahi bakat dan minat peserta didik dalam menghasilkan karya cerita pendek, syair, dan komik serta karya seni digital (meme, quotes, kinetic typography) yang terbagi dalam 4 bidang lomba yaitu cipta cerpen, cipta syair +D, cipta komik +D, dan cipta meme.

Pedoman ini menggambarkan keseluruhan informasi mengenai FLS untuk digunakan sebagai referensi bagi para calon peserta FLS tingkat SMA dan pihak-pihak lain yang ingin memahami lebih dalam mengenai penyelenggaraan Program FLS tingkat SMA.

A. Latar Belakang
Festival Literasi Sekolah (FLS) diarahkan sebagai salah satu proses pembentukan karakter. FLS tidak hanya mengarahkan peserta didik untuk mahir berkesenian, tetapi dilatih pula untuk memiliki kepekaan afektif, estetis, guna memperkuat rasa percaya diri melalui kesenian sebagai media ekspresi. Media literasi merupakan wahana bagi anak muda untuk mencurahkan intuisi dan estetika, serta gagasan dan imajinasi estetis yang tetap menjunjung tinggi budi pekerti dan etika.

Seiring dengan hal tersebut, FLS akan mengembangkan kreativitas remaja. Siswa-siswa Sekolah Menengah Atas yang kreatif akan mampu melahirkan ide-ide cemerlang, mampu mencari solusi atas berbagai persoalan, dan pada akhirnya mampu mandiri. Sesuatu yang diungkapkan remaja melalui kreativitas seni tentunya akan dilihat teman sebaya dan orang dewasa dengan demikian terciptalah komunikasi melalui media kreasi seni literasi.

Pendidikan literasi baik literasi visual, digital maupun literasi non-digital, secara efektif berkontribusi memberikan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan harmonis dalam kepribadian remaja. Pendidikan secara luas yang dilaksanakan berbasis literasi secara efektif berkontribusi memberikan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan harmonis dalam kepribadian remaja. Hal ini sejalan dengan semangat keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki setiap siswa agar memiliki kompetensi yang cukup dalam menghadapi persaingan di masa depan. Keterampilan abad ke-21 tersebut dapat diraih melalui pendidikan bermutu yang memerlukan pengembangan kecerdasan secara komprehensif dan bermakna. Aspek-aspeknya antara lain adalah untuk meningkatkan sensitifitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya ekspresi seni dan budaya (olah rasa/cerdas emosional dan sosial). Bekal keterampilan tersebut dapat diraih melalui pendidikan bermutu melalui aspek-aspek yang dapat meningkatkan sensitifitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya ekspresi seni dan budaya (olah rasa/cerdas emosional dan sosial).

Penjelasan atas Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 37, ayat (1), menyebutkan bahwa tujuan kajian seni dan budaya adalah membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya.

Atas dasar hal tersebutlah maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan PT Mizan Pustaka mewadahi bakat dan minat peserta didik dalam menghasilkan karya cerita pendek, syair, dan komik serta karya seni digital (meme, quotes, kinetic typography), narasi digital (vlog, komik web, instastory, dll.), dokumenter digital, dan algoritma & pemrograman.

Kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian acara Festival Literasi Sekolah. Festival Literasi Sekolah memiliki tujuan yang sama dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

B. Dasar Hukum
Pelaksanaan Festival Literasi Sekolah didasarkan pada:
  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Permendiknas RI) Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
  3. PermendiknasRI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  4. Permendiknas RI Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
  5. Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2015-2019.
  6. DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Program Penyediaan dan Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Tahun 2019.

C. Tujuan
Tujuan Umum
  1. Mengembangkan kemampuan literasi siswa di kalangan sekolah menengah atas, dalam berbagai media informasi khususnya media digital.
  2. Memberikan wahana ekspresi bagi para siswa di kalangan sekolah menengah untuk unjuk prestasi dalam mencipta karya, khususnya dalam bidang cipta cerpen, cipta syair, cipta komik, dan meme.
  3. Menginspirasi generasi muda untuk menghargai arti perbedaan, saling hormat-menghormati, berbagi, dan memiliki mental yang kuat dalam berkomunikasi melalui berbagai media sastra digital maupun nondigital.
  4. Memberikan pengalaman berkompetisi dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya.
Tujuan Khusus
  1. Melatih siswa SMA/MA untuk membuat karya cerpen, syair, komik, dan meme yang baik dan membangun.
  2. Mendorong para siswa untuk berkegiatan literasi melalui berbagai media sastra digital maupun nondigital.
  3. Melakukan pembimbingan bagi siswa dalam mengembangkan kreativitas dalam berkarya.

D. Hasil yang Diharapkan
  1. Siswa SMA/MA memiliki semangat dan jiwa kreativitas.
  2. Siswa SMA/MA memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat mengakselerasi karya literasi.
  3. Ide dan gagasan calon cerpenis, penyair, komikus muda, meme creator dapat terakomodir.
  4. Siswa SMA/MA mendapatkan model praktik proses kreasi penulisan cerpen, syair, komik, dan meme.
  5. Terbentuknya jejaring yang dapat mendukung kegiatan literasi, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya.
  6. Terwujudnya aktivasi empati, membangun rasa afektif dan tanggung jawab, serta kemandirian sosial.
  7. Terbentuknya ikatan emosional yang baik antar-kreator muda.
  8. Terwujudnya keberlanjutan kegiatan berliterasi siswa.

Pedoman FLS (Festival Literasi Sekolah) SMA 2019 ini berisi antara lain:

BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Dasar Hukum
C.Tujuan
D.Hasil yang Diharapkan

BAB II MEKANISME PENYELENGGARAAN FESTIVAL LITERASI SEKOLAH/ AKADEMI REMAJA KREATIF INDONESIA
A.Sasaran
B.Persyaratan/Kriteria Peserta
C.Kriteria Juri
D.Tema
E.Kategori Lomba
F.Kriteria Naskah Tahap Seleksi
G.Kriteria Karya Tahap Final
H.Mekanisme Pelaksanaan Final Lomba
I.Mekanisme Pendaftaran

BAB III PENILAIAN
A.Kriteria Penilaian
B.Komposisi Nilai Akhir
C.Lain-lain
D.Jadwal Kegiatan

BAB IV PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA

    Download Pedoman FLS (Festival Literasi Sekolah) SMA 2019

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pedoman FLS (Festival Literasi Sekolah) SMA 2019 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



    Download File:

    Pedoman FLS SMA 2019.pdf

    Sumber: http://psma.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Pedoman Kegiatan FLS (Festival Literasi Sekolah) SMA 2019. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *