Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 2019

Posted by Pada 3/21/2019 09:28:00 PM dengan No comments



Rekomendasi berkas atau informasi lainnya:

Berikut ini adalah berkas Pedoman Kegiatan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 2019. Download file format PDF.

Pedoman Kegiatan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 2019
Pedoman Kegiatan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 2019

Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 2019

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 2019:

Globalisasi sebagai suatu proses sosial dan proses alamiah akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain dan mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan koeksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Fenomena ini bukan hanya membawa dampak tetapi juga menjadi memberikan tantangan bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kompetensi.

Kompetensi yang dibutuhkan sebagai kompetensi generasi muda masa depan adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif, kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda, kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal, memiliki minat luas mengenai hidup, memiliki kesiapan untuk bekerja, memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/ minatnya.

Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut adalah dengan mewadahi peserta didik, dalam hal ini peserta didik SMA, dengan kegiatan positif yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui bakat/minat, antara lain adalah dengan melaksanakan Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-18 Agustus 2019 di Kota Banjarmasin ini bertujuan untuk melatih peserta didik SMA agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu berkomunikasi secara efektif serta menyampaikan argumentasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang baik.

Buku Panduan ini disusun dengan maksud memberikan gambaran operasional pelaksanaan kegiatan, sehingga dapat digunakan sebagai acuan bagi pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2019.

A. Latar Belakang
Sebagai negara demokrasi terbesar ke-3 di dunia. Namun, dampak baik dari demokrasi tersebut tidak selalu tampak dalam kebijakan yang dijalani Pemerintah ataupun dalam kondisi yang terdapat di masyarakat. Untuk itu, diperlukan suatu masyarakat sipil yang aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi, dalam hal menyuarakan pendapat, memberikan kritik membangun terhadap kebijakan yang tengah dijalankan, dan mengajukan solusi atas masalah-masalah sosial.

Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) merupakan lomba debat tingkat sekolah menengah atas yang mempunyai bakat dan minat dalam debat untuk memilih peserta yang terbaik. Peserta didik- peserta didik tersebut akan difasilitasi untuk mengembangkan kemampuan argumentasi, pemecahan masalah, dan penyampaian pendapat secara sistematis dan menarik. Seluruh kegiatan ini diharapkan dapat membangun kapasitas generasi muda Indonesia dalam berpartisipasi secara aktif dalam demokrasi dan pergaulan global.

B. Tujuan
1. Umum
a. Memperluas wawasan para peserta didik Sekolah Menengah Atas agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu bersaing secara kompetitif, berkomunikasi secara efektif, dan menyampaikan argumentasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang efektif.
b. Melatih peserta didik untuk menyampaikan pendapat dengan sistematis, dapat berpikir kritis kreatif analitis dan konstruktif serta bersikap sportif.
c. Membekali peserta didik sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik melalui debat peserta didik.

2. Khusus
a. Membangun antusiasme dan keinginan yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan.
b. Membangun kemampuan berpikir kritis, analitis terhadap isu-isu aktual yang sedang berkembang baik nasional maupun internasional.
c. Membangun kesadaran dan kepedulian peserta didik akan pentingnya toleransi menghormati, kerjasama, dan perbedaan opini sebagai sikap yang harus tumbuh dalam demokrasi yang sehat.

C. Hasil Yang Diharapkan
a. Terbangunnya antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan.
b. Terbangunnya kemampuan berpikir kritis peserta didik mengenai isu-isu aktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri.
c. Terbangunnya kesadaran peserta didik akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan opini.

D. Pengertian
  1. Pendebat adalah tiga orang peserta yang mengikuti perlombaan.
  2. Ketua Panitia adalah orang yang mengatur jalannya perlombaan.
  3. Ketua Juri adalah seorang juri yang mengatur mekanisme penjurian.
  4. Wakil Ketua Juri adalah satu atau beberapa juri yang ikut membantu tugas ketua Juri dalam penjurian.
  5. Juri Undangan adalah Juri yang diundang oleh lembaga penyelenggara LDBI.
  6. Juri N1 adalah perwakilan juri guru yang berasal dari tim peserta LDBI.
  7. Tabulator adalah orang yang bertanggungjawab terhadap tabulasi penilaian dalam perlombaan.

Selanjutnya mengenai Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 2019 diinformasikan pada bab-bab isi buku ini, antara lain:

BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Hasil Yang Diharapkan
D. Pengertian

BAB II : MEKANISME SELEKSI DAN PENILAIAN
A. Kriteria Peserta
B. Kategorisasi Tim Provinsi
C. Tahapan Seleksi
D. Sistem Lomba
E. Kriteria Penilaian
F. Penilaian Tim
G. Dewan Juri
H. Akreditasi Juri

BAB II : ACUAN SUSUNAN ACARA DAN JADWAL KEGIATAN
A. Rangkaian Acara
B. Jadwal Kegiatan
C. Susunan Acara

BAB IV : PENGHARGAAN

BAB V : PENUTUP
LAMPIRAN

    Download Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 2019

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 2019 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



    Download File:

    Pedoman LDBI SMA 2019.pdf

    Sumber: https://psma.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 2019. Semoga bisa bermanfaat.

    Bagikan/Share informasi berkas ini melalui Facebook


    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *